• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Melahirkan Anak Pertama, Pilih Bidan atau Dokter?

Melahirkan Anak Pertama, Pilih Bidan atau Dokter?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Memasuki trimester ketiga kehamilan tentunya semakin banyak perubahan yang dirasakan oleh seorang ibu. Mulai dari kondisi kandungan yang semakin membesar, rasa nyeri yang terkadang dirasakan pada bagian pinggang, hingga pembengkakan yang terjadi pada bagian kaki. Selain itu, persiapan persalinan biasanya dilakukan oleh ibu hamil yang usia kandungannya memasuki trimester ketiga.

Baca juga: Ini Tanda-Tanda Melahirkan di Usia 38 Minggu

Ibu juga perlu mempersiapkan dan memastikan proses persalinan yang akan dilalui. Tentunya, persalinan normal dapat dilakukan oleh bidan maupun dokter. Namun, jika proses persalinan harus dilalui secara operasi caesar, tentunya proses ini hanya dapat dilakukan oleh dokter kandungan dan dokter bedah. Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk memastikan proses persalinan pada bidan atau dokter? Ini ulasannya.

Bidan atau Dokter? Perhatikan Hal Ini

Menjalani kehamilan anak pertama tentunya menjadi pengalaman yang benar-benar baru dan berbeda. Hal ini membuat ibu banyak bertanya tentang menjalani kehamilan sehat dan proses persalinan yang dilakukan. Selain itu, pilihan tenaga medis yang membantu persalinan kerap membuat ibu merasa bingung, memilih bidan atau dokter untuk proses persalinan yang pertama.

Menjaga kesehatan selama menjalani kehamilan membantu ibu dalam memilih antara bidan atau dokter ketika menjalani persalinan. Bidan atau dokter, keduanya sama-sama memiliki kemampuan untuk membantu ibu menjalani proses persalinan. Siapa pun yang ibu pilih, tentu saja sama baiknya.

Namun, sebaiknya ketahui hal yang perlu ibu perhatikan sebelum memiliki dokter atau bidan untuk proses persalinan, khususnya anak pertama. Melansir Baby Center, perhatikan kesehatan ibu dan bayi pada saat kehamilan.

Jika selama menjalani kehamilan berjalan lancar dan normal, tentunya ibu dapat memilih persalinan pada bidan. Namun, jika ibu mengalami beberapa gangguan selama menjalani kehamilan, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, atau gangguan kesehatan lainnya, ibu bisa memilih persalinan pada dokter kandungan. Kelahiran prematur sebaiknya ditangani oleh dokter kandungan agar persalinan yang dijalani lebih baik.

Baca juga: Hal yang Perlu Ibu Tahu Tentang Kelahiran Sungsang

Selain itu, jika sejak awal kehamilan ibu sudah mempercayakan pemeriksaan pada bidan, tentunya bidan lebih optimal dalam menjaga kesehatan ibu maupun bayi dalam kandungan. Proses kehamilan dan persalinan pada bidan tentunya dipercaya sebagai sesuatu yang dapat terjadi secara alamiah

Itulah mengapa melakukan pemeriksaan pada bidan akan dilakukan untuk merawat kehamilan yang ibu jalani dan mencegah gangguan kehamilan yang mungkin saja terjadi. Dengan begitu, persalinan bisa dilakukan secara alamiah. Tindakan medis tidak akan dilakukan jika selama perjalanan kehamilan dilihat sebagai suatu kondisi yang normal dan wajar.

Tindakan medis dilakukan jika seorang bidan melihat adanya gangguan pada kehamilan. Kondisi ini membuat seorang bidan menganjurkan ibu hamil berkunjung ke dokter kandungan untuk penanganan yang lebih lanjut. Itulah sebabnya, memilih dokter atau bidan keduanya sama baik karena kedua tenaga medis ini bekerja sama jika diperlukan dalam suatu tindakan persalinan.

Melansir Baby Center, hal penting lainnya dalam memilih bidan atau dokter adalah masalah kenyamanan ibu. Kondisi nyaman dalam proses persalinan tentunya diperlukan agar ibu lebih rileks saat persalinan. Jadi, jika ibu merasa tidak nyaman dengan salah satu dokter atau bidan, tidak ada salahnya untuk mencari tahu lagi informasi mengenai bidan atau dokter yang membuat ibu nyaman selama menjalani kehamilan.

Baca juga: Ini Barang yang Wajib Dibawa ke Rumah Sakit saat Ibu Melahirkan

Jadi, sebaiknya ibu tetap menjaga kesehatan ibu dan bayi selama menjalani masa kehamilan. Penuhi nutrisi serta gizi, istirahat yang cukup, serta menerapkan gaya hidup yang sehat. Ibu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter kandungan seputar keluhan kesehatan selama ibu menjalani kehamilan. 

Referensi:
Baby Center. Diakses pada 2020. Doctor or Midwife: Which is Right For You?
Parents. Diakses pada 2020. Should You Choose an Ob-Gyn or a Midwife?