• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Sayur Rebung bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Sayur Rebung bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

5 Manfaat Sayur Rebung bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 04 November 2022

“Rasa dan aroma dari sayur rebung mungkin kurang familiar bagi beberapa orang. Namun, manfaat sayur rebung begitu beragam, mulai dari menjaga kesehatan tekanan darah hingga meningkatkan imunitas.”

5 Manfaat Sayur Rebung bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui5 Manfaat Sayur Rebung bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Halodoc, Jakarta – Jika kamu suka makan lumpia, pasti sudah tidak asing dengan isiannya, yaitu rebung. Ini merupakan tanaman tunas bambu dari jenis Bambusa vulgaris atau Phyllostachys edulis yang masih muda. Banyak pula orang yang menyebut tanaman ini dengan rebung bambu kuning. 

Berbagai Manfaat Sayur Rebung untuk Kesehatan

Selain menjadi isian lumpia, rebung juga kerap diolah menjadi sayuran. Ternyata, manfaat sayur rebung ini sangat beragam untuk kesehatan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Menjaga kesehatan tekanan darah

Menjaga kesehatan tekanan darah

Kandungan potasium yang memiliki nama lain kalium pada rebung menjadi mineral penting yang membantu menurunkan tekanan darah. Mineral ini terdapat dalam jumlah yang cukup tinggi pada rebung.

2. Menjaga kesehatan jantung

Menjaga kesehatan jantung

Makanan sehat ini juga memiliki banyak nutrisi lain yang penting untuk menunjang kesehatan tubuh. Dua di antaranya adalah fitonutrien dan fitosterol yang diyakini membantu melarutkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Hal ini membantu menurunkan penumpukan kolesterol pada pembuluh darah, dan menurunkan risiko mengalami stroke dan serangan jantung.

3. Baik untuk diet

Baik untuk diet

Manfaat sayur rebung lainnya adalah baik untuk diet. Ini karena kandungan gula, sodium, dan lemak pada rebung yang terbilang rendah. Tak ketinggalan, rebung memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yang pastinya dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama.

4. Menyehatkan saluran pencernaan

Menyehatkan saluran pencernaan

Selain untuk diet, serat dalam rebung juga baik untuk mendukung kesehatan saluran pencernaan. Sebab, serat menjadi komponen yang diperlukan untuk melancarkan pencernaan. Alhasil, makanan satu ini bisa dikonsumsi ketika kamu sedang mengalami sembelit.

5. Meningkatkan imunitas

Meningkatkan imunitas

Rebung juga diduga mampu meningkatkan imunitas tubuh. Ini berkat kandungan mineral dan vitamin di dalamnya, termasuk antioksidan yang dapat memberikan perlindungan tubuh dari serangan radikal bebas yang berlebihan. 

Selain menjaga kesehatan dengan memperhatikan pola makan, pastikan kamu juga mengimbangi dengan pola hidup sehat. Jika merasakan adanya gejala yang tidak biasa, kamu bisa langsung bertanya pada dokter di Halodoc. Tersedia di App Store dan Play Store, kamu bisa download Halodoc secara gratis di ponselmu. 

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Organic Facts. Diakses pada 2022. Proven Bamboo Shoots Health Benefits & How To Use.
Healthline. Diakses pada 2022. Are Bamboo Shoots Good for You? All You Need to Know.
Netmeds. Diakses pada 2022. 5 Incredibly Healthy Reasons Why You Should Eat Bamboo Shoots.
Healthier Steps. Diakses pada 2022. 10 unexpected health benefits of bamboo shoots.