Ini 5 Rekomendasi Obat Sakit Tenggorokan di Apotik

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   16 Februari 2024

“Ada beberapa obat-obatan yang dengan mudah kamu temukan dan cukup ampuh untuk mengatasi sakit tenggorokan. Contoh obat sakit tenggorokan di apotik Degirol Hisap, Sanjin Watermelon Frost Insufflation, Adem Sari, Quixx Sore Throat Spray, hingga Efisol-C 10 Tablet yang bisa kamu beli di Halodoc.”

Ini 5 Rekomendasi Obat Sakit Tenggorokan di ApotikIni 5 Rekomendasi Obat Sakit Tenggorokan di Apotik

DAFTAR ISI

Berbagai Pilihan Obat Sakit Tenggorokan di Apotik


Halodoc, Jakarta – Sakit tenggorokan umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Namun, ada pula faktor pemicu lainnya yang perlu diwaspadai, contohnya penyakit asam lambung, iritasi akibat rokok, hingga alergen tertentu seperti serbuk sari.

Ada beberapa upaya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kondisi ini. Mulai dari beristirahat, mengonsumsi air hangat, menggunakan pelembap udara, hingga mengonsumsi obat-obatan. Nah, ada obat sakit tenggorokan di apotik yang ampuh untuk mengatasi kondisi ini. Mau tahu apa saja pilihannya?

Berbagai Pilihan Obat Sakit Tenggorokan di Apotik

Sakit tenggorokan dalam intensitas ringan hingga sedang, dapat diatasi dengan menggunakan obat-obatan. Contoh obatnya seperti:

1. Degirol Hisap 0.25 mg 20 Tablet

Degirol Hisap 0.25 mg 20 Tablet merupakan Obat sakit tenggorokan di apotik yang cukup ampuh mengatasi masalah tenggorokan. Obat ini berbentuk tablet hisap yang mengandung dequalinium chloride. Kandungan inilah yang dapat membantu mengatasi sakit tenggorokan, radang, atau infeksi pada rongga mulut dan tenggorokan. 

Kamu bisa menggunakan obat ini maksimal sebanyak 8 tablet per hari tiap 3 sampai 4 jam. Namun, obat ini tidak dianjurkan untuk digunakan dalam jangka panjang. Di samping itu, bumil dan busui juga tidak direkomendasikan untuk menggunakan obat ini.

Rentang harga: Rp30.700 per box.

Dapatkan Degirol Hisap 0.25 mg 20 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Sanjin Watermelon Frost Insufflation 3 G

Sanjin Watermelon Frost Insufflation merupakan obat herbal yang dapat digunakan untuk meredakan panas dalam dan tenggorokan kering. Produk ini mengandung citrullus vulgaris, fritillariae cirrhosae bulbus, momordicae fructus, hingga indigo naturalis. 

Cara menggunakannya pun cukup mudah, yaitu disemprotkan sebanyak 2 – 4 semprot, 3 – 6 kali sehari. Berikut cara menggunakannya:

  • Putar tutup botol
  • Arahkan mulut botol pada tempat yang sakit, kemudian tekan botol hingga bubuk obat keluar. Atau tarik sumbat bagian dalam keluar, sehingga bubuk obat dapat dituang keluar.
  • Tutup rapat penutup botol setelah pemakaian agar terhindar dari kelembapan.

Rentang harga: Rp36.000 per botol.

Dapatkan Sanjin Watermelon Frost Insufflation 3 G di Toko Kesehatan Halodoc.

Ada beberapa gejala sakit tenggorokan yang perlu diwaspadai. Baca di artikel ini: “5 Ciri-Ciri Radang Tenggorokan yang Perlu Diwaspadai”.

3. Adem Sari 5 Sachet

Obat sakit tenggorokan di apotik selanjutnya adalah adem sari. Minuman penyejuk ini mengandung ekstrak citrus aurantifolia dan ekstrak alyxia stellata, dan dilengkapi juga dengan kandungan vitamin C. 

Adem Sari mampu membantu meredakan gejala panas dalam, seperti tenggorokan kering, sariawan, dan bibir pecah-pecah. Berikut aturan pakai dan dosisnya:

  • 1 sachet dicampur dengan air 200 mL, diaduk dan minum segera sampai habis.
  • Dewasa: 1 bungkus 2-3 kali sehari. Anak-anak: 1/2 bungkus 2-3 kali sehari.

Rentang harga: Rp12.400 – Rp20.100 per box.

Dapatkan Adem Sari 5 Sachet di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Quixx Sore Throat Spray 30 ml

Obat sakit tenggorokan di apotik selanjutnya adalah Quixx Sore Throat Spray 30 ml. Produk ini mengandung glycerol (62%), madu, glycocyanidin-a (berasal dari ekstrak biji Vitis Vinifera dan buah Sambucus Nigra), hingga minyak atsiri dari Eucalyptus Globulus. 

Nah, kandungan tersebutlah yang mampu mengatasi berbagai keluhan pada tenggorokan. Contohnya membunuh kuman penyebab infeksi pada tenggorokan. Berikut dosis dan aturan pakainya:

  • Dosis 4 – 5 kali sehari.
  • 1. Kocok botol Quixx Sore Throat Spray perlahan lalu buka tutupnya
  • 2. Semprotkan 4-5 kali di bagian atas tenggorokan. 
  • 3. Bersihkan ujung penyemprot dan tutup kembali dengan rapat.

Rentang harga: Rp110.400 – Rp115.500 per botol.

Dapatkan Quixx Sore Throat Spray 30 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Efisol-C 10 Tablet

Efisol-C 10 Tablet merupakan salah satu obat sakit tenggorokan di apotik yang mudah untuk didapatkan. Selain mengandung vitamin C, Efisol juga mengandung dequalinium chloride yang masuk ke dalam antiseptik rongga mulut. 

Obat ini bekerja terhadap bakteri garam-positif dan garam-negatif dengan 

meningkatkan permeabilitas sel bakteri. Efisol dapat digunakan untuk mengatasi infeksi ringan sampai sedang yang disebabkan oleh jamur dan bakteri pada mulut. 

Cara menggunakan obat ini cukup mudah. Tiap Efisol C sebaiknya dibiarkan larut perlahan-lahan dalam mulut setiap 3 jam. Namun, kamu tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya lebih dari 8 tablet sehari. Bila infeksi sudah mereda, digunakan setiap 5 jam sekali.

Rentang harga: Rp19.300 per strip.

Dapatkan Efisol-C 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah beberapa obat sakit tenggorokan yang ampuh serta mudah dicari di apotek. Selain obat-obatan ini, kamu juga bisa cari obat, suplemen, dan produk kesehatan lainnya di Toko Kesehatan Halodoc. Produknya dikirim dari apotek tepercaya!

Referensi: 

Healthline. Diakses pada 2024. Sore Throat: Treatment, Causes, Diagnosis, Symptoms & More. Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Sore throat – Symptoms and causes.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan