5 Siasat Sederhana saat Jantung Berdebar Kencang

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   04 Januari 2023

“Jika kamu mengalami jantung berdebar kencang karena lingkungan atau aktivitas tertentu, kamu bisa melakukan beberapa siasat sederhana. Mulai dari menarik napas panjang dan mengembuskan perlahan, minum air hangat, sampai mendengarkan musik rileks.”

5 Siasat Sederhana saat Jantung Berdebar Kencang5 Siasat Sederhana saat Jantung Berdebar Kencang

Halodoc, Jakarta –   Jantung berdebar kencang bisa terjadi akibat banyak hal. Bisa jadi penyakit, ataupun karena kamu habis melakukan aktivitas tertentu. Contohnya seperti olahraga atau meeting dengan klien yang membuat kamu grogi, sehingga jantung berdebar kencang.

Ketika kamu mengalami kondisi demikian, ada beberapa siasat sederhana yang bisa kamu lakukan. Seperti menarik napas panjang kemudian mengembuskannya perlahan ataupun minum air hangat.

Cara Sederhana Menenangkan Jantung Berdebar Kencang

Faktor lingkungan, aktivitas, jenis makanan tertentu yang dimakan, dapat memicu jantung berdebar kencang.

Jika suatu saat kamu mengalami kondisi demikian, ada beberapa siasat sederhana yang bisa kamu lakukan:

1. Menarik napas panjang dan mengembuskan perlahan

Ini adalah siasat meditasi sederhana. Dengan mengatur pernapasan, dapat membantu mengembalikan denyut jantung menjadi lebih lambat, tidak sekencang semula. Coba tarik napas, sambil menutup mata, dan embuskan perlahan melalui mulut secara perlahan. Lakukan beberapa kali, sampai kamu merasa tenang.

2. Minum air hangat

Terkadang konsumsi makanan tertentu atau misalnya seperti minum kopi, dapat menyebabkan jantung berdebar kencang. Nah, bila ini yang terjadi, cobalah untuk minum air hangat beberapa gelas. Konsumsi air hangat dapat membantu meredakan debaran jantung, dan mengeluarkan kafein di dalam tubuh.

3. Olahraga

Terkadang, jantung berdebar kencang sebagai akibat dari grogi, konsumsi kafein, atau gelisah karena sedang menunggu jawaban panggilan kerja–misalnya.

Kondisi ini dapat kamu atasi dengan cara berolahraga.

Jika kondisi tersebut yang memicu kamu mengalami debaran jantung, cobalah untuk beraktivitas fisik, ini akan membantu menyalurkan adrenalin yang menumpuk.

4. Mendengarkan musik yang menenangkan

Terkadang, jantung berdebar kencang bisa terjadi akibat kondisi ataupun situasi pekerjaan, masalah relasi, atau kemacetan di jalan.

Untuk itu, kamu perlu melakukan aktivitas yang dapat membantu menenangkan, seperti mendengarkan musik. 

Kamu bisa memilih lagu favorit, atau mencari musik dengan frekuensi 432 Hz yang dapat merilekskan.

Kenapa 432 Hz? Karena ini adalah frekuensi yang sama dengan suara alam, sehingga dapat membuat kamu menjadi rileks dan tenang. 

5. Mencium aroma terapi

Dewasa ini ada banyak produk-produk herbal yang menjual aromatherapy untuk menenangkan. Ada aroma geranium, vanilla, lavender, chamomile, dan lain sebagainya. Dengan mencium aroma terapi semacam ini, dapat membantu menenangkan jantung yang berdebar kencang. Teteskan di pergelangan tangan, lalu gosokkan ke pergelangan tangan satunya lalu hirup. 

Jantung Berdebar Kencang Tanda Penyakit?

Jantung berdebar kencang tidak selalu merupakan tanda penyakit.

Namun, kamu perlu waspada, bila jantung berdebar kencang terjadi tanpa pemicu bersamaan dengan oleh rasa nyeri menusuk ataupun nyeri di lengan kiri.

Bila selain jantung berdebar kencang kamu juga merasakan nyeri di jantung kiri, bisa jadi ini adalah tanda penyakit jantung.

Berikut ini adalah tanda-tanda penyakit jantung yang perlu kamu ketahui dan waspadai: 

  • Nyeri dada, sesak dada, tekanan dada dan ketidaknyamanan dada (angina).
  • Sesak napas.
  • Nyeri di leher, rahang, tenggorokan, perut bagian atas atau punggung.
  • Nyeri, mati rasa, lemas atau dingin di kaki atau lengan jika pembuluh darah di area tubuh tersebut menyempit.

Kamu juga bisa cek risiko penyakit jantungmu dengan kalkulator yang ada di Halodoc. Klik gambar berikut untuk mengeceknya sekarang:

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Heart Palpitations: 10 Home Remedies for Fast Heartbeat.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Heart Palpitations.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan