• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 10 Manfaat Olahraga Teratur untuk Kesehatan Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 10 Manfaat Olahraga Teratur untuk Kesehatan Tubuh

10 Manfaat Olahraga Teratur untuk Kesehatan Tubuh

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 23 November 2021

“Ada banyak manfaat olahraga teratur yang bisa kamu dapatkan. Seperti membantu mengontrol berat badan, menurunkan risiko penyakit, meningkat mood positif, dan menjaga kesehatan tulang serta otot.”

10 Manfaat Olahraga Teratur untuk Kesehatan Tubuh10 Manfaat Olahraga Teratur untuk Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Kamu pasti sering mendengar bahwa olahraga teratur dapat memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh. Mengapa demikian? Pasalnya, aktivitas fisik yang teratur dapat meningkatkan kekuatan otot dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Olahraga memberikan asupan oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh dan membantu sistem kardiovaskular bekerja lebih efisien. Ketika jantung dan paru-paru sehat, kamu pun akan memiliki lebih banyak energi untuk melakukan pekerjaan sehari-hari. 

Yuk simak selengkapnya mengenai manfaat olahraga teratur untuk kesehatan!

Manfaat Olahraga Teratur untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh U.S. National Library of Medicine, disebutkan bahwa jarang melakukan aktivitas fisik dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan depresi. 

Itulah sebabnya, mengapa kamu direkomendasikan untuk melakukan olahraga teratur untuk kesehatan tubuh. Yuk, simak lebih lanjut manfaat olahraga lainnya berikut ini!

1. Mengontrol Berat Badan

Olahraga teratur bisa membantu kamu mengontrol berat badan. Berat badan akan meningkat ketika kalori yang dikonsumsi lebih banyak ketimbang yang dibakar. 

Nah, oenting untuk menyeimbangkan kalori dengan cara melakukan olahraga teratur, seperti lari, berenang, yoga, atau sekadar membersihkan rumah.

2. Manfaat Olahraga Bikin Tidak Mudah Sakit

Rutin olahraga dapat menjaga imun tubuh sehingga tidak mudah sakit. Orang yang rutin olahraga lebih jarang terkena flu. Pasalnya, olahraga menyebabkan perubahan antibodi dan sel darah putih. Sel darah putih adalah sel sistem kekebalan tubuh yang melawan penyakit.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Tertentu

Penyakit jantung dan stroke adalah dua penyebab utama kematian di dunia. Melakukan olahraga setidaknya 150 menit seminggu dapat menurunkan risiko mengidap penyakit jantung dan stroke. Aktivitas fisik yang teratur juga dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kadar kolesterol sehat.

4. Olahraga Teratur Bisa Meningkatkan Aktivitas Otak

Latihan aerobik sebagai bagian dari olahraga dapat membuat jantung dan kelenjar keringat terpompa. Sistem kerja ini dapat meningkatkan ukuran hippocampus; area otak yang terlibat dalam memori verbal dan pembelajaran. Itulah sebabnya mengapa rutin olahraga dapat meningkatkan aktivitas dan kinerja otak.

5. Meningkatkan Massa Tulang dan Otot

Seiring bertambahnya usia, penting untuk melindungi tulang, persendian, dan otot yang berfungsi menopang dan membantu tubuh bergerak. Menjaga kesehatan tulang, sendi, dan otot tetap sehat dapat membuat kamu tetap aktif.

Olahraga aerobik dapat menguatkan otot dan tulang, sehingga memperlambat hilangnya kepadatan tulang yang terjadi seiring bertambahnya usia.

6. Manfaat Olahraga Bikin Tidur Lebih Berkualitas

Buat kamu yang sulit tidur dan jarang mendapatkan tidur yang berkualitas, kamu disarankan untuk melakukan olahraga secara rutin. Olahraga menyebabkan tubuh melepaskan endorfin sehingga tidur lebih pulas dan nyenyak.

7. Meningkatkan Kesehatan Mental dan Suasana Hati

Selama berolahraga, tubuh melepaskan bahan kimia yang dapat meningkatkan mood dan membuat kamu merasa lebih rileks. Ini dapat membantu kamu mengatasi stres dan mengurangi risiko depresi.

8. Teratur Olahraga Bisa Membangun Komunitas Sehat

Olahraga dan aktivitas fisik bisa menjadi cara menyenangkan untuk membangun komunitas sehat. Aktivitas fisik dapat membantu kamu terhubung dengan keluarga atau teman yang punya minat sama terkait aktivitas fisik.

Mengikuti kelas dansa, trekking, bergabung dengan klub yoga, bisa menjadi cara menarik bertemu dengan teman-teman baru yang memberikan warna dan semangat dalam menjalani hidup.

9. Meningkatkan Kesehatan Seksual

Olahraga teratur dapat menurunkan risiko disfungsi ereksi pada pria dan menjaga kesehatan dan performa seksual. Orang yang rutin melakukan olahraga memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik sehingga berdampak juga pada performa seksual.

10. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Olahraga teratur dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri. Sebab, aktivitas fisik dapat menambah kekuatan, keterampilan, dan stamina. Sedikit banyak ini membangun rasa percaya diri, penerimaan diri, dan membuat kamu merasa lebih bangga atas pencapaianmu. 

Itulah informasi mengenai manfaat olahraga teratur untuk kesehatan tubuh. Kalau punya masalah kesehatan dan butuh diskusi dengan dokter, kontak saja Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
National Health Service. Diakses pada 2022. Benefits of exercise.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2022. Benefits of Physical Activity.
MedlinePlus. Diakses pada 2022. Benefits of Exercise.
Johns Hopkins Medicine. Diakses pada 2022. Exercising for Better Sleep.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Exercise: 7 benefits of regular physical activity.