5 Tips Diet Sehat untuk Anak dengan Diabetes

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   09 Mei 2022

“Setiap orang tua perlu tahu diet sehat jika anaknya mengidap diabetes. Beberapa tips tersebut seperti memperhatikan asupan nutrisinya dan membatasi makanan serta minuman manis.”

5 Tips Diet Sehat untuk Anak dengan Diabetes5 Tips Diet Sehat untuk Anak dengan Diabetes

Halodoc, Jakarta – Bukan hanya orang dewasa, anak-anak juga dapat mengidap diabetes. Bahkan, gangguan ini lebih cenderung sulit diatasi ketika terjadi pada anak-anak. Maka dari itu, setiap orang tua perlu tahu tips diet untuk anak dengan penyakit diabetes. Untuk lebih lengkapnya, baca ulasan berikut ini!

Tips Diet untuk Anak dengan Diabetes agar Tetap Sehat

Anak-anak yang mengidap diabetes memang cenderung lebih sulit diatasi. Sebab, ia belum memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan dirinya sendiri. Anak-anak kerap kesulitan untuk menjaga pola makan karena ada faktor lingkungan yang kuat. Maka dari itu, peran orang tua sangat penting agar anak tetap sehat.

Anak-anak di bawah usia 16 tahun umumnya mengalami diabetes tipe 1 karena faktor keturunan. Layaknya orang dewasa, anak dengan gangguan ini perlu menjalani diet dengan benar. Penyakit ini disebabkan pankreas yang tidak bisa memproduksi insulin sendiri.

Maka dari itu, ibu perlu tahu beberapa tips diet anak dengan diabetes yang bisa diterapkan agar ia tetap sehat. Berikut beberapa tipsnya:

1. Perhatikan Asupan Nutrisinya

Salah satu hal yang paling penting dalam penerapan diet untuk anak dengan diabetes adalah memperhatikan asupan nutrisinya. Pastikan anak mendapatkan asupan nutrisi yang tepat dan seimbang disesuaikan dengan kebutuhan dan aktivitasnya.

Ibu perlu memastikan pola makan tiga kali sehari pada anak ditambah juga camilan yang menyehatkan. Pastikan untuk membatasi konsumsi kandungan karbohidrat pada makanan yang terlalu banyak. Sebab, karbohidrat yang berlebihan dapat meningkatkan kadar gula dalam darah yang dapat membuat diabetes lebih parah.

2. Batasi Konsumsi Makanan dan Minuman Manis

Anak-anak sangat menyukai makanan dan minuman yang manis. Ibu tidak perlu melarangnya tetapi harus diatur agar asupannya tidak berlebihan. Batasi konsumsinya sekaligus memperhatikan respons tubuh saat mengonsumsi makanan manis. Ibu juga perlu mengajarkan anak untuk lebih banyak minum air putih atau jus dibandingkan air soda. Selain itu, campuran air dengan buah-buahan juga bisa membuat anak suka untuk minum air putih karena rasanya.

3. Hindari Makanan Cepat Saji

Ibu perlu mengajarkan anak untuk menghindari makanan cepat saji. Alangkah lebih baiknya jika ibu rutin menyiapkan makanan untuknya, seperti membawa bekal ke sekolah. Beberapa makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi anak adalah daging, ikan, telur, kacang-kacangan, kentang, dan biji-bijian. Makanan bikinan sendiri tentu lebih sehat dan bersih, sehingga pola diet anak tetap terjaga.

4. Buat Rencana Makan

Ibu perlu memastikan menu pada anak mencakup enak jenis makanan yang berbeda, yaitu tepung, buah, susu, lemak, sayur, dan daging. Satu makanan dapat ditukar dengan makanan lainnya yang jumlah kalori, protein, karbohidrat, dan lemaknya terbilang sama. Para ahli biasanya akan fokus pada jumlah karbohidrat yang tepat karena nutrisi ini dapat memengaruhi gula darah.

5. Makanan yang Perlu Dihindari

Ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari atau dibatasi konsumsinya saat membuat rencana makan atau berbelanja. Seseorang dengan diabetes berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung. Maka dari itu, ada baiknya menjauhi anak dari makanan berlemak dengan kandungan kolesterol, lemak jenuh, dan lemak trans. Pastikan juga untuk menghindari makanan yang kaya garam karena dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Setiap orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya, seperti tetap sehat. Maka dari itu, pengaturan pola makan setiap hari sangat penting agar anak terhindar dari sakit sekaligus menjaga tubuhnya tetap bugar. Ibu juga perlu memberikan pemahaman yang tepat pada anak dengan diabetes. Dengan begitu, anak tetap semangat menjalani aktivitasnya.

Ibu juga bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk dapat bertanya langsung tentang pola diet pada anak dengan diabetes. Dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam berinteraksi dengan ahli medis bisa dilakukan melalui smartphone. Nikmati kemudahan dalam akses kesehatan sekarang juga!

Referensi:
India Times. Diakses pada 2022. Diet tips for diabetic children.
Children’s Health. Diakses pada 2022. What is the best diet for a child with type 1 diabetes?
Web MD. Diakses pada 2022. Meal Planning for Children With Type 1 Diabetes.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan