5 Vitamin Ginjal Alami yang Mudah Didapatkan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   04 Januari 2023

“Penuhi kebutuhan vitamin ginjal melalui berbagai jenis makanan sehat. Ada beberapa vitamin yang perlu dipenuhi, seperti vitamin D, B12, hingga zat besi.”

5 Vitamin Ginjal Alami yang Mudah Didapatkan5 Vitamin Ginjal Alami yang Mudah Didapatkan

Halodoc, Jakarta – Ginjal menjadi salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi cukup penting. Untuk itu, kamu disarankan banyak mengonsumsi air putih agar kesehatan ginjal tetap terjaga.

Kamu juga perlu mengonsumsi berbagai jenis vitamin yang bisa membuat kesehatan ginjal menjadi lebih optimal. Yuk, simak ulasan mengenai vitamin ginjal alami yang mudah didapatkan dari berbagai jenis makanan sehat. 

Vitamin alami untuk ginjal

Vitamin Alami untuk Ginjal

Ginjal adalah dua organ yang berbentuk seperti kacang dengan ukuran sebesar kepalan tangan. Ada berbagai fungsi ginjal dalam tubuh, seperti:

  • Menyaring dan membuang limbah.
  • Mengendalikan keseimbangan air.
  • Mengatur sel darah merah.
  • Mengatur tekanan darah dan garam.

Fungsi tersebut dapat berjalan dengan baik ketika ginjal dalam kondisi yang sehat. Ada berbagai cara untuk meningkatkan kesehatan ginjal, salah satunya dengan memenuhi kebutuhan vitamin ginjal.

Berikut ini vitamin yang perlu dipenuhi untuk kesehatan organ tersebut, yaitu:

1. Vitamin D

Setelah tubuh mengonsumsi vitamin D, maka ginjal akan mengubahnya menjadi bentuk aktif. Tingkat vitamin D yang rendah dapat menandakan adanya gangguan fungsi ginjal. 

2. Vitamin B12

Vitamin B12 menjadi salah satu jenis vitamin yang sangat baik untuk memproduksi sel baru dan sehat dalam tubuh. Hal ini termasuk membantu ginjal membentuk sel yang lebih sehat sehingga vitamin ini terlibat untuk menjaga kesehatan ginjal.

3. Vitamin B9 (Folat)

Jenis ini menjadi salah satu jenis yang cukup penting bagi ginjal. Vitamin B9 akan bekerja sama dengan jenis B12 untuk membentuk sel dan darah merah sehat bagi ginjal.

4. Vitamin C

Memenuhi kebutuhan vitamin C setiap hari mampu mencegah adanya infeksi atau gangguan kesehatan pada ginjal. Namun, jika kamu memiliki riwayat dengan gangguan ginjal, tidak ada salahnya untuk bertanya pada dokter mengenai dosis vitamin C yang perlu kamu konsumsi.

5. Zat besi

Serupa dengan vitamin B12 dan B9, zat besi juga membuat tubuh memproduksi sel darah merah dengan baik. Tanpa sel darah merah yang cukup, maka oksigen tidak dapat dialirkan menuju ginjal. Ginjal yang mengalami kekurangan oksigen sangat berisiko mengalami gangguan kesehatan.

Itulah berbagai vitamin ginjal yang perlu kamu penuhi agar kesehatannya terjaga dengan baik. Kamu bisa mendapatkan vitamin yang dibutuhkan dari berbagai jenis makanan sehat. 

Jika ingin menggunakan suplemen, sebaiknya tanyakan langsung pada dokter menggunakan Halodoc mengenai dosisnya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Makanan Sehat untuk Ginjal

Jangan ragu untuk mendapatkan vitamin yang baik untuk ginjal melalui berbagai jenis makanan yang sehat. Berikut beberapa jenis makanan sehat yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan kesehatan dan fungsi ginjal, yaitu:

1. Sayuran hijau

Sayuran yang memiliki warna hijau seperti bayam, kale, atau brokoli memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat tinggi.

Memperbanyak asupan sayuran hijau juga membantu kamu terhindar dari kerusakan sel tubuh akibat paparan radikal bebas. Hal ini berkat kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada sayuran hijau.

2. Paprika

Siapa sangka paprika sangat baik untuk kesehatan ginjal. Paprika memiliki kandungan vitamin B6, B9, C, K, dan serat. Tentunya, vitamin yang ada bisa membuat kesehatan ginjal meningkat.

Jadi, jangan ragu untuk memasukkan paprika ke dalam makananmu. Pastikan kamu mengolah paprika dengan cara dipanggang agar rasanya lebih lezat.

Untuk menjaga kesehatan ginjal, hindari terlalu banyak mengonsumsi daging olahan, minuman bersoda, makanan yang digoreng, hingga makanan cepat saji. Kamu juga bisa melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk mencegah gangguan pada ginjal sejak dini.

Referensi:

MNP. Diakses pada 2023. The 6 Best Vitamins for Kidney Health.

Medical News Today. Diakses pada 2023. What Foods are Good for Kidneys?

National Kidney Foundation. Diakses pada 2023. Your Kidneys and Iron.

E Times. Diakses pada 2023. 5 Worst Foods that Can Damage Your Kidneys.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan