5 Pilihan Makanan untuk Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   03 Januari 2023

“Membiasakan pola hidup dan pola makan sehat bisa memberikan dampak positif untuk sistem kekebalan tubuh. Kamu bisa memulai dengan mengonsumsi brokoli, kacang almond, ikan, dan jeruk.”

5 Pilihan Makanan untuk Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh5 Pilihan Makanan untuk Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Sistem kekebalan tubuh pada manusia punya peran penting memberikan perlindungan pada tubuh dari risiko berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri maupun virus. Kalau kekebalan tubuh sudah menurun,  kamu lebih rentan terserang berbagai masalah kesehatan.

Disiplin menerapkan pola hidup sehat menjadi salah satu kunci penting dalam menjaga kekebalan tubuh. Ini termasuk rutin berolahraga, mengurangi begadang, mencukupi asupan cairan harian tubuh, dan mengelola stres dengan baik. Namun, kamu tidak boleh lupa, asupan makanan juga memiliki peran yang sama pentingnya untuk imunitas tubuh yang lebih sehat. 

Pilihan Makanan untuk Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Membiasakan pola makan sehat juga bisa mendukung imunitas tubuh selalu terjaga. Tentunya, makanan yang kamu konsumsi harus memiliki kandungan nutrisi yang mampu mencukupi kebutuhan harian tubuh. Mulai dari asupan karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. 

Ada banyak pilihan makanan sehat yang bisa membantu menjaga kekebalan tubuh, berikut beberapa di antaranya:

1. Brokoli bantu tingkatkan sistem kekebalan tubuh

Rekomendasi pertama yaitu brokoli, sayuran hijau yang memiliki kandungan vitamin C, E, dan A yang tinggi. Jenis sayuran ini juga tinggi mineral dan antioksidan, yang pastinya sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Brokoli juga menjadi jenis sayuran yang mudah pengolahannya, bahkan bisa kamu konsumsi secara langsung setelah merebusnya. 

2. Kacang almond

Selain itu, ada pula kacang almond, salah satu jenis kacang-kacangan yang memang sangat kaya nutrisi. Kacang satu ini juga tinggi kandungan vitamin E yang turut berperan dalam daya tahan tubuh. Supaya bisa mendapatkan manfaat tersebut, setidaknya kamu perlu mengonsumsi 30 butir kacang almond atau 30 gram setiap harinya.

3. Bayam

Mengonsumsi bayam juga baik untuk menunjang imunitas tubuh. Sayuran ini juga mengandung antioksidan, vitamin C, dan beta karoten yang memaksimalkan kemampuan tubuh dalam memerangi penyakit. Selain dalam bentuk sayuran masak, kamu juga dapat mengolah bayam menjadi jus yang segar dan kaya manfaat.

4. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari memiliki nutrisi kompleks yang baik untuk kekebalan tubuh. Misalnya, magnesium, selenium, fosfat, vitamin E, dan vitamin B6. Sebuah studi menyebutkan, mengonsumsi biji bunga matahari secara teratur dapat menurunkan risiko tubuh dari infeksi virus dan peradangan.

5. Jeruk

Meski rasanya sedikit asam, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan rutin mengonsumsi jeruk. Salah satunya adalah menjaga sistem kekebalan tubuh karena kandungan antioksidan dan vitamin C pada buah satu ini. Kandungan tersebut berperan penting dalam meningkatkan jumlah sel darah putih pada tubuh sehingga lebih optimal dalam melawan infeksi dan peradangan. 

Selain kelima makanan tadi, ada jenis makanan lain yang memiliki fungsi yang sama, yaitu bawang putih, jahe, kunyit, teh hijau, dan paprika merah serta yogurt. Meski begitu, pastikan kamu memasak bayam dan brokoli hingga matang sebelum mengonsumsinya. 

Baca juga: Benarkah Sistem Kekebalan Tubuh Wanita Lebih Rendah Ketimbang Pria?

Tidak perlu lama, rebuslah sebentar saja sehingga kandungan nutrisi dari kedua sayuran ini tidak hilang. Jika kamu mengalami gejala yang tidak biasa pada tubuh, pastikan untuk segera melakukan pemeriksaan kesehatan. Manfaatkan Layanan Janji Medis di Halodoc untuk memudahkan kamu mendapatkan penanganan. Cek dan download Halodoc secara gratis melalui Play Store atau App Store, ya!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. 15 Foods That Boost the Immune System.
WebMD. Diakses pada 2023. 6 Immune System Busters & Boosters.Harvard Health Publishing. Diakses pada 2023. How to Boost Your Immune System.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan