• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Mudah untuk Membuat Rambut Berkilau
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Mudah untuk Membuat Rambut Berkilau

6 Cara Mudah untuk Membuat Rambut Berkilau

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 27 Juni 2022

“Terdapat beberapa cara mudah yang dapat kamu lakukan di rumah untuk membuat rambutmu berkilau. Salah satunya adalah membilas rambut dengan air dingin saat mandi.”

6 Cara Mudah untuk Membuat Rambut Berkilau6 Cara Mudah untuk Membuat Rambut Berkilau

Halodoc, Jakarta – Memiliki rambut yang berkilau tentu menjadi dambaan hampir setiap orang, khususnya wanita. Sayangnya, mendapatkan rambut berkilau dan sehat tidak semudah yang dibayangkan. Akibatnya, tidak heran mengapa banyak kaum hawa yang memiliki jadwal rutin mengunjungi salon. 

Meski begitu, memiliki rambut berkilau sebenarnya tidak selalu harus membutuhkan perawatan rutin di salon. Sebab, ada beberapa perawatan rambut rumahan yang mudah sebagai cara untuk membuat rambutmu berkilau, lo. Penasaran apa saja caranya? Yuk, simak informasinya di sini! 

Cara Mudah Membuat Rambut Berkilau 

Terdapat beberapa cara mudah yang dapat kamu lakukan di rumah untuk membuat rambutmu berkilau, antara lain: 

1. Bilas Rambut dengan Air Dingin 

Membilas rambut dengan air panas memang dapat melarutkan lemak yang merusak kulit dan rambut. Namun, membilas rambut dengan air dingin jauh lebih baik bila dibandingkan dengan air panas. Sebab, membilas rambut dengan air dingin akan membantu mengunci kelembapan rambutmu yang berkaitan dengan kilau rambut. 

2. Konsumsi Makanan yang Bermanfaat untuk Rambut 

Untuk mendapatkan rambut yang berkilau secara alami, cobalah untuk mengonsumsi makanan tinggi asam lemak. Sebab, asam lemak sehat yang ditemukan dalam makanan seperti ikan, alpukat, dan zaitun diyakini bermanfaat untuk kulit dan rambut.

Selain itu, kamu juga mungkin dapat mencoba meningkatkan asupan suplemen minyak ikan. Hal ini merujuk pada sebuah studi yang dipublikasikan pada U.S. National Library of Medicine pada 2015 silam. Studi tersebut menunjukan bahwa minyak ikan dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan rambut, terutama pada wanita. 

Meski suplemen ini tidak serta merta membuat rambut lebih berkilau, tapi suplemen ini dapat menyehatkan rambut. Pada gilirannya, rambut yang sehat akan tampak berkilau secara alami. 

3. Sehatkan Kulit Kepala 

Rambut yang sehat dan berkilau dimulai dari kulit kepala yang sehat. Oleh karena itu, pastikan juga kamu menyehatkan kulit kepalamu. Nah, salah satu cara untuk menyehatkan kulit kepala adalah dengan memijat kulit kepala sendiri. Sebab, memijat kulit kepala dapat membantu merangsang aliran darah untuk mendorong produksi minyak alami. 

4. Batasi Penataan Rambut dengan  Suhu Tinggi 

Banyak orang memanaskan rambut untuk menatanya, baik menggunakan hair dryer maupun catokan. Namun, hal ini sebenarnya perlu dibatasi atau mungkin dilakukan dengan suhu yang lebih rendah. Sebab, suhu panas dapat menyebabkan lapisan luar pelindung rambut terbuka, sehingga membuat rambut rentan terhadap kerusakan. 

5. Gunakan Sarung Bantal Sutra atau Satin

Sebagian besar sarung bantal yang disertakan dengan set seprai umumnya terbuat dari bahan yang sama dengan seprai. Bahan tersebut sebenarnya berpotensi membuat rambut menjadi kasar. Nah, sebagai solusinya, kamu dapat mencoba menggunakan sarung bantal berbahan sutra dan satin halus. Kedua bahan tersebut diketahui lebih lembut, sehingga dapat meminimalkan gesekan bantal dengan rambut. 

6. Gunakan Produk Sesuai Jenis Rambut 

Setiap orang akan memiliki jenis rambut yang berbeda. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih jenis produk sampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambutmu. Selain itu, pastikan juga kamu menggunakan kondisioner setiap selesai keramas. Sebab, penggunaan kondisioner secara signifikan dapat memperbaiki tampilan rambut rusak atau kering dengan meningkatkan kilaunya. 

Itulah beberapa cara mudah untuk membuat rambut berkilau dan sehat. Mulai dari membilas rambut dengan air dingin, hingga memilih produk rambut yang sesuai dengan jenis rambut. Jika beberapa cara tersebut tidak berhasil, sebaiknya kamu tanyakan kepada dokter. 

Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter spesialis untuk mendapatkan saran medis yang tepat. Kamu dapat menggunakan fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 

Healthline. Diakses pada 2022. Easy Tips for Getting the Shiniest, Healthiest Hair of Your Life. 
American Academy of Dermatology. Diakses pada 2022. Tips for Healthy Hair. 
NIH. Diakses pada 2022. A 3-Month, Randomized, Double-Blind, Placebo-Controlled Study Evaluating the Ability of an Extra-Strength Marine Protein Supplement to Promote Hair Growth and Decrease Shedding in Women with Self-Perceived Thinning Hair.