5 Tips Menghindari Perselingkuhan dalam Suatu Hubungan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   13 Juli 2022

“Untuk menjaga keutuhan hubungan, ada beberapa tips menghindari perselingkuhan yang bisa dicoba. Salah satunya adalah memikirkan konsekuensinya.”

5 Tips Menghindari Perselingkuhan dalam Suatu Hubungan5 Tips Menghindari Perselingkuhan dalam Suatu Hubungan

Halodoc, Jakarta – Perselingkuhan adalah hal yang sebenarnya bisa dicegah. Pencegahan bukan dilakuka oleh pihak pasangan yang diselingkuhi, melainkan dari pihak yang berselingkuh. Yuk simak tips menghindari perselingkuhan dalam suatu hubungan berikut ini!

Tips Menghindari Perselingkuhan dan Niat Berselingkuh

Sesempurna apapun seseorang sebagai pasangan, perselingkuhan tetap bisa terjadi jika salah satu pasangan memang ingin melakukannya. Artinya, selingkuh adalah sebuah pilihan, yang dilakukan dengan sadar, sehingga sebenarnya bisa dihindari.

Nah, ketika godaan datang dan niat berselingkuh muncul, berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba untuk menghindari perselingkuhan:

  1. Pikirkan Konsekuensi setelah Selingkuh

Penting untuk secara sadar berpikir panjang sebelum selingkuh. Cobalah bayangkan apa yang akan terjadi di masa depan ketika kamu berselingkuh. Terutama ketika pasangan mengetahui perselingkuhan kamu.

Bagaimana ia akan bereaksi? Tentunya hubungan yang telah susah payah dijalin akan hancur, dan kemungkinan terbesarnya adalah pasangan akan meninggalkan kamu. Apakah kesenangan sesaat ketika berselingkuh sepadan dengan itu semua?

  1. Perbaiki dan Tingkatkan Kualitas Hubungan

Jika dorongan untuk selingkuh berasal dari kebosanan dalam hubungan, cobalah untuk menghidupkan kembali hal-hal dengan pasangan. Kesediaan untuk menginvestasikan energi dan waktu dalam membangun hubungan akan membantu kamu melawan godaan untuk berselingkuh dari pasangan.

Berusahalah untuk membalikkan keadaan dan berkomunikasi dengan pasangan, guna menemukan cara untuk memulai kembali hubungan tersebut. Tidak perlu membuang energi untuk memikirkan orang lain.

  1. Tanggapi Godaan dengan Serius dan Segera Jauhi

Saat sudah berselingkuh, mudah untuk menganggap hubungan gelap itu sebagai sesuatu yang konyol atau tidak serius. Tidak apa-apa, jika kamu hanya sekadar kagum atau tertarik tanpa mendekati. 

Namun, jika kamu menghabiskan banyak waktu dengan orang itu atau kamu secara aktif mengikutinya di media sosial, mungkin ada baiknya untuk menghentikannya sejak awal sebelum masuk terlalu dalam. 

Ini adalah salah satu tips penting untuk menghindari perselingkuhan. Tanggapi rasa suka dan kagum pada orang lain sebagai hal yang serius dan besar. Kamu seharusnya tidak menghabiskan waktu berduaan dengan orang lain saat kamu sudah berkomitmen dengan pasangan. 

Segera berhenti mengikuti mereka di media sosial, dan berhentilah memberi diri kesempatan untuk selingkuh. Jika kamu merasa tergoda, akhiri hubungan utama terlebih dahulu jika merasa tidak bisa lagi diperbaiki, atau akhiri rasa suka pada orang lain.

  1. Pikirkan Tentang Apa yang Didapat dengan Berselingkuh

Bagi banyak orang, selingkuh adalah cara untuk mendapatkan kembali kendali. Jadi, tips untuk menahan dan menghindari perselingkuhan adalah dengan bertanya pada diri sendiri dua pertanyaan ini: 

  • Apa yang akan didapatkan jika berselingkuh? 
  • Apa yang dibutuhkan dari pasangan yang saat ini tidak diterima? 

Dua pertanyaan ini mungkin akan memberikan kamu jalan keluar dari masalah yang kamu hadapi sekarang.

  1. Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Jika pikiran untuk selingkuh menjadi terlalu nyata, mintalah pasangan memberi ruang untuk menjernihkan pikiran. Kenali diri kamu sendiri dan cari tahu apa yang membuat kamu merasa terhubung dengan pasangan.

Apakah sentuhan fisik atau seks, apakah itu ikatan emosional atau kombinasi keduanya? Memperjelas apa yang benar-benar kamu butuhkan dalam hubungan untuk merasa terhubung akan membantu kamu mengidentifikasi area masalah sehingga kamu dapat memperbaikinya.

Itulah beberapa tips yang bisa dicoba untuk menghindari perselingkuhan. Hubungan kamu dengan pasangan mungkin mengalami masa sulit atau kamu mungkin merasa kebutuhan kamu tidak terpenuhi. Namun, selingkuh tidak akan pernah jadi solusi yang baik.

Hal ini justru akan menimbulkan lebih banyak masalah. Namun, jika kamu berusaha untuk mengenali mengapa kamu tergoda dan mencoba menghidupkan kembali gairah dalam hubungan, kamu pasti mampu menahan godaan untuk selingkuh.

Jika butuh saran dari ahlinya, kamu bisa download Halodoc untuk membuat janji rumah sakit dengan psikolog profesional dan pastinya sudah berpengalaman.

Referensi:
Bustle. Diakses pada 2022. 6 Ways To Resist The Urge To Cheat, According To Experts.
Life Hack. Diakses pada 2022. 10 Ways to Prevent Cheating in Relationship.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan