5 Manfaat Jambu Air untuk Ibu Hamil Muda

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   17 Oktober 2022

“Selama masa kehamilan, jambu air bisa menjadi pilihan buah yang baik untuk dikonsumsi. Berkat kandungan berbagai vitamin dan mineral, serta senyawa organik, ada manfaat jambu air untuk ibu hamil, mulai dari menjaga imunitas tubuh hingga mencegah kram otot.”

5 Manfaat Jambu Air untuk Ibu Hamil Muda5 Manfaat Jambu Air untuk Ibu Hamil Muda

Halodoc, Jakarta – Pada masa awal kehamilan, sangat penting bagi ibu untuk memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi, karena kondisi janin masih sangat rentan. Nah, ketika ingin mengonsumsi buah, mungkin timbul pertanyaan bolehkah ibu hamil makan jambu air?

Bukan hanya aman, nyatanya jambu air merupakan salah satu buah yang bisa memberi banyak manfaat kesehatan untuk ibu hamil. Buah kecil berwarna merah ini bisa memberi ibu asupan zat besi dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan ibu selama masa kehamilan. Yuk, simak manfaat jambu air untuk ibu hamil muda di sini.

Manfaat Jambu Air untuk Kehamilan

Jambu air merupakan salah satu buah yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Buah yang bentuknya mirip seperti lonceng ini mengandung banyak nutrisi baik. Contohnya seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi, zinc, potasium, asam sitrat, niacin, riboflavin, tembaga, dan thiamin. Jambu air juga mengandung senyawa organik tumbuhan seperti jambosine, betulinic acid, dan friedel lactone.

Selain itu, buah bernama latin Syzygium aqueum juga manis dan lembut, sehingga bisa langsung disantap. Kandungan airnya yang tinggi juga bisa menghindarkan ibu hamil dari dehidrasi.

Berikut manfaat jambu air untuk ibu yang sedang hamil muda:

1. Menjaga imunitas tubuh tetap kuat

Manfaat jambu air yang satu ini tidak terlepas dari kandungan vitamin C-nya yang cukup tinggi. Vitamin penting tersebut bisa meningkatkan fungsi dan produksi sel darah putih. Sebagai senyawa antioksidan, vitamin C juga bisa mengatasi stres oksidatif, sehingga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara efektif. Selain itu, kandungan beta karoten jambu air juga bisa memelihara jaringan tubuh ibu hamil.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Gangguan pencernaan, seperti sembelit, asam lambung, dan diare umum terjadi selama kehamilan. Nah, agar terhindar dari masalah kesehatan tersebut, ibu hamil bisa mengonsumsi jambu air secara rutin. Kandungan seratnya yang tinggi bisa mencegah sembelit dan kembung, serta melancarkan pencernaan.

3. Mengendalikan gula darah

Konsumsi gula sehari-hari perlu diperhatikan selama kehamilan untuk mencegah timbulnya diabetes. Nah, ibu hamil juga bisa mengonsumsi makanan sehat, seperti jambu air, untuk mencegah penyakit gula tersebut. Berkat senyawa organik jambosine, manfaat jambu air tidak hanya bisa menurunkan kadar gula darah, tapi juga menjaganya tetap normal. Dengan begitu, ibu bisa terhindar dari risiko diabetes gestasional.

4. Sumber zat besi

Buah jambu air juga bisa menjadi pilihan makanan penutup bernutrisi untuk memenuhi kebutuhan zat besi selama hamil. Nutrisi ini penting untuk pembentukan sel darah merah, sehingga manfaat jambu air bisa membantu ibu hamil mencegah anemia. Anemia merupakan kondisi yang perlu diwaspadai selama kehamilan, karena bisa menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah atau lahir terlalu dini.

Selain itu, zat besi juga membantu menyalurkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh bayi. Kandungan vitamin C dalam jambu air juga bisa membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.

5. Mencegah dan mengatasi kram otot

Kandungan magnesium dan kalium dalam jambu biji bisa menjaga kekuatan dan membantu otot dan saraf tetap rileks selama kehamilan. Itulah mengapa mengonsumsi jambu air bisa membantu ibu hamil mencegah, bahkan mengatasi kram otot.

Itulah manfaat jambu air untuk ibu yang sedang hamil muda. Bila ibu ingin bertanya sesuatu atau mengalami keluhan selama kehamilan, hubungi saja dokter melalui aplikasi Halodoc

Melalui Video/Voice Call dan Chat, ibu bisa tanya dokter  dan minta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Parenting Firstcry. Diakses pada 2022. Eating Guavas During Pregnancy – Is It Safe?
Healthline. Diakses pada 2022. Should You Eat Guava During Pregnancy?.
Morula IVF Indonesia. Diakses pada 2022. Ketahuilah 6 Manfaat Jambu Air Merah Untuk Ibu Hamil

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan