6 Manfaat Olahraga Trampolin yang Bikin Sehat dengan Cara Seru

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   27 Juni 2022

“Manfaat olahraga trampolin bagi kesehatan cukup banyak. Mulai dari memperkuat otot dan tulang, hingga membantu penurunan berat badan.”

6 Manfaat Olahraga Trampolin yang Bikin Sehat dengan Cara Seru6 Manfaat Olahraga Trampolin yang Bikin Sehat dengan Cara Seru

Halodoc, Jakarta – Selain seru dan menyenangkan, manfaat olahraga trampolin juga cukup banyak, lo. Olahraga ini termasuk latihan aerobik yang berfungsi untuk memperkuat seluruh otot tubuh dan meningkatkan oksigen dalam darah. 

Selain itu, olahraga trampolin adalah cara yang santai dan menyenangkan untuk meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan daya tahan, dan menghilangkan stres.

Manfaat Olahraga Trampolin bagi Kesehatan

Berolahraga di atas trampolin dapat berdampak pada seluruh tubuh. Berikut ini beberapa manfaat olahraga trampolin bagi kesehatan:

  1. Membangun Kekuatan

Tidak seperti pelatihan yang ditargetkan, melompat membutuhkan penggunaan banyak otot. Saat melompat, kamu menggunakan seluruh momentum tubuh, yang memaksa semua otot yang berbeda untuk bekerja secara bersamaan.

Semua gerakan naik-turun saat melompat di atas trampolin membuat semua otot bekerja. Mulai dari perut dan bokong hingga otot kaki dan punggung, sehingga membangun otot inti yang kuat.

  1. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Seiring bertambahnya usia, tulang menjadi lebih rapuh, dan sangat penting untuk mulai melakukan latihan yang akan meningkatkan kepadatan tulang. Salah satu olahraga yang bisa dilakukan adalah olahraga trampolin. 

Olahraga trampolin dapat memberi manfaat pada peningkatan kepadatan tulang. Terutama tulang pinggul dan tulang belakang. Tulang yang kuat dapat membantu kamu terhindar dari osteoporosis di kemudian hari.

  1. Memperbaiki Keseimbangan Tubuh

Keseimbangan tubuh sangat penting untuk menurunkan kemungkinan cedera saat jatuh. Studi pada 2011 yang diterbitkan di Journal of Electromyography and Kinesiology mencoba membuktikan hal ini. 

Lansia yang menjadi peserta penelitian diminta melakukan olahraga atau latihan trampolin mini selama 14 minggu. Hasilnya, para peserta mengalami peningkatan kemampuan untuk mendapatkan kembali keseimbangan sebelum jatuh sekitar 35 persen. 

Kegiatan melompat di atas trampolin diketahui dapat meningkatkan keseimbangan, koordinasi, dan keterampilan motorik yang lebih baik. Ini sangat penting bagi orang-orang yang berisiko jatuh.

  1. Baik untuk Jantung

Aktivitas kardio seperti olahraga trampolin dapat memperkuat otot-otot jantung, dan mengurangi jumlah pekerjaan yang harus dilakukan tubuh untuk memompa darah. Ini dapat menurunkan:

  • Detak jantung istirahat.
  • Kadar kolesterol.
  • Kadar trigliserida.

Semua kondisi tersebut tentu saja merupakan kabar baik bagi kesehatan jantung secara keseluruhan.

  1. Meredakan Stres

Olahraga, secara umum, dikaitkan dengan penghilang stres karena melepaskan endorfin. Ini adalah zat alami yang membantu kamu merasa lebih baik dan mempertahankan sikap positif.

Aktivitas melompat dalam olahraga trampolin secara khusus memiliki manfaat sebagai penghilang stres karena dampak uniknya pada tubuh. Melompat membuat kamu berulang kali tegang dan melepaskan otot-otot, yang baik untuk sirkulasi tubuh. Setelah selesai melompat, otot-otot akan kendur dan rileks.

  1. Membantu Penurunan Berat Badan

Melompat di trampolin dalam ruangan selama satu jam akan membakar lebih banyak kalori daripada latihan biasa. Pantulan berulang pada trampolin akan sangat membantu mengurangi lemak dan menurunkan berat badan.

Jika kamu sedang mencari olahraga yang bisa membantu penurunan berat badan, olahraga trampolin bisa jadi pilihan. Tentu saja, untuk mendapatkan manfaatnya, kamu perlu melakukannya secara rutin. Setidaknya selama 15-30 menit setiap harinya. 

Olahraga trampolin juga membantu meningkatkan kontrol kandung kemih menggunakan beberapa latihan sederhana. Untuk semua alasan ini, trampolin semakin populer di kalangan orang dewasa sebagai metode penurunan berat badan yang bermanfaat.

Itulah beberapa manfaat dari olahraga trampolin bagi kesehatan tubuh. Meski baik untuk kesehatan, penting untuk melakukannya dengan hati-hati. Jangan lewatkan pemanasan untuk mencegah cedera.

Jangan lupa juga untuk minum air yang cukup untuk menghindari risiko dehidrasi. Jika kamu mengalami masalah kesehatan apa pun, segera download Halodoc untuk membuat janji medis dan memeriksakan kondisi, ya.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. The Many Health Benefits of Exercising on a Trampoline.
Topend Sports. Diakses pada 2022. Top-10 Health Benefits of Indoor Trampoline Exercise.
Okadoc. Diakses pada 2022. 8 Tremendous Health Benefits of Trampoline Fitness.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan