6 Penyakit Degeneratif Ini Kerap Menyasar Usia Lanjut

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   30 Januari 2023

“Ada beberapa penyakit degeneratif yang rentan terjadi pada orang lanjut usia. Termasuk penyakit Parkinson dan Huntington.”

6 Penyakit Degeneratif Ini Kerap Menyasar Usia Lanjut6 Penyakit Degeneratif Ini Kerap Menyasar Usia Lanjut

Halodoc, Jakarta – Seiring bertambahnya usia, tubuh dan organ mulai memburuk dan menjadi lebih rentan terhadap berbagai penyakit degeneratif. Beberapa faktor dapat memengaruhi risikonya, seperti gaya hidup, pola makan, stres, dan lain-lain.

Jenis penyakit degeneratif yang dapat menyerang lansia pun cukup banyak. Ada yang menyerang sistem saraf, mental, persendian, dan masih banyak lagi. Untuk mencegahnya, penting untuk menjaga gaya hidup sehat sejak muda.

Jenis-Jenis Penyakit Degeneratif

Penyakit degeneratif ada banyak jenisnya. Berikut ini beberapa yang rentan menyerang lansia:

1. Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah penyakit progresif yang merusak memori dan fungsi kognitif. Ini adalah penyebab demensia yang paling umum. Bertambahnya usia adalah faktor risiko terbesar untuk penyakit ini. 

Pada kondisi ini, sel-sel otak merosot dan mati, menyebabkan penurunan memori dan fungsi mental yang stabil. Risiko terkena penyakit degeneratif ini lebih tinggi jika ada anggota keluarga yang mengidap penyakit ini juga.

2. Osteoporosis Degeneratif

Osteoporosis degeneratif terjadi akibat penuaan dan keausan pada tulang. Komposisi mineral tulang berubah seiring bertambahnya usia. Matriks tulang, kerangka sel kerangka, menjadi lebih lemah dan lebih tipis. Seseorang mungkin kehilangan tinggi badan. 

Beberapa orang juga dapat mengalami perubahan postur, seperti munculnya punuk atau bungkuk. Olahraga teratur dan pola makan tinggi kalsium dapat membantu menjaga tulang tetap kuat. Penting juga untuk berkonsultasi dengan dokter untuk tindakan pencegahan.

3. Osteoartritis

Osteoarthritis adalah penyakit pada persendian yang rentan menyerang lansia. Dua tulang sendi biasanya terlindungi oleh bahan bantalan halus yang bernama tulang rawan. Pada osteoarthritis, tulang rawan rusak, menyebabkan rasa sakit dan kaku pada sendi. Osteoartritis adalah salah satu bentuk artritis atau radang sendi yang paling umum.

4. Penyakit Huntington

Penyakit Huntington adalah penyakit degeneratif pada sistem saraf yang terjadi akibat perubahan gen. Kematian sel-sel otak di area otak tertentu dapat mengakibatkan hilangnya fungsi kognitif (berpikir), fisik dan emosional secara bertahap. 

Gejala dapat muncul saat orang tersebut berusia tiga puluhan atau empat puluhan. Gejala yang paling umum adalah gerakan tersentak-sentak pada lengan dan kaki (chorea). Seseorang dengan penyakit Huntington mungkin juga mengalami kesulitan berbicara, menelan, dan konsentrasi.

5. Sklerosis Lateral Amiotrofik

Sklerosis lateral amiotrofik atau penyakit Lou Gehrig, adalah jenis penyakit neurodegeneratif yang jarang terjadi. Ini menyerang sel-sel saraf di otak yang mengontrol gerakan otot. Seperti kebanyakan penyakit neurodegeneratif, ini juga bersifat progresif, yang berarti gejalanya memburuk dari waktu ke waktu.

Tanda-tanda awal kondisi ini meliputi kekakuan dan kelemahan otot. Seiring waktu, ini akan berkembang menjadi ketidakmampuan seseorang dengan kondisi berjalan, makan, berbicara atau bahkan bernapas.

6. Lewy Body Dementia

Penyakit ini adalah kondisi yang terjadi akibat simpanan protein yang tidak normal di otak. Tepatnya protein alpha-synuclein. Protein ini menyebabkan perubahan kimia di otak yang menyebabkan penurunan kognitif dan perubahan suasana hati dan perilaku. 

Penyakit ini sering banyak orang salah artikan sebagai penyakit Parkinson karena kedua kondisi tersebut memiliki beberapa gejala yang sama. Gejala umum dari lewy body dementia adalah halusinasi visual dan kebingungan. 

Itulah pembahasan mengenai jenis-jenis penyakit degeneratif yang rentan menyerang lansia. Untuk mencegahnya, kamu bisa mulai menjaga gaya hidup sehat sejak muda. 

Bila mengalami masalah kesehatan apapun, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan. Jika dokter memberi resep obat, download Halodoc saja untuk cek kebutuhan medis kamu dengan mudah.

Referensi:
Better Health Channel. Diakses pada 2023. Chronic or Degenerative Conditions.
Very Well Mind. Diakses pada 2023. What Are Neurodegenerative Diseases?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan