• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Fakta seputar Lesung Pipi yang Menarik Perhatian
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Fakta seputar Lesung Pipi yang Menarik Perhatian

6 Fakta seputar Lesung Pipi yang Menarik Perhatian

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 24 Oktober 2022

“Ada beberapa fakta mengenai lesung pipi yang menarik untuk diketahui. Lesung pipi ternyata bisa didapat melalui operasi dan dipercaya sebagai lambang keberuntungan.”

6 Fakta seputar Lesung Pipi yang Menarik Perhatian6 Fakta seputar Lesung Pipi yang Menarik Perhatian

Halodoc, Jakarta – Memiliki lesung pipi membuat seseorang terlihat lebih unik. Hal ini dirasa mampu meningkatkan penampilan menjadi lebih baik. Umumnya, kondisi ini akan muncul di bagian pipi saat pemiliknya berbicara atau tersenyum. Lesung pipi bisa terlihat pada kedua atau salah satu bagian pipi.

Banyak yang percaya bahwa pemiliknya merupakan orang yang beruntung. Benarkah demikian? Yuk, simak ulasan mengenai berbagai fakta menarik lesung pipi!

Fakta Mengenai Lesung Pipi

Banyak orang yang mengetahui bahwa lesung pada pipi hanya bisa didapat secara alami sejak bayi dilahirkan. Namun, ada berbagai fakta menarik yang bisa kamu ketahui mengenai lesung pada pipi. Tidak hanya dari faktor genetik, ini juga bisa kamu dapatkan dengan cara tindakan bedah. 

Nah, berikut ini berbagai fakta mengenai mengenai lesung pada pipi:

1. Bisa Didapat Melalui Operasi

Lesung pada pipi umumnya didapatkan secara alami akibat adanya faktor keturunan dalam keluarga. Namun, bukan hanya itu, kini lesung pada pipi juga bisa kamu miliki dengan cara melakukan tindakan operasi atau dimpleplasty.

Prosedurnya dilakukan dengan pembuatan lubang kecil menggunakan alat biopsi untuk membuat ruang secara manual. Setelah menciptakannya, dokter akan menjahit bagian tersebut hingga terbentuk lesung pada pipi.

Pastikan kamu melakukan operasi ini pada dokter yang tepat untuk mencegah komplikasi, seperti perdarahan, gangguan saraf, hingga infeksi.

2. Bisa Membantu Komunikasi

Lesung ini membuat  penampilan lebih menarik dan terlihat lebih muda. Selain itu, ini juga dianggap mampu membantu untuk berkomunikasi dengan orang lain. 

Kondisi ini dikaitkan dengan kemampuan lesung pipi untuk membuat ekspresi atau senyuman pemiliknya menjadi lebih terlihat. 

Bukan itu saja, adanya lesung pada pipi juga bisa membantu untuk menyampaikan informasi lebih banyak terkait ekspresi seseorang. 

3. Kelainan yang Diturunkan Secara Genetik

Meskipun menambah daya tarik penampilan, nyatanya kondisi ini  merupakan bagian dari kelainan. Brent Moelleken, ahli bedah plastik dan profesor klinis ahli bedah di University of California, Los Angeles, mengatakan bahwa lesung pipi adalah kelainan pada otot pipi yang diturunkan secara genetik.

Namun tidak seperti kelainan lainnya, pemiliknya tidak perlu cemas karena ini tidak memengaruhi kesehatan sama sekali. 

4. Dapat Memudar

Lesung pada pipi akan dimiliki oleh pemiliknya seumur hidup. Kondisi ini sangat sulit untuk diperbaiki. Namun, lesung ini dapat memudar seiring bertambahnya usia. 

Kelainan otot ini menyebabkan munculnya ruang pada pipi, terutama saat tersenyum. Umumnya, kondisi ini dialami setelah bayi dilahirkan karena adanya lemak pada bagian pipi. 

Namun, pertambahan usia membuat lemak pada pipi berkurang sehingga lesung memudar.

5. Dianggap Lambang Keberuntungan

Pada beberapa kebudayaan, lesung pipi dianggap sebagai lambang keberuntungan. Pemiliknya akan dikaitkan dengan segala hal baik dan kebahagiaan. Bukan hanya bagi pemiliknya saja, tetapi bagi seluruh anggota keluarga.

6. Tidak Hanya Ada di Pipi

Meskipun namanya lesung pipi, tetapi kondisi ini juga bisa muncul di bagian tubuh yang lain, seperti dagu hingga punggung bagian bawah. Biasanya, hal ini akan terlihat adanya lekukan yang lebih ke dalam.

Itulah beberapa fakta seputar lesung pipi yang perlu kamu ketahui. Jika kamu memiliki keluhan kesehatan seputar gangguan kulit atau bagian tubuh lainnya, segera buat janji pemeriksaan di rumah sakit pilihan menggunakan Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Why Do Some People Have Cheek Dimples?
Healthline. Diakses pada 2022. Dimpleplasty: What You Need to Know.
The List. Diakses pada 2022. The Truth About Dimples.
Medline Plus. Diakses pada 2022. Are Facial Dimples Determined by Genetics?