• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Manfaat Daun Waru untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Manfaat Daun Waru untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

6 Manfaat Daun Waru untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 07 Desember 2022

“Ada banyak sekali manfaat daun waru yang bisa meningkatkan kesehatan tubuh. Benefit yang bisa didapatkan oleh tubuh berbeda-beda, tergantung cara mengolahnya secara tepat.”

6 Manfaat Daun Waru untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya6 Manfaat Daun Waru untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Halodoc, Jakarta – Pohon waru atau dengan istilah Hibiscus Tiliaceus adalah tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Daun dari tanaman ini kerap menjadi obat-obatan tradisional. Untuk mendapatkan manfaat yang diinginkan, cara pengolahannya bisa berbeda-beda.

Beragam Manfaat Daun Waru untuk Kesehatan

Pohon waru termasuk salah satu tanaman yang terkenal di dunia karena bunganya yang cantik dan berwarna-warni. Umumnya, orang-orang tahu jika hanya bunganya saja yang dimanfaatkan untuk pengobatan, padahal, daunnya juga bisa memberikan efek samping yang menyehatkan.

Berikut beberapa di antaranya:

1. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat daun waru yang pertama adalah mampu membantu dalam menurunkan tekanan darah pada tubuh. Pada seseorang yang mengidap hipertensi, hal ini sangat baik untuk menurunkan risiko terkait gangguan pada jantung.

Kandungan antioksidan yang tinggi pada daun tersebut sehingga ampuh untuk menurunkan tekanan darah. Daun ini bisa diolah menjadi teh yang bisa dikonsumsi secara rutin, agar kadar tekanan darah tetap normal.

2. Mengatasi Radikal Bebas

Kandungan antioksidan yang tinggi pada tanaman ini sangat baik dalam melawan radikal bebas, zat yang menyebabkan kerusakan pada sel tubuh. Jika radikal bebas terlalu banyak, risiko untuk menyebabkan penyakit berbahaya cukup rentan, salah satunya kanker.

3. Menurunkan Peradangan pada Tubuh

Mengacu pada jurnal dari Food Chemistry, daun waru memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat baik mengurangi peradangan. Tubuh yang kerap meradang dapat mengembangkan berbagai macam penyakit, seperti kanker, asma, penyakit alzheimer, hingga rheumatoid arthritis.

Makanya, konsumsi tanaman ini yang sudah diolah menjadi teh secara rutin ampuh dalam menurunkan peradangan, sehingga meminimalisir risiko untuk mengalami penyakit akibat kondisi ini.

4. Membantu Penurunan Berat Badan

Daun waru juga mengandung beberapa nutrisi yang sangat baik dalam membantu menurunkan berat badan, seperti antosianin, senyawa fenolik, serta flavonoid. Maka dari itu, konsumsi daun ini menjadi teh secara rutin sangat baik dalam mendukung kesuksesan diet.

5. Membantu Mencegah Kanker

Manfaat daun waru lainnya adalah mampu membantu dalam pencegahan kanker. Daun waru memiliki kandungan antioksidan, khususnya polifenol, yang telah terbukti memiliki sifat anti-kanker. Kandungan ini dapat mencegah pertumbuhan sel tidak terkendali dan mengurangi penyebarannya.

6. Membantu Mengurangi Kadar Kolesterol

Mengutip jurnal Phytomedicine, ekstrak daun waru mampu membantu dalam penurunan kadar kolesterol. Terlalu banyak kadar kolesterol dalam tubuh dapat meningkatkan berbagai macam risiko gangguan kesehatan, termasuk penyakit jantung. 

Jadi, sekarang kamu tahu berbagai manfaat dari daun waru menjadi teh atau obat-obatan. Jangan ragu untuk mengonsumsi pengobatan tradisional ini secara rutin, termasuk mengonsumsinya dalam bentuk teh untuk menemani saat santai. Selain aromanya yang menenangkan, manfaatnya yang menyehatkan tubuh.

Apabila masih memiliki pertanyaan lainnya terkait manfaat daun waru, gunakan fitur tanya dokter dari Halodoc untuk mendapatkan jawaban dari ahlinya. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, dapatkan kemudahan dalam akses kesehatan melalui smartphone. Jadi, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Health Guide. Diakses pada 2022. 7 Potential Health Benefits Of Hibiscus Leaves.
Phytomedicine. Diakses pada 2022. Effects of Hibiscus sabdariffa extract powder and preventive treatment (diet) on the lipid profiles of patients with metabolic syndrome (MeSy).
Food Chemistry. Diakses pada 2022. Phytochemistry, antioxidant capacity, total phenolic content and anti-inflammatory activity of Hibiscus sabdariffa leaves.