6 Olahraga Peninggi Badan yang Cepat dan Efektif Dilakukan

2 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   20 Oktober 2022

“Olahraga peninggi badan umumnya melibatkan gerakan dan latihan peregangan yang dapat meningkatkan tinggi badan. Beberapa jenis olahraga ini sangat populer dan sudah banyak dilakukan. ✔️Artikel ini telah di-review dokter.”

6 Olahraga Peninggi Badan yang Cepat dan Efektif Dilakukan6 Olahraga Peninggi Badan yang Cepat dan Efektif Dilakukan

Halodoc, Jakarta – Faktor yang paling sering menjadi penentu tinggi badan seseorang adalah genetik. Akan tetapi, tinggi badan juga dapat dipengaruhi oleh asupan nutrisi dan jenis makanan yang dikonsumsi. Bahkan seseorang pun bisa meningkatkan tinggi badannya dengan berolahraga.

Perkembangan fisik seseorang dapat dipengaruhi dengan seberapa aktif tubuh dalam sehari-hari. Olahraga peninggi badan umumnya melibatkan gerakan dan latihan peregangan yang dapat meningkatkan tinggi badan.

Jenis Olahraga Peninggi Badan yang Dapat Dilakukan

Ada beberapa olahraga populer yang sering dilakukan karena secara alami dapat meningkatkan pertumbuhan tinggi badan. Berikut beberapa jenisnya:

1. Lompat Tali

lompat tali

Salah satu olahraga peninggi badan yang sudah banyak dikenal adalah lompat tali. Kamu diharuskan melompat dengan konsisten saat memainkan olahraga lompat tali (skipping rope). Saat melompat, tubuh akan meregang dan berkontraksi hingga mendorong pembentukan lempeng epifisis pada tulang.

2. Berenang

berenang

Berenang dapat mengembangkan tubuh dan otot secara harmonis dan merangsang pertumbuhan tinggi badan. Selain itu, berenang dikenal sebagai salah satu latihan peregangan paling efektif untuk tulang belakang dan seluruh otot.

3. Basket

basket

Bola basket merupakan olahraga yang dapat merangsang postur tubuh tinggi. Olahraga ini dapat menambah tinggi badan hingga 20 sentimeter jika dilakukan sejak usia dini. 

4. Bersepeda

bersepeda

Selain meningkatkan stamina, bersepeda juga dapat menambah tinggi badan. Tubuh bagian bawah bekerja cukup berat untuk mengayuh selama bersepeda. Otot lutut dan kaki akan menerima lebih banyak aliran darah dari gerakan mengayuh sehingga mendorong pertumbuhan otot.

5. Bulu Tangkis

bulu tangkis

Bulu tangkis merupakan jenis olahraga yang memerlukan gerakan aktif dan melompat. Olahraga ini membantu meregangkan tulang belakang sehingga meningkatkan tinggi badan.

6. Pull-up

pull up

Tulang tubuh bagian atas akan berkontraksi selama gerakan pull-up. Kontraksi dan peregangan bagian ini dapat meningkatkan pembentukan tulang dan berpengaruh pada peningkatan tinggi badan.

Apabila kamu mengalami masalah kesehatan, jangan ragu untuk bertanya langsung pada dokter. Pakai aplikasi Halodoc untuk cek kesehatan rutin lebih mudah dengan memanfaatkan layanan chat dokter. Yuk, download Halodoc secara gratis di Play Store maupun App Store. 

Chat dokter fisioterapi dan umum terkait olahraga peninggi badan secara online di Halodoc
Referensi
DSF. Diakses pada 2022. Sports that Can Naturally Stimulate Height Growth.
Times of India. Diakses pada 2022. Best Sport to Increase Your Height.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan