5 Tips Menggunakan Earphone agar Tidak Merusak Pendengaran

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   06 Februari 2023

“Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar penggunaan earphone tak merusak pendengaran. Contohnya, membatasi kuantitas mendengarkan musik lewat earphone hingga menetapkan batasan volume.”

5 Tips Menggunakan Earphone agar Tidak Merusak Pendengaran5 Tips Menggunakan Earphone agar Tidak Merusak Pendengaran

Halodoc, Jakarta –  Kerja sambil mendengarkan musik lewat earphone sudah menjadi kebiasaan yang lazim ditemui. Tidak hanya sambil kerja, orang-orang yang menunggu transportasi umum, mengantre sesuatu di toko, juga kerap menggunakan earphone untuk mendengarkan musik.

Nah, kebiasaan menggunakan earphone setiap saat dan setiap waktu ini dapat merusak pendengaran. Ada cara terbaik yang bisa kamu lakukan supaya pendengaran tidak rusak karena kebiasaan satu ini. Apa sajakah itu? Simak tipsnya di sini!

Tips Menggunakan Earphone

Banyak orang mengalami gangguan pendengaran yang disebabkan oleh paparan berulang terhadap suara keras. Supaya telinga tetap aman, kamu tetap nyaman mendengarkan musik lewat earphone, berikut adalah tips menggunakan earphone yang tidak merusak pendengaran. 


1. Kecilkan volume

Mendengarkan musik dengan volume keras memang asyik, seolah-olah musik masuk ke dalam tubuh, tapi ini dapat merusak pendengaran. Oleh karena itu, kamu perlu mengecilkan volume, tidak hanya musik ataupun suara yang sedang kamu dengar, melainkan juga kondusifkan lingkungan sekitarmu. 

Terkadang, kamu sengaja mengencangkan volume karena suara di lingkungan sekitar yang juga berisik. Bila itu terjadi, ada baiknya kamu pindah tempat atau mencari ruangan yang lebih nyaman, sehingga kamu bisa mendengarkan musik tanpa harus membesarkan volumenya.

2. Gunakan peredam bising

Jika kamu menggunakan earphone untuk meredam suara di sekitar, menaikkan volume suara/musik hanya akan merusak pendengaran. Sebagai gantinya, kamu bisa mengatasi situasi ini lewat mengganti earphone dengan headphone peredam bising. Ini cara kerjanya menyumbat telinga, supaya suara dari luar tidak terdengar dan tidak mengganggu aktivitas yang sedang dikerjakan.

3. Gunakan headphone bukan earphone ataupun earbud

Meskipun kedua istilah tersebut kerap digunakan secara bergantian, headphone dan earphone bukanlah benda yang sama. Earphone atau juga earbud adalah perangkat kecil, biasanya berbahan silikon atau plastik keras dengan bentuk pas di telinga. Sedangkan headphone mengacu pada jenis perangkat yang menutupi seluruh telinga dan lebih aman untuk gendang telinga. 

4. Membatasi penggunaan earphone

Tidak ada cara lain yang lebih ramah untuk menjaga pendengaran dari dampak buruk earphone adalah dengan membatasi penggunaannya. Cobalah untuk mengistirahatkan telinga dari penggunaan earphone. 

Semakin lama mendengarkan musik keras, maka semakin tinggi pula kemungkinan kamu mengalami gangguan pendengaran. Praktikkan cara mendengarkan musik yang aman dengan menerapkan 60 – 60.  Artinya, kamu hanya menggunakan 60 persen volume  maksimum selama 60 menit. Setelahnya, jauhkan earphone dan biarkan telingamu “bernapas” atau beristirahat.

5. Tetapkan batasan volume

Beberapa perangkat earphone dapat disetel untuk hanya bisa dipasang pada volume tertentu saja. Dengan menetapkan batasan volume maksimum, kamu tidak dapat mengutak-atik lagi volume dan menggantinya dengan volume lebih besar.

Tanda Mengalami Gangguan Pendengaran

Ada beberapa kondisi yang menunjukkan kalau kamu memiliki gangguan pendengaran karena terlalu sering menggunakan earphone, yaitu:

  • Kesulitan mendengar orang lain dengan jelas dan salah memahami apa yang dikatakan orang, terutama di tempat berisik.
  • Sering meminta lawan bicara mengulangi pertanyaan/pernyataan. 
  • Mendengarkan musik atau menonton TV dengan volume yang lebih tinggi dari yang dibutuhkan orang lain
  • Kesulitan mendengar di telepon.
  • Merasa sulit untuk mengikuti percakapan
  • Kadang-kadang orang lain terlebih dahulu merasa kalau kamu memiliki masalah pendengaran. 

Jika kamu mengalami gejala demikian, ada baiknya untuk pemeriksaan medis dan konsultasi pada dokter telinga untuk memeriksakan telinga, lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Zdnet.com. Diakses pada 2023. 5 tips for preventing hearing loss caused by headphones.
Cnet.com. Diakses pada 2023. 5 ways to prevent hearing loss while using headphones.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. The Safe Way to Rock Out With Earbuds or Headphones Without Damaging Your Hearing.
National Health Service. Diakses pada 2023. Hearing Loss.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan