• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Tanda Ibu Hamil Perlu Ganti Dokter Kandungan

5 Tanda Ibu Hamil Perlu Ganti Dokter Kandungan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
5 Tanda Ibu Hamil Perlu Ganti Dokter Kandungan

Halodoc, Jakarta – Ketika mengetahui bahwa diri sedang hamil, hal pertama yang perlu ibu lakukan adalah mencari dokter kandungan agar ibu bisa melakukan konsultasi program hamil. Dokter kandungan berperan penting dalam membantu ibu menjalani kehamilan yang sehat dan juga persalinan yang memuaskan.

Namun, ada kalanya ibu menyadari bahwa ibu tidak mendapatkan perawatan prenatal yang ibu butuhkan atau dokter kandungan tidak mendukung preferensi ibu untuk melahirkan. Nah, mungkin ini saatnya untuk mengganti dokter kandungan ibu. Keputusan untuk mengganti dokter kandungan memang tidak mudah, apalagi selama masa kehamilan. Namun, keputusan tersebut terkadang perlu dilakukan agar ibu bisa menjalani kehamilan yang sehat dan bahagia.

Baca juga: Melahirkan Anak Pertama, Pilih Bidan atau Dokter?

Alasan Mengganti Dokter Kandungan

Peran dokter kandungan berpengaruh besar pada proses persalinan yang akan ibu jalani nanti, karena memengaruhi kesehatan dan keselamatan ibu dan bayi, serta tingkat kepuasan ibu akan pengalaman persalinan. 

Meskipun ada kode etik dan pedoman standar dalam perawatan kebidanan, tiap dokter kandungan menjalankan praktiknya secara berbeda. Beberapa dokter memiliki pengalaman yang tinggi dalam melakukan persalinan caesar, beberapa yang lainnya mungkin lebih berpengalaman dalam mendukung kelahiran secara alami atau intervensi rendah.

Sementara itu, sebagian dokter yang lain mungkin lebih pro pada manajemen kelahiran yang lebih medis. Ibu perlu memilih dokter kandungan yang mendukung preferensi metode persalinan ibu dan ahli dalam metode tersebut.

Berikut ini alasan atau tanda ibu perlu mengganti dokter kandungan:

1.Dokter Kandungan Memiliki Komunikasi yang Buruk

Bila dokter kandungan tidak menjawab atau mengabaikan pertanyaan-pertanyaan ibu hamil selama kunjungan prenatal, ibu bisa mempertimbangkan untuk mengganti dokter.

2.Dokter Kandungan Tidak Mendukung Preferensi Persalinan Ibu

Misalnya, bila ibu hamil ingin melahirkan dengan metode water birth, namun dokter tersebut tidak mengizinkan atau tidak memiliki pengalaman dalam metode persalinan tersebut, maka hal itu bisa menjadi alasan bagi ibu untuk mengganti dokter.

Pada dasarnya, dokter kandungan memiliki alasan mereka sendiri dalam merekomendasikan metode persalinan yang dinilai lebih sesuai dengan kondisi kehamilan ibu.

Misalnya, bila ibu hamil anak kembar atau bayi dalam kandungan berada dalam posisi sungsang, maka dokter akan lebih menyarankan ibu hamil untuk melahirkan secara caesar. Namun, bila dokter tidak memberikan alasan yang kuat mengapa ia tidak memperbolehkan atau tidak mendukung preferensi persalinan ibu, ibu bisa mempertimbangkan untuk mengganti dokter. 

Baca juga: Ketahui Pilihan Metode Persalinan untuk Calon Ibu

3.Ketidaksepakatan Tentang Praktik Pengobatan

Bila ibu merasa tidak yakin dengan pengobatan atau tindakan yang disarankan oleh dokter, itu bisa menjadi pertanda ibu perlu mengganti dokter.

4.Menemukan Dokter yang Lebih Baik

Terkadang, selama menjalani konsultasi program hamil dengan satu dokter, ibu bisa saja mendapatkan rekomendasi dokter lain yang lebih baik dari teman maupun kerabat. Karena itu, tidak ada salahnya bila ibu hamil mengganti dokter.

5.Kehamilan Tiba-tiba Menjadi Lebih Rumit

Seiring berjalannya usia kehamilan, berbagai macam masalah yang tidak terduga bisa saja terjadi. Bila dokter tidak mampu memberikan solusi atau penanganan yang tepat bagi masalah kehamilan yang ibu alami, itu tandanya ibu hamil perlu mengganti dokter.

Baca juga: Kondisi yang Mengharuskan Ibu Melahirkan Caesar

Sharon Muza, pendidik persalinan di New Moon Birth menyarankan para ibu hamil untuk selalu mengikuti insting dalam menentukan dokter kandungan. Bila ibu merasa tidak sreg atau tidak cocok dengan satu dokter selama kehamilan, hal itu tidak akan berubah sampai persalinan nanti. Jadi, tidak ada salahnya mengganti dokter demi kenyamanan ibu menjalani proses kehamilan dan persalinan.

Bila ibu hamil mengalami masalah atau gejala yang mencurigakan selama masa kehamilan, jangan panik. Ibu bisa membicarakannya pada dokter melalui aplikasi Halodoc lho. Melalui Video/Voice Call dan Chat, dokter terpercaya siap memberi ibu hamil solusi kesehatan kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasinya sekarang juga.

Referensi:
Parents. Diakses pada 2021. How to Change Your Ob-Gyn During Pregnancy.
Verywell. Diakses pada 2021. How and Why to Change Your OB During Pregnancy