6 Pengobatan Rumahan Untuk Meringankan Gejala Omicron

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   10 Februari 2022

“Gejala COVID-19 varian Omicron sangat mirip dengan gejala flu. Bagi individu yang bergejala ringan, bisa melakukan perawatan sederhana di rumah untuk meringankan gejala Omicron. Perawatannya praktis dan sederhana sama seperti perawatan untuk atasi flu.”

6 Pengobatan Rumahan Untuk Meringankan Gejala Omicron6 Pengobatan Rumahan Untuk Meringankan Gejala Omicron

Halodoc, Jakarta – Penelitian telah membuktikan jika gejala COVID-19 varian Omicron sangat mirip dengan flu. Hal ini membuat sebagian besar orang yang tertular Omicron tidak menyadarinya karena dianggap hanya mengalami flu biasa. Gejala yang ditimbulkan bisa berupa batuk, demam, hidung tersumbat, pilek, sakit kepala, sakit tenggorokan hingga nyeri otot. 

Gejala khas COVID-19 lain seperti anosmia ternyata jarang dialami oleh seseorang yang tertular varian Omicron. Meskipun tergolong ringan, penularan Omicron tetap perlu diwaspadai karena varian ini masih perlu diteliti lebih lanjut. Pada orang yang belum mendapatkan vaksinasi, penularan Omicron bahkan bisa bersifat fatal. 

Melalui surat Edaran (SE) Menteri Kesehatan RI Nomor HK.02.01/MENKES/18/2022 tentang Pencegahan dan Pengendalian Kasus COVID-19 Varian Omicron, seseorang yang terinfeksi Omicron dengan asimptomatik atau bergejala ringan wajib melakukan isolasi mandiri minimal 10 hari setelah spesimen diagnosis konfirmasi. Nah, selama isolasi mandiri ini kamu bisa mencoba pengobatan rumahan berikut untuk meringankan gejala Omicron.

Pengobatan Rumahan Untuk Meringankan Gejala Omicron

Karena gejalanya yang mirip sekali dengan flu, pengobatan rumahan untuk meringankan gejala Omicron pun mirip dengan perawatan flu. Berikut perawatan sederhana yang bisa kamu lakukan untuk meringankan gejala Omicron yang mirip seperti flu:

1. Hidrasi tubuh

Tenggorokan yang sakit pasti amat mengganggu saat menelan. Untuk mengatasinya, kamu hanya cukup meminum air putih secara rutin untuk melembapkan tenggorokan. Konsumsi air putih juga penting untuk hidrasi tubuh sehingga bisa terhindar dari dehidrasi. 

2. Konsumsi madu hangat

Selain air putih, kamu bisa mencoba madu hangat untuk menghidrasi tubuh dengan tambahan manfaat lain. Madu yang dicampur dengan teh, jeruk nipis atau air hangat cukup efektif untuk melegakan tenggorokan yang sakit. Sifat antiinflamasi dan antibakterinya mampu menenangkan tenggorokan dengan melembapkannya. Bukan hanya itu, madu juga dapat mengurangi sekresi lendir dan batuk yang kerap dialami oleh pengidap Omicron. 

3. Kumur dengan air garam

Nah, kalau cara tradisional yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi kamu. Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu meredakan sakit tenggorokan, sekaligs membersihkan atau membilas tenggorokan. Larutan garam terbukti efektif membunuh bakteri di tenggorokan. 

Cara membuatnya pun sangat mudah, kamu hanya perlu melarutkan satu setengah sendok teh garam dalam 250 mililiter air hangat. Berkumurlah setiap tiga jam sekali sampai batuk dan sakit tenggorokan mereda.

4. Sup kaldu

Sup kaldu hangat juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk meredakan gejala Omicron yang mirip flu. Makanan ini bersifat menenangkan dan juga mengenyangkan. Tambahkan bawang putih ke dalam sup untuk mendapatkan manfaat lebih. Bawang putih mengandung senyawa bioaktif yang bersifat antibakteri dan antiinflamasi.

5. Hirup uap

Menghirup uap dari panci berisi air hangat dapat membantu melegakan hidung tersumbat, melembapkan tenggorokan bahkan menenangkan paru-paru. Udara lembap juga dapat meredakan pembengkakan di hidung dan paru-paru yang pada gilirannya dapat mengatasi batuk kering, hidung teriritasi, dan sesak dada. 

6. Banyak beristirahat

Penting untuk beristirahat lebih banyak ketika sedang terserang flu, apalagi jika flu yang kamu alami disebabkan oleh COVID-19 varian Omicron. Tidur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga membantu tubuh dalam melawan infeksi virus. Saat berbaring, cobalah berbaring ke sisi kanan atau kiri  untuk membantu menghilangkan dahak dengan cepat.

Selain melakukan tips di atas, konsumsi makanan bergizi dan suplemen juga sangat penting selama isolasi mandiri.  Segera cek kebutuhan vitamin di toko kesehatan Halodoc supaya kondisi kamu cepat pulih. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Nah, setelah menjalani isolasi mandiri selama 10 hari, tak ada salahnya untuk melakukan tes PCR untuk memastikan infeksi COVID-19 dalam tubuh telah menghilang. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Omicron Symptoms: How They Compare with Other Coronavirus Variants.
Healthline. Diakses pada 2022. 10 Natural Remedies for Flu Symptoms.
ABP Live. Diakses pada 2022. Omicron: Suffering From Cough During Covid-19? Follow These Home Remedies For Relief. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan