6 Cara Efektif Mengatasi Jamur di Kulit Kepala

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   02 Desember 2022

“Jamur di kulit kepala memicu gejala berupa kulit gatal, bersisik, kemerahan dan lesi berisi nanah. Kondisi tersebut menjadi sangat mengganggu dan harus diatasi dengan beberapa bahan di bawah.✔️Artikel ini telah di-review dokter.”

6 Cara Efektif Mengatasi Jamur di Kulit Kepala6 Cara Efektif Mengatasi Jamur di Kulit Kepala

DAFTAR ISI

  1. Langkah Mengatasi Jamur di Kulit Kepala
  2. Rekomendasi Dokter Kulit di Halodoc
    1. dr. Dina Febriani Sp.D.V.E
    2. dr. Frieda Sp.D.V.E

Halodoc, Jakarta – Jamur di kulit kepala atau tinea capitis adalah penyakit yang terjadi akibat infeksi Candida albicans. Kondisi ini bisa terjadi karena pola makan tidak sehat, paparan bahan kimia, luka dan kurang menjaga kebersihan pribadi.

Gangguan ini muncul dengan tanda-tanda, seperti kulit kepala bersisik dan rambut rontok. Akan muncul rasa gatal parah, rambut mudah dicabut dan demam dengan suhu berkisar 37.8 hingga 38.3 derajat Celsius.

Sebelum makin parah, gejala-gejala di atas dapat diatasi dengan menggunakan beberapa jenis bahan alami.

Di antaranya, cuka sari apel, jeruk nipis, soda kue, minyak mimba, minyak jarak dan minyak pohon teh.

Langkah Mengatasi Jamur di Kulit Kepala

Adapun gejalanya, yakni:

  • Ruam kemerahan atau keunguan yang mengelupas di kulit kepala.
  • Serpihan putih di kulit kepala yang tampak seperti ketombe.
  • Lesi putih atau kuning berisi nanah di kulit kepala.

Sebagian besar infeksi jamur di kulit kepala dapat diatasi menggunakan bahan-bahan alami, seperti:

1. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel bersifat antijamur dan dapat membantu membunuh perkembangbiakan jamur yang penyebab infeksi. Caranya, siapkan 1 cangkir cuka sari apel dan 2 gelas air.

Kemudian, campur bahan-bahan tersebut di dalam satu wadah. Aplikasikan pada rambut dan biarkan selama 10 hingga 15 menit, lalu bilas. Untuk hasil yang maksimal, gunakan 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

2. Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung zat antimikroba. Ini adalah zat yang memiliki kemampuan untuk menghambat dan membunuh perkembangbiakan mikroba, seperti jamur. Caranya, siapkan 1 sendok teh air perasan jeruk nipis dan 1 gelas air.

Kemudian, campur bahan-bahan tersebut di dalam satu wadah. Aplikasikan pada rambut 10 hingga 15 menit, lalu bilas. Untuk hasil yang maksimal, gunakan 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Perhatian, jeruk nipis bersifat astringen. Kandungan tersebut bisa membuat kulit kepala jadi mengering. Jadi, jangan terlalu sering menggunakannya.

3. Soda Kue

Soda kue atau natrium bikarbonat bersifat antijamur. Kandungan tersebut efektif menghambat pertumbuhan jamur di kulit kepala. Caranya, siapkan 1 sendok makan soda kue dan 1 gelas air.

Kemudian, campurkan bahan-bahan tersebut di dalam satu wadah. Aplikasikan larutan saat keramas menggunakan sampo. Pijat kulit kepala perlahan dan biarkan selama 10 hingga 15 menit, lalu bilas.

4. Minyak Mimba

Minyak nimba mengandung niminol yang bersifat antijamur.

Caranya, siapkan 2 sendok teh minyak nimba dan 1 sendok makan minyak kelapa. Campurkan kedua bahan tersebut dan oleskan ke kulit kepala dan rambut secara merata. 

Kemudian, biarkan 30 hingga 60 menit. Lalu, bilas dengan sampo sampai bersih. Untuk hasil yang maksimal, gunakan 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

5. Minyak Jarak

Minyak jarak mengandung risinoleat yang bersifat antijamur. Caranya, siapkan 1 sendok makan minyak jarak dingin dan 1 sendok makan minyak kelapa. Campurkan kedua bahan tersebut dan aplikasikan ke seluruh permukaan kulit kepala. 

Kemudian, diamkan selama 30 hingga 60 menit dan bilas menggunakan sampo. Untuk hasil yang maksimal, gunakan 1 sampai 2 kali dalam seminggu.

6. Minyak Esensial Pohon Teh

Minyak pohon teh bersifat antijamur dan memiliki efek mengubah membran pada jamur. Caranya, siapkan 3 hingga 4 tetes minyak pohon teh dan 1 sampai 2 sendok makan minyak almond manis.

Oleskan campuran bahan-bahan tersebut ke seluruh lapisan kulit kepala. Biarkan selama 30 sampai 60 menit, lalu bilas dengan sampo. Untuk hasil yang maksimal, gunakan sebanyak 2 kali dalam seminggu.

Jika mengalami keluhan setelah pemakaian bahan alami di atas, silahkan tanya dokter untuk melakukan pengobatan.

Rekomendasi Dokter Kulit di Halodoc

Apabila kamu mengalami kesulitan dalam menangani keluhan jamur di kulit kepala, kamu bisa segera hubungi dokter berpengalaman di Halodoc.

Berikut daftar rekomendasi dokter yang bisa kamu hubungi untuk mengatasi masalah jamu di kulit kepala:

1. dr. Dina Febriani Sp.D.V.E

Dokter Dina Febriani Sp.D.V.E, seorang dokter yang telah menyelesaikan pendidikan kedokterannya di Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi Jakarta pada tahun 2009 dan melanjutkan studi lanjutan di Universitas Sebelas Maret Surakarta hingga 2023. 

Saat ini, ia menjalankan praktik medisnya di Pekanbaru, Riau, serta aktif berpartisipasi dalam kegiatan Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI). 

Dengan pengalaman yang telah ia kumpulkan selama 14 tahun, dr. Dina Febriani Sp.D.V.E telah mengembangkan keahliannya dan menyediakan layanan konsultasi medis yang dapat diandalkan melalui platform Halodoc.

Chat dr. Dina Febriani Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

2. dr. Frieda Sp.D.V.E

Kamu juga bisa menghubungi dr. Frieda Sp.D.V.E, ia telah menyelesaikan pendidikan kedokterannya di Fakultas Kedokteran Universitas Atma Jaya pada tahun 2015, dan kemudian menyelesaikan studi lanjutan di Universitas Sebelas Maret pada tahun 2022. 

Saat ini, ia berpraktik di Bogor, Jawa Barat, sambil aktif berpartisipasi dalam kegiatan Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Dengan pengalaman klinis selama 8 tahun, dr. Frieda Sp.D.V.E telah memperoleh keahlian yang profesional dalam bidangnya. 

Dokter  Frieda Sp.D.V.E, tersedia untuk memberikan bantuan dan konsultasi melalui layanan yang disediakan oleh Halodoc untuk membahas berbagai masalah kulit yang kamu alami seperti jamur kulit di kepala.

Chat dr. Frieda Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

Itulah beberapa dokter yang bisa kamu hubungi untuk konsultasi medis. 

Selain merawat kulit, penting juga untuk secara rutin memeriksa kondisi kesehatan kamu keluarga. Jangan tunggu lagi! Yuk, pakai aplikasi Halodoc sekarang!

Dapatkan juga informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup dan pola hidup sehat lainnya dengan download Halodoc sekarang juga!

Chat dokter kulit untuk mengatasi jamur di kulit kepala secara online di Halodoc
Referensi:
STYLECRAZE. Diakses pada 2022. 8 Home Remedies To Get Rid Of Scalp Fungus & Prevention Tips.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Scalp Yeast Infection.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan