6 Langkah Awal untuk Atasi Migrain Sebelah Kiri

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   30 Januari 2023

“Ada beberapa upaya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi migrain sebelah kiri. Mulai dari minum air hangat, menghentikan aktivitas, hingga memijat telapak tangan atau bahu.”

6 Langkah Awal untuk Atasi Migrain Sebelah Kiri6 Langkah Awal untuk Atasi Migrain Sebelah Kiri

Halodoc, Jakarta –   Migrain adalah sakit kepala yang dapat menyebabkan nyeri berdenyut parah atau sensasi berdenyut, biasanya di satu sisi kepala.  Serangan migrain bisa berlangsung berjam-jam hingga berhari-hari, dan rasa sakitnya bisa sangat parah sehingga mengganggu aktivitas.

Biasanya untuk mengatasi migrain sebelah kiri bisa dilakukan dengan mengonsumsi pereda nyeri yang dijual bebas , seperti ibuprofen, asetaminofen, atau aspirin. Simak selengkapnya langkah awal apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi migrain sebelah kiri di sini!

Langkah Awal Mengatasi Migrain Sebelah Kiri

Kebanyakan orang mengatasi migrain sebelah kiri dengan konsumsi obat dan istirahat yang cukup. Berikut ini adalah langkah awal yang bisa dilakukan untuk mengatasi migrain sebelah kiri, yaitu:

1. Menghentikan semua kegiatan

Menghentikan semua kegiatan yang dilakukan dapat menjadi langkah awal untuk mengatasi migrain sebelah kiri. Melakukan kegiatan spesifik, misalnya membawa kendaraan, mengerjakan tugas kantor, dapat membuat serangan migrain semakin intens yang memicu rasa sakit bertahan.

2. Melakukan aktivitas dengan ritme perlahan

Melakukan aktivitas dengan ritme perlahan juga dapat membantu mengatasi migrain. Soalnya, melakukan aktivitas terlalu cepat dapat membuat sakit kepala semakin menjadi. Ini bisa dimulai dari hal-hal yang sederhana, seperti berjalan, duduk, ataupun mencuci baju.

Jika gejala tak kunjung membaik, Ini Dokter Spesialis Saraf yang Bisa Bantu Mengatasi Migrain.

3. Minum air hangat

Minum air hangat dapat membantu mengatasi migrain sebelah kiri. Air hangat dapat menetralisir aliran darah, melancarkan sirkulasi udara di dalam tubuh, yang pada akhirnya dapat membantu meringankan sakit kepala. Hindari minum kopi, soda, atau minuman lain yang bisa memicu migrain.

4. Mengelola stres

Menurut jurnal ilmiah berjudul Is there a causal relationship between stress and migraine? Current evidence and implications for management yang diterbitkan dalam The Journal of Headache and  Pain, menyebutkan bahwa terdapat hubungan antara stres dan migrain. 

Saat sedang stres, tubuh melepaskan bahan kimia “lawan, lari, atau diam”. Senyawa kimia ini membuat otot tegang dan mengubah aliran darah, yang keduanya menyebabkan sakit kepala, termasuk migrain sebelah kiri.

5. Menghindari pemicu yang diketahui

Menghindari pemicu yang diketahui merupakan langkah awal untuk mengatasi migrain sebelah kiri. Misalnya, kalau kamu merasa kurang tidur, telat tidur, atau konsumsi makan berlemak dapat memicu migrain.

Selain itu, ada pula pemicu lainnya. Seperti lampu yang terlalu terang, lampu yang berkedip, aroma yang terlalu kuat seperti aroma pengharum mobil,  pengencer cat, asap rokok dan lain-lain.

6. Memijat telapak tangan dan bahu

Memijat ataupun memberikan penekanan pada telapak tangan dapat membantu mengatasi migrain. Selain telapak tangan, memijat bahu tepatnya di sendi yang menghubungkan leher dan bahu juga dapat memberikan sensasi relaksasi. 

Itulah informasi mengenai langkah awal untuk atasi migrain sebelah kiri. Kalau kamu butuh mendapatkan obat ataupun vitamin untuk meredakan sakit kepala, kontak saja Halodoc dan konsultasikan pada dokter. Yuk, download Halodoc sekarang juga ya! 

Referensi:
The Journal of Headache and Pain. Diakses pada 2023. Is there a causal relationship between stress and migraine? Current evidence and implications for management.
Healthline. Diakses pada 2023. Can Stress Cause Migraines?
Healthline. Diakses pada 2023. Everything to Know About Headaches on the Left Side of the Head.
Medical News Today. Diakses pada 2023. What to know about a headache on the left side.
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Migraine.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan