5 Tips yang Bisa Dilakukan agar Anak Makan Lahap

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   06 Juni 2022

“Sebaiknya jangan panik saat anak tidak lahap dengan makanan yang disiapkan. Ibu bisa mengajak anak untuk menyiapkan makanan dan membuat waktu makan yang menyenangkan agar anak makan dengan lahap.”

5 Tips yang Bisa Dilakukan agar Anak Makan Lahap5 Tips yang Bisa Dilakukan agar Anak Makan Lahap

Halodoc, Jakarta – Memerhatikan kondisi kesehatan anak menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan oleh orangtua. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan anak tetap optimal dengan memberikan asupan nutrisi dan vitamin. Tentunya, vitamin dan nutrisi lain bisa didapatkan dari berbagai makanan sehat yang bisa ibu sajikan di rumah untuk Si Kecil.

Namun, bagaimana jika Si Kecil memiliki kebiasaan sulit makan sehingga tidak mengonsumsi makanan dengan lahap? Jangan khawatir, sebaiknya ibu cari tahu beberapa cara yang bisa dilakukan di rumah untuk membuat anak makan dengan lahap. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Ibu, Ini Tips Anak Makan dengan Lahap

Kebiasaan makan anak-anak tentunya tidak dapat diprediksi oleh orangtua. Namun, sebisa mungkin orangtua harus memerhatikan asupan vitamin dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh Si Kecil agar pertumbuhan dan perkembangannya dapat berjalan secara optimal.

Picky eater atau susah makan adalah kondisi yang sangat wajar dialami oleh anak-anak. Meski demikian, orangtua tidak boleh membiarkan kondisi ini karena dapat memengaruhi asupan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh anak untuk pertumbuhannya. 

Biasanya, ada beberapa gejala yang dialami oleh anak picky eater, seperti lebih sering menutup mulut saat makan, hanya mau mengonsumsi makanan tertentu, hingga mengonsumsi makanan dengan tidak lahap.

Nah, jangan khawatir, ibu bisa melakukan beberapa tips ini agar anak makan dengan lahap, seperti:

1. Menyajikan Makanan Anak secara Menarik

Ibu, cobalah untuk menyajikan makanan anak dengan lebih menarik. Ibu bisa membentuk nasi putih yang akan disajikan menjadi bulat atau berbentuk lainnya yang menarik untuk anak. 

Selain itu, jangan lupa siapkan makanan yang berwarna. Menambahkan sayur yang berwarna hijau atau kuning agar makanan anak terlihat semakin berwarna dan menarik, misalnya. 

Ibu juga bisa berkreasi dengan membentuk sayur atau lauk lainnya dengan bentuk-bentuk yang menarik. Saran lainnya, berikan buah dan sayur dalam bentuk potongan-potongan kecil yang lebih memudahkan anak untuk mengonsumsi makanan tersebut. 

2. Ajak Anak Menyiapkan Makanan Bersama

Jika anak terlihat tidak lahap dalam makan, ajak anak untuk menyiapkan menu makan bersama. Mulai dari mengajak anak berbelanja sayur dan bahan makanan, membersihkan sayuran, hingga menyiapkan hidangan makanan yang telah siap untuk dikonsumsi. 

Dengan begitu anak akan lebih bahagia untuk menikmati makanan yang dibuat bersama karena merasa memiliki peran dan dihargai dalam keluarga. Ibu juga bisa mengajak anak untuk membereskan meja makan setelah jam makan keluarga selesai.

3. Biarkan Anak Memilih Menu Makanan yang Ingin Ia Konsumsi

Cara lain yang bisa dilakukan untuk membuat anak makan dengan lahap adalah membiarkan anak memilih makanan yang akan dikonsumsinya. Poin ini bisa diterapkan untuk mencegah rasa bosan yang dirasakan anak terhadap makanan yang sehari-hari disiapkan oleh ibu. Ibu juga bisa bertanya pada anak mengenai seberapa banyak makanan yang ingin ia konsumsi di waktu makan tertentu.

4. Buatlah Waktu Makan yang Menyenangkan

Saat makan, sebaiknya hindari penggunaan gadget. Buat suasana yang menyenangkan saat makan bersama keluarga. Selain bisa menambah nafsu makan anak, kegiatan ini juga membuat komunikasi antar keluarga menjadi lebih baik. 

Memiliki waktu makan yang menyenangkan juga membuat anak menjadi lebih terbuka dengan orangtua. Tentunya, kebiasaan ini juga meningkatkan hubungan antara orangtua dan anak.

5. Berikan Anak Contoh

Anak akan melakukan berbagai hal seperti yang dilakukan orangtua. Pastikan orangtua memberikan contoh pada anak untuk mengonsumsi berbagai makanan sehat yang baik untuk kesehatan.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat anak makan dengan lahap. Segera lakukan pemeriksaan kesehatan pada anak jika kesulitan makan yang dialami anak mengganggu tumbuh kembang serta kesehatannya secara menyeluruh. Ibu bisa buat janji untuk melakukan pemeriksaan melalui aplikasi Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

Today’s Parent. Diakses pada 2022. 10 Surprising Ways to Get Kids Eating Healthy.
Kids Health. Diakses pada 2022. Kids and Food: 10 Tips for Parents.
Family Doctor. Diakses pada 2022. When Your Toddler Doesn’t Want to Eat.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan