• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Rekomendasi Makanan untuk Diet Sehat yang Patut Dicoba
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Rekomendasi Makanan untuk Diet Sehat yang Patut Dicoba

5 Rekomendasi Makanan untuk Diet Sehat yang Patut Dicoba

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 10 Oktober 2022

“Salah satu cara efektif diet sehat adalah mengubah pola makan. Caranya bisa dilakukan dengan mengonsumsi dada ayam, telur, daging sapi tanpa lemak, kentang dan kacang-kacangan.”

5 Rekomendasi Makanan untuk Diet Sehat yang Patut Dicoba5 Rekomendasi Makanan untuk Diet Sehat yang Patut Dicoba

Halodoc, Jakarta – Diet adalah perubahan pola makan menjadi lebih sehat guna meningkatkan kesehatan tubuh. Tak hanya itu, diet sehat juga efektif menurunkan berat badan berlebih.

Peserta diet wajib menjauhi makanan dan minuman dengan kandungan tinggi gula dan lemak jenuh. Selain itu, mereka juga disarankan untuk membatasi asupan makanan dalam porsi yang tepat.

Beberapa jenis makanan untuk diet sehat, di antaranya dada ayam, telur, daging sapi tanpa lemak, kentang dan kacang-kacangan. Jenis makanan ini mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Makanan untuk Diet Sehat

1. Dada Ayam

dada ayam

Bagian dada ayam memiliki kandungan lemak jenuh lebih rendah ketimbang bagian lainnya. Bagian ini juga mengandung zat besi dan tinggi protein. Guna meningkatkan keberhasilan diet, dada ayam bisa diolah dengan dipanggang atau direbus.

2. Telur

telur

Telur mengandung banyak nutrisi seperti protein, vitamin D dan kolin. Agar lebih sehat, peserta diet bisa mengonsumsi bagian putih telurnya saja. Bagian ini mengandung 406 gram protein yang bisa menjadi sumber energi tubuh.

3. Daging Sapi Tanpa Lemak

daging sapi tanpa lemak

Daging ini mengandung protein, zat besi, vitamin, mineral, zinc dan vitamin B12. Untuk mendapatkan manfaatnya, disarankan untuk memasak daging sapi dengan cara direbus, dikukus atau dipanggang.

4. Kentang

kentang

Makanan untuk diet sehat ini mengandung kalium yang berperan dalam menjaga tekanan darah tetap stabil. Di dalamnya juga vitamin B1, B9, B6 dan C. Untuk mendapatkan manfaatnya, olah kentang dengan cara direbus atau dikukus.

5. Kacang-kacangan

kacang kacangan

Makanan ini mengandung vitamin dan mineral, termasuk zat besi serta folat. Di dalamnya juga mengandung tinggi protein dan serat yang bisa membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Jenis kacang yang bisa dikonsumsi adalah kacang kedelai, kacang tanah atau kacang merah.

Jika mengalami keluhan seputar kesehatan saat menjalankan program diet, silakan buat janji medis untuk melakukan pemeriksaan. Dapatkan juga informasi menarik lainnya seputar diet sehat dengan download Halodoc sekarang.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 18 of the Best Foods for Your Healthy Weight Journey.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2022. Healthy Eating for a Healthy Weight.