• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Ikan Mas untuk Kesehatan dan Cara Tepat Mengolahnya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Ikan Mas untuk Kesehatan dan Cara Tepat Mengolahnya

5 Manfaat Ikan Mas untuk Kesehatan dan Cara Tepat Mengolahnya

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 29 November 2022

“Ikan mas mengandung vitamin B1 dan vitamin B3, zat besi, dan beta karoten. Jenis ikan air tawar ini tidak hanya aman dikonsumsi karena mengandung lebih sedikit merkuri, tetapi juga memberi tubuh nutrisi yang sangat penting untuk tubuh.”

5 Manfaat Ikan Mas untuk Kesehatan dan Cara Tepat Mengolahnya5 Manfaat Ikan Mas untuk Kesehatan dan Cara Tepat Mengolahnya

Halodoc, Jakarta – Ikan mas merupakan jenis ikan air tawar yang banyak masyarakat Indonesia konsumsi. Selain harganya terjangkau dan mudah mendapatkannya, kamu bisa mendapatkan nutrisi penting dengan mengonsumsi ikan ini. Manfaat ikan mas untuk kesehatan ternyata berasal dari berbagai kandungan nutrisi di dalamnya.

Ikan mas mengandung vitamin B1 dan vitamin B3, zat besi, dan beta karoten. Jenis ikan air tawar ini tidak hanya aman sebagai makanan karena mengandung lebih sedikit merkuri, tetapi juga memberi tubuh nutrisi yang sangat penting untuk tubuh. Namun, kamu harus mengolahnya dengan benar untuk mendapatkan manfaat ikan tongkol secara optimal.

Berbagai Manfaat Ikan Mas untuk Kesehatan

Ikan mas mengandung berbagai nutrisi. Ikan ini mampu menurunkan peradangan, meningkatkan fungsi jantung, meningkatkan fungsi pencernaan, dan memperlambat proses penuaan. Ikan ini memiliki kandungan protein yang tinggi dan jumlah lemak jenuh yang rendah.

Berikut beberapa manfaat ikan mas:

1. Menyehatkan Jantung

Ikan mas mengandung asam lemak omega-3 dalam jumlah tinggi yang dapat melindungi kesehatan jantung. Ini meningkatkan keseimbangan omega-6 dan omega-3 untuk mencegah penumpukan plak dan mengurangi kemungkinan aterosklerosis.

Ikan ini juga dapat menurunkan tekanan darah dengan mencegah ketegangan pada sistem kardiovaskular yang membantu mengurangi kemungkinan stroke atau serangan jantung.

2. Memiliki Sifat Anti-inflamasi

Ikan mas memiliki asam lemak omega-3 yang bagus untuk jantung dan juga menurunkan peradangan. Kehadiran kolesterol baik yang tinggi membantu menurunkan kemungkinan rheumatoid arthritis. Asupan omega-3 juga dapat membantu dalam pencegahan osteoarthritis.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kekurangan seng seperti kalsium atau zat besi dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, nutrisi-nutrisi dni membantu untuk merangsang sistem kekebalan tubuh. Dalam satu porsi ikan mas menyediakan sekitar 10% seng seperti kalsium dan zat besi.

4. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan dan radang usus dapat mengakibatkan kondisi kesehatan seperti penyakit Crohn dan kolitis ulserativa. Penambahan ikan mas ke dalam makanan membantu mengurangi sembelit, kembung, sakit perut, dan wasir. Kehadiran asam lemak omega-3 membantu menurunkan kemungkinan sindrom radang usus.

5. Menangkal Radikal Bebas

Ikan mas mengandung mineral dan vitamin A yang dapat sebagai antioksidan untuk membasmi radikal bebas dan dampak negatifnya. Radikal bebas dapat memutasi sel-sel sehat yang dapat menyebabkan penyakit kronis dan kanker. Kandungan mineral dan vitamin A pada ikan mas dapat mencegah risiko kanker.

Cara Tepat Mengolah Ikan Mas

Kamu dapat mengonsumsi ikan mas dengan berbagai cara untuk mendapatkan manfaatnya, salah satunya dengan mengukusnya. Cara pengolahan ini dapat mengurangi jumlah kandungan minyak daripada digoreng.

Gunakan minyak zaitun atau minyak canola bila ingin menggoreng ikan bagi mereka yang menyukai ikan mas goreng. Dibandingkan dengan minyak goreng dari kelapa sawit, kedua jenis minyak ini seringkali lebih sehat. 

Ikan mas memiliki berbagai manfaat kesehatan, namun kamu harus memakannya secukupnya karena apapun yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Sebaiknya, kamu juga mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan bergizi lainnya, seperti buah dan sayur, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Itulah pembahasan seputar manfaat ikan mas dan cara mengolahnya. Apabila kamu mengalami masalah kesehatan, jangan ragu untuk berkonsultasi langsung pada dokter. Pakai aplikasi Halodoc untuk cek kesehatan rutin yang lebih mudah dengan memanfaatkan layanan janji medis. Yuk, download Halodoc secara gratis di App Store atau Google Play.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi
Health Benefits Times. Diakses pada 2022. Carp Fish Benefits and Nutrition Facts.
Vinmec. Diakses pada 2022. What Are the Benefits of Eating Carp?