5 Tips Membakar Lemak Pipi Secara Efektif

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   13 September 2021

“Banyak orang rela melakukan apa saja guna menghilangkan lemak di wajah. Namun, perlu diketahui bahwa sebenarnya membakar lemak pada pipi dapat dilakukan dengan beberapa cara yang sederhana.”

5 Tips Membakar Lemak Pipi Secara Efektif5 Tips Membakar Lemak Pipi Secara Efektif

Halodoc, Jakarta – Layaknya bagian tubuh lainnya, lemak juga dapat terakumulasi pada area wajah seperti pipi. Nah, masalahnya tak sedikit orang yang rasa percaya dirinya menurun ketika memiliki pipi yang tembam. Alhasil, banyak orang rela melakukan apa pun guna menghilangkan lemak di wajah. Hal tersebut bertujuan agar pipi yang tirus, bagian tepi wajah yang tajam, serta garis rahang yang menarik dapat diperoleh.

Bila kamu adalah salah satu dari sekian orang yang bermasalah dengan lemak di wajah, sebenarnya ada beberapa tips sederhana untuk mengatasinya. Penasaran apa saja hal yang dapat kamu lakukan untuk membakar lemak pipi secara efektif? Simak informasinya di sini!

Ini Tips Membakar Lemak Pipi Secara Efektif

Melansir dari Healthline, ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk meniruskan pipi, antara lain:

  1. Melakukan Senam Wajah

Senam wajah dapat digunakan untuk memperbaiki penampilan wajah, memerangi penuaan, dan meningkatkan kekuatan otot wajah. Salah satu gerakan senam wajah yang paling populer adalah menggembungkan pipi dan mendorong udara dari sisi ke sisi. Dilanjutkan dengan mengerutkan bibir pada setiap sisi wajah secara bergantian. 

Selanjutnya, buatlah gerakan menahan senyum sambal mengatupkan gigi selama beberapa detik. Akan tetapi, perlu diingat bahwa penelitian tentang efektivitas senam wajah untuk menghilangkan lemak secara khusus masih kurang. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengevaluasi bagaimana senam wajah dapat berdampak pada lemak yang mengendap pada area wajah.

  1. Berolahraga Secara Rutin

Seringkali lemak yang menumpuk pada area wajah adalah hasil dari lemak tubuh yang berlebihan. Oleh sebab itu, menurunkan berat badan tentunya dapat membantu mengurangi kadar lemak, sehingga dapat membuat tubuh dan wajah lebih langsing. Nah, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi kadar lemak adalah dengan berolahraga secara rutin. Salah satu olahraga yang dapat kamu lakukan adalah olahraga kardio. Misalnya, berlari, menari, berjalan, bersepeda, hingga berenang.

Jenis olahraga tersebut dapat meningkatkan detak jantung dan dianggap sebagai salah satu metode efektif untuk menurunkan berat badan. Untuk melakukannya, cobalah untuk berolahraga selama 150-300 menit sedang hingga berat setiap minggunya secara rutin. Artinya, per hari kamu perlu melakukan olahraga kardio dengan durasi 20-40 menit setiap harinya.

  1. Minum Air Lebih Banyak

Minum air sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain itu, minum air juga dapat membantu menghilangkan lemak pada wajah. Sebab, meminum air dapat membuat seseorang merasa kenyang, sehingga dapat mengurangi hasrat untuk makan secara berlebihan. Hal tersebut tentunya dapat membantu proses penurunan berat badan pada tubuh.

Menurut salah satu jurnal yang terbit pada National Center for Biotechnology Information (NCBI) 2016 silam, konsumsi air putih dapat memicu terjadinya lipolisis pada tubuh. Lipolisis merupakan suatu proses terjadinya dekomposisi kimiawi dan pemecahan lemak menjadi asam lemak yang dapat digunakan tubuh sebagai energi.  Proses tersebut dapat menjadi kunci sukses untuk membantu menurunkan berat badan.

  1. Mengonsumsi Makanan yang Kaya Akan Serat

Salah satu cara yang direkomendasikan untuk melangsingkan wajah dan menghilangkan lemak pada pipi, adalah meningkatkan asupan serat. Serat sendiri merupakan senyawa dalam makanan nabati yang bergerak perlahan melalui saluran pencernaan. Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat tentunya dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Alhasil, nafsu makan pun dapat diredam dan dikurangi dengan baik.

Untuk memperoleh asupan serat pada tubuh, ada beberapa makanan kaya serat yang dapat kamu konsumsi. Misalnya seperti kacang polong, alpukat, pisang, pepaya, brokoli, kubis, pir, jagung, dan beras merah.

  1. Tidur Cukup dan Berkualitas

Tidur yang cukup dan berkualitas adalah salah satu tips yang perlu dilakukan untuk menghilangkan lemak di pipi. Pasalnya, kekurangan tidur dapat meningkatkan produksi hormon kortisol pada tubuh. Kadar hormon kortisol yang tinggi dapat meningkatkan nafsu makan dan mengubah metabolisme sehingga meningkatkan risiko bertambahnya lemak pada tubuh. 

Nah, bila kondisi ini dibiarkan, risiko seseorang untuk mengalami obesitas pun dapat meningkat. Oleh karena itu, tidur yang cukup dan berkualitas sangatlah perlu dipenuhi sebagai upaya mengurangi lemak berlebih pada perut dan wajah.

Itulah beberapa tips mudah yang dapat dilakukan untuk membakar lemak pada pipi. Bila kamu memiliki pertanyaan seputar tips membakar lemak, kamu dapat bertanya kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. 

Lewat fitur chat/video call secara langsung. Nantinya dokter akan memberikan berbagai anjuran yang tepat guna mewujudkan tubuh dan wajah yang langsing secara aman. 

Jika pemeriksaan fisik diperlukan, kamu juga dapat membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihanmu melalui aplikasi Halodoc. Tanpa perlu mengantri atau menunggu berlama-lama. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 8 Effective Tips to Lose Fat in Your Face
Medical News Today. Diakses pada 2022. What to do to reduce facial fat
NCBI.nlm.nih.gov. Diakses pada 2022. Increased Hydration Can Be Associated with Weight Loss

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan