• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Evening Primrose Oil untuk Kesehatan Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Evening Primrose Oil untuk Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Evening Primrose Oil untuk Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 28 Oktober 2022

“Evening Primrose Oil adalah salah satu suplemen yang dipercaya dapat memberikan manfaat menyehatkan pada tubuh. Salah satunya adalah membuat kulit menjadi lebih sehat.”

5 Manfaat Evening Primrose Oil untuk Kesehatan Tubuh5 Manfaat Evening Primrose Oil untuk Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Evening primrose oil adalah merupakan suplemen yang berasal dari tumbuhan yang berasal dari Amerika Utara dengan nama yang sama. Tanaman ini dipercaya dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Tumbuhan ini punya benefit karena adanya kandungan gamma linolenic acid (GLA), yang merupakan asam lemak omega-6 dan biasanya terkandung dalam minyak nabati. Sebelum memutuskan untuk menggunakannya, perlu ketahui berbagai manfaat yang bisa didapatkan.

Berbagai Manfaat Evening Primrose Oil yang Perlu Diketahui

1. Kesehatan Kulit

Manfaat dari suplemen ini yang bisa didapatkan adalah kulit yang lebih sehat. Ada penelitian yang membuktikan jika mengonsumsi minyak dari tumbuhan ini, dapat meningkatkan kelembapan, kekencangan, hingga elastisitas pada kulit.

Kandungan pada tanaman ini juga dapat membantu dalam mengobati kondisi kulit tertentu. Sebab, sifat melembapkan dan antiinflamasinya dapat membantu dalam melawan jerawat atau eksim, meski harus dilakukan penelitian yang lebih dalam.

2. Meringankan Gangguan Sebelum Menstruasi

Dipercaya jika kepekaan tubuh terhadap perubahan kadar hormon dapat menyebabkan gejala sindrom menstruasi (PMS) pada wanita. Nah, kandungan asam lemak esensial, seperti gamma linolenic acid (GLA) pada evening primrose, dipercaya dapat mengurangi rasa ketidaknyamanan tersebut.

3. Membantu untuk Mengurangi Hot Flash

Evening primrose oil juga terbukti dapat mengurangi tingkat keparahan dari hot flash, salah satu efek samping yang timbul saat seseorang sudah memasuki masa menopause. Konsumsi suplemen ini secara rutin dapat menurunkan intensitas dari hot flash, disertai gangguan yang lebih ringan dan lebih cepat usai.

4. Mengurangi Nyeri Arthritis

Kandungan gamma-linolenic acid (GLA) pada tanaman ini dapat mengurangi gejala rheumatoid arthritis. Gangguan ini terjadi saat sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan tubuh sendiri. Gejala yang dapat timbul adalah pembengkakan yang menyakitkan pada tubuh dan kekakuan sendi.

Dengan efek antiinflamasi yang terkandung, konsumsi suplemen ini dapat mengurangi tingkat keparahan dari nyeri dan meningkatkan mobilitas. Cara ini juga dapat membantu dalam meringankan gejala dari arthritis, seperti kekakuan sendi di pagi hari.

5. Membantu untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung

Mengutip dari International Journal of Physiology, Pathophysiology and Pharmacology, evening primrose oil memiliki sifat antiinflamasi dan mampu mengurangi kolesterol dalam darah. Diketahui jika peradangan pada tubuh berhubungan dengan penyakit jantung, sehingga risikonya bisa diturunkan.

Meski begitu, kamu juga perlu berhati-hati dalam mengonsumsi suplemen ini, sebab dapat menimbulkan beberapa efek samping. Contoh dari efek sampingnya, seperti sakit perut, masalah pencernaan, hingga sakit kepala. Jika gejalanya tidak menghilang, berhentilah meminumnya dan segera berdiskusi dengan dokter.

Sekarang kamu tahu berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari konsumsi evening primrose oil bagi kesehatan. Untuk mendapatkan manfaat yang diinginkan, ada baiknya untuk mengonsumsinya secara rutin. Meski begitu, berhati-hatilah terhadap efek samping yang mungkin terjadi.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan lainnya seputar manfaat dari evening primrose oil, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk berbincang langsung dengan ahlinya. Dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Makanya, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2022. Health Benefits of Evening Primrose Oil.
Healthline. Diakses pada 2022. 10 Benefits of Evening Primrose Oil and How to Use It.
International Journal of Physiology, Pathophysiology and Pharmacology. Diakses pada 2022. Evening primrose oil ameliorates platelet aggregation and improves cardiac recovery in myocardial-infarct hypercholesterolemic rats.