• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Kalsium untuk Tumbuh Kembang Anak

5 Manfaat Kalsium untuk Tumbuh Kembang Anak

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Kalsium menjadi nutrisi yang penting untuk kesehatan gigi dan tulang. Bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, mineral ini sangat dibutuhkan agar anak tulang dan giginya selalu sehat dan kuat.

Inilah mengapa, ayah dan ibu perlu memenuhi kebutuhan kalsium anak, tentunya dengan memberikan asupan makanan yang tepat. Sebenarnya, apa saja sih manfaat kalsium untuk tumbuh kembang anak? Berikut beberapa di antaranya:

  1. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Dikutip dari Healthy Kids Association, tulang disebut sebagai 'bank kalsium'. Jika tidak ada cadangannya, tubuh menarik kalsium dari tulang untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Apabila dilakukan secara terus-menerus, tulang bisa lebih mudah rapuh dan patah, sehingga risiko osteoporosis pun meningkat. 

Baca juga: Tak Hanya Uang, Tabungan Tulang Juga Penting

  1. Mengoptimalkan Tinggi Badan Anak

Selain itu, pertumbuhan tinggi badan secara signifikan terjadi pada usia anak-anak. Tinggi badan seorang anak bisa bertambah sekitar 5-6 sentimeter per tahun sejak ia berusia dua tahun sampai masa pubertas. Dengan mengonsumsi kalsium yang cukup, anak akan mengalami pertumbuhan tinggi badan yang maksimal. Ingatkan juga anak untuk berolahraga secara rutin dan istirahat yang cukup untuk membantu pertumbuhan tinggi badannya.

Baca juga: Ingin Tumbuh Tinggi? Ikuti 5 Olahraga untuk Meninggikan Badan Ini

  1. Meningkatkan Kecerdasan Anak

Tidak hanya berguna untuk pertumbuhan tulang, kalsium juga membantu perkembangan sistem saraf dan fungsi otot tubuh anak. Kalsium terlibat langsung dalam proses kontraksi otot dan penghantaran sinyal-sinyal pada sistem saraf di otak. Hal ini berpengaruh pada kecerdasan anak karena sistem saraf yang sehat akan membuat anak cepat menerima informasi.

  1. Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Kalsium juga membantu mengaktifkan enzim-enzim penting dalam tubuh untuk menghasilkan energi dan memperkuat sistem imun tubuh, sehingga anak terhindar dari berbagai penyakit. Anak-anak yang kekurangan kalsium biasanya akan terlihat lemah, lesu, sering berkeringat, mengalami nyeri perut, kram otot, dan susah tidur.

  1. Menjaga Sistem Kardiovaskular

Dilansir dari Medical News Today, kalsium berperan penting dalam proses pembekuan darah. Peran kalsium dalam fungsi otot termasuk mempertahankan otot jantung. Mineral ini juga dapat mengendurkan otot polos yang mengelilingi pembuluh darah. 

Kebutuhan Kalsium Anak Per Hari

Setiap orang memiliki kebutuhan kalsium yang berbeda tergantung umur, jenis kelamin dan aktivitas yang dilakukannya. Secara umum, berikut ini kebutuhan kalsium yang perlu dikonsumsi anak, dikutip dari KidsHealth:

  • Usia 0-6 bulan 200 miligram per hari;
  • Usia 7-11 bulan 260 miligram per hari;
  • Usia 1-3 tahun: 700 miligram per hari;
  • Usia 4-8 tahun: 1.000 miligram per hari;
  • Usia 9-18 tahun: 1.300 miligram per hari.

Sumber Kalsium untuk Anak

Produk olahan susu seperti susu murni, yogurt, dan keju merupakan sumber kalsium terbaik untuk anak-anak. Namun, ibu juga bisa memberikan anak berbagai makanan lain yang kaya akan kalsium seperti ikan teri, sarden, telur, edamame, selada, kacang almond, kacang kedelai dan olahannya (tahu dan tempe), serta sayuran berdaun hijau tua (brokoli, bayam, bokcoy).

Baca juga: Sudah Tahu Ini? 10 Makanan Sumber Kalsium Selain Susu

Selain makanan sehat, ibu juga bisa memenuhi kebutuhan kalsium sang buah hati dengan memberinya suplemen jika memang diperlukan. Cara agar lebih mudah, ibu bisa membeli obat dan vitamin sekarang bisa lewat aplikasi Halodoc, jadi tidak perlu lagi keluar rumah!

 

Referensi: 
Healthy Kids Association. Diakses pada 2020. Calcium.
KidsHealth. Diakses pada 2020. Calcium.
Medical News Today. Diakses pada 2020. Benefits and Sources of Calcium.