• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Obat Cacing dari Bahan Alami yang Aman Dikonsumsi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Obat Cacing dari Bahan Alami yang Aman Dikonsumsi

5 Obat Cacing dari Bahan Alami yang Aman Dikonsumsi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 02 Agustus 2021
5 Obat Cacing dari Bahan Alami yang Aman Dikonsumsi

Terdapat beberapa kelompok orang dengan kondisi kesehatan tertentu yang tidak bisa mengonsumsi obat cacing. Contohnya, mereka yang sensitif terhadap kandungan obat tersebut, atau wanita yang sedang dalam kehamilan. Sebagai alternatifnya mereka bisa menggunakan bahan alami seperti air kelapa, bawang putih, kunyit, dan nanas untuk mengobati cacingan.

Halodoc, Jakarta – Walaupun tidak terlalu bahaya dan darurat, cacingan bisa menjadi kondisi yang membuat pengidapnya menjadi nyaman. Orang dengan kondisi cacingan kerap akan merasakan sakit perut, diare, mual, atau muntah, perut kembung, kelelahan, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, serta sakit perut atau nyeri ketika perut ditekan. Namun, ada juga beberapa orang yang tidak mengalami gejala apapun. 

Sebagian besar kebiasaan kita sehari-hari dan tidak higienis bisa menyebabkan cacingan. Berjalan tanpa alas kaki di halaman, makan dengan tangan yang tidak bersih, minum air atau susu yang tidak diolah, memasak sayuran yang tidak dicuci, atau jilatan dari hewan peliharaan dapat menyebabkan infeksi cacing. Lantas, adakah bahan alami yang aman dikonsumsi untuk cacingan?

Kelapa sampai Bawang Putih

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh National Health Service, disebutkan kalau Mebendazole adalah obat yang umum dan aman untuk mengobati cacingan. Obat ini digunakan terutama untuk infeksi usus seperti cacing kremi, dan infeksi cacing lain yang kurang umum  seperti cacing cambuk, cacing gelang dan cacing tambang.

Baca juga: Beragam Obat untuk Mengatasi Cacing Tambang

Efek samping yang paling umum dari konsumsi obat ini adalah sakit perut. Mebendazole tidak cocok untuk beberapa orang karena menimbulkan reaksi alergi. Obat ini juga tidak aman untuk ibu hamil atau sedang menyusui. Berbicara mengenai obat cacing yang aman, sebenarnya ada bahan-bahan alami yang aman dikonsumsi seperti:

1. Air Kelapa

Air kelapa bekerja sangat baik membersihkan racun dari sistem pencernaan dan mengembalikannya ke sistem yang normal. Selain airnya, minyak kelapa juga mengandung asam kaprilat yang memiliki sifat antiparasit dan antibakteri. Kamu juga bisa menggunakan kelapa parut sebagai bahan alami yang aman dikonsumsi untuk obat cacing. Cara penggunaannya ambil 1 sendok makan kelapa parut saat sarapan, diikuti dengan minum segelas susu hangat. 

Baca juga: Anak Cacingan, Bagaimana Cara Mengatasinya?

2. Nanas

Nanas adalah buah tropis favorit dan hadir dengan sejumlah manfaat kesehatan. Nanas sangat baik untuk perut karena membantu pencernaan bekerja secara alami dan menyembuhkan sembelit. Nanas mengandung enzim pencernaan yang disebut bromelain yang dikenal dapat membantu dalam pemecahan protein dan memerangi cacingan.

3. Kunyit

Kunyit sejak lama dianggap sebagai rempah super dan telah digunakan selama beberapa generasi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mengatasi peradangan, antibakteri dan anti-jamur. 

Kunyit mengandung empat senyawa yang dapat membantu menyingkirkan cacing, dan juga mampu memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh parasit pada usus. Mengonsumsi kunyit dapat membuat usus menjadi lebih sehat. Kamu bisa menambahkan kunyit ke dalam olahan makanan atau membuat minuman untuk dikonsumsi saat sedang cacingan.

Baca juga: Cegah Cacingan, Kapan Waktu Tepat untuk Minum Obat Cacing?

4. Biji Labu

Biji labu mengandung senyawa yang disebut cucurbitacin yang memiliki sifat antiparasit yang melumpuhkan parasit, sehingga membantu membuang semua parasit dari tubuh. Campurkan satu sendok makan biji labu panggang dengan masing-masing setengah cangkir air dan santan. Minum campuran ini setiap pagi ketika perut kosong selama seminggu. Kombinasi ini bisa jadi detoks alami untuk mengatasi cacingan.

5. Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang membantu menyingkirkan cacing dari perut. Mengunyah bawang putih mentah atau minum teh yang dicampur beberapa siung bawang putih giling setiap hari dengan perut kosong, selama sekitar satu minggu dapat membantu menyembuhkan cacingan.

Itulah obat cacing dari bahan alami yang aman dikonsumsi. Kalau kamu masih butuh penjelasan mengenai cacingan dan butuh rekomendasi dari dokter, tanyakan langsung melalui Halodoc untuk lebih jelasnya lagi.

Referensi:
Food.NDTV.com. Diakses pada 2021. National Deworming Day: 5 Home Remedies to Deworm Yourself
National Health Service. Diakses pada 2021. Mebendazole
Times of India. Diakses pada 2021. 10 home remedies to get rid of intestinal worms
India Today.in. Diakses pada 2021. Do you need to deworm? These are the signs to look out for