• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Membacakan Cerita dengan Lantang untuk Anak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Membacakan Cerita dengan Lantang untuk Anak

5 Manfaat Membacakan Cerita dengan Lantang untuk Anak

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 21 Desember 2022

“Membacakan cerita dengan lantang pada anak ternyata punya beberapa manfaat. Beberapa manfaat membacakan cerita dengan lantang ini adalah membantu anak mengembangkan kemampuan berbahasa dan pemecahan masalah.”

5 Manfaat Membacakan Cerita dengan Lantang untuk Anak5 Manfaat Membacakan Cerita dengan Lantang untuk Anak

Halodoc, Jakarta – Mungkin ayah dan ibu sudah sering mendengar kalau manfaat membacakan cerita untuk anak sangatlah banyak. Beberapa manfaatnya antara lain mendukung pertumbuhan kognitif anak, membangun emosi kuat antara orang tua dan anak, mengembangkan imajinasi anak, dan meningkatkan konsentrasinya.

Namun, membacakan cerita saja belum cukup, orang tua perlu membacakan cerita dengan lantang. Menurut penelitian yang dipublikasikan di Archives of Disease in Childhood berjudul Reading aloud to children: the evidence, membacakan cerita dengan lantang dapat membantu anak mempelajari keterampilan membaca lebih baik dan mendorong sikap positif terhadap kemampuan berbahasa.

Manfaat Membacakan Cerita dengan Lantang

Membacakan cerita dengan lantang  memberikan segudang manfaat untuk perkembangan kognitif dan emosional anak. Tidak hanya dapat meningkatkan kecintaan membaca, tetapi juga dapat mengembangkan pemahaman anak-anak tentang dunia, keterampilan sosial dan kemampuan mempelajari strategi pemecahan masalah.

Berikut ini adalah manfaat membacakan cerita dengan lantang ke anak yang perlu diketahui orang tua:

1. Mendorong Kemampuan Berbahasa yang Lebih Baik

Salah satu manfaat utama membaca dengan suara keras untuk anak adalah meningkatkan perkembangan berbahasanya. Bahkan jika anak masih bayi dan belum mengenal alfabet, membacakan cerita dengan suara lantang dapat membantu anak mempelajari kata-kata baru. 

Mendengar kata dan kalimat yang digunakan dalam suatu konteks, dapat membantu anak mempelajari cara kerja bahasa. Membacakan buku adalah proses memaparkan anak-anak pada kata-kata asing yang tidak mereka dengar dalam percakapan sehari-hari, dan ini akan sangat membantu kemampuan berbahasa anak.

2. Membangun Keterampilan Berpikir dan Pemahaman

Menurut penelitian yang dipublikasikan di Indonesian Journal of English Education, membacakan cerita dengan suara keras untuk anak dapat membantu mereka membangun keterampilan berpikir dan pemahaman.

Semakin banyak orang tua membaca dengan anak, seiring bertambahnya usia maka semakin baik pula anak memahami kata-kata dan kalimatnya sendiri. Anak juga akan mengembangkan pemikiran kritis secara mandiri serta mendorong keingintahuan anak akan hal-hal baru.

3. Mengembangkan Kecintaan akan Membaca 

Buku membantu anak belajar tentang dunia di sekitar mereka, dan ini jadi cara yang baik untuk meluangkan waktu.  Bahkan jika anak belum memahami ceritanya atau belum bisa membaca, membaca dengan lantang akan membantu mengembangkan minat membaca sejak usia muda. 

Orang tua bisa menyesuaikan buku cerita yang dibaca dengan usia anak. Misalnya, ketika anak masih bayi, buku yang dibaca adalah gambar-gambar ilustrasi berwarna cerah. Ketika anak memasuki usia sekolah, bisa membacakan anak cerita-cerita pendek dengan huruf yang besar.

4. Anak Belajar Menjadi Pendengar yang Baik 

Mendengarkan adalah keterampilan yang membutuhkan latihan dan perhatian, jadi membaca dengan suara keras dapat membantu anak mengembangkan kebiasaan mendengarkan yang baik sejak usia dini.

Mendengarkan secara aktif adalah keterampilan yang mendorong anak-anak untuk berpikir lebih hati-hati tentang apa yang mereka dengar. Anak-anak yang aktif mendengarkan, akan mendapatkan manfaat seperti peningkatan pengembangan konseptual.

5. Mempelajari Nilai-Nilai Hidup

Membaca cerita dengan suara lantang keras bersama anak dapat membantu mengajari mereka akan pelajaran dan nilai hidup yang penting. Buku dapat memaparkan anak-anak pada berbagai budaya dan gagasan yang mungkin tidak mereka pelajari di sekolah atau cara lain.

Misalnya, membacakan cerita tentang penerimaan dapat membantu anak memahami pentingnya menghormati orang yang berbeda darinya. Membaca cerita tentang rasa syukur dapat membantu anak memahami pentingnya bersyukur karena memiliki tempat tinggal dan makanan di atas meja.

Buku juga dapat mengajarkan anak untuk menangani emosi yang berbeda, seperti kemarahan, kesedihan, atau ketakutan. Buku bahkan dapat memengaruhi moralitas anak. 

Itulah informasi mengenai manfaat membacakan cerita dengan lantang ke anak. Kalau anak sakit, orang tua bisa buat janji pemeriksaan ke rumah sakit dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Archives of Disease in Childhood. Diakses pada 2022. Reading aloud to children: the evidence.
ABC Reading Eggs. Diakses pada 2022. 7 Benefits of Reading Aloud (Plus Online Read Aloud Books for Kids).
Wealth of Geeks. Diakses pada 2022. 9 Surprising Benefits of Reading Aloud to Your Child.