• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Rekomendasi Buah saat Masa Penyembuhan COVID-19
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Rekomendasi Buah saat Masa Penyembuhan COVID-19

6 Rekomendasi Buah saat Masa Penyembuhan COVID-19

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 03 Januari 2023

"Ada beberapa jenis buah-buahan yang disinyalir bisa mempercepat penyembuhan COVID-19. Misalnya, jeruk, apel, pir sampai buah melon yang tinggi kadar airnya."

6 Rekomendasi Buah saat Masa Penyembuhan COVID-196 Rekomendasi Buah saat Masa Penyembuhan COVID-19

Halodoc, Jakarta – Pengidap COVID-19 dianjurkan untuk banyak beristirahat dan menerapkan pola makan untuk mempercepat pemulihan. Pasalnya, nutrisi memainkan peran penting dalam penyembuhan infeksi COVID-19. Itu sebabnya, pengidapnya perlu cermat dalam memilih makanan. 

Salah satu yang paling dianjurkan yakni mengonsumsi buah-buahan. Walaupun makanan ini sudah pasti menyehatkan, ternyata ada beberapa buah yang lebih direkomendasikan untuk pengidap COVID-19. Sebab, beberapa diantaranya mengandung kadar vitamin yang lebih tinggi sehingga ampuh untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan. 

Buah untuk Bantu Penyembuhan COVID-19

Berikut buah-buahan yang bisa membantu penyembuhan COVID-19:

1. Jeruk

Buah yang satu ini dikenal dengan kandungan vitamin C dan antioksidannya. Kedua senyawa tersebut telah terbukti membantu membangun sistem kekebalan tubuh. 

Vitamin C dianggap meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan kunci untuk melawan infeksi. Hampir semua buah jeruk mengandung vitamin C yang cukup tinggi, contohnya seperti lemon, jeruk nipis, jeruk keprok dan jeruk bali. 

Karena tubuh tidak memproduksi atau menyimpannya senyawa ini, kamu perlu memenuhi asupan vitamin C setiap hari untuk. Jumlah harian yang direkomendasikan adalah 75 miligram untuk wanita dan 90 miligram untuk pria. 

2. Pepaya

Pepaya adalah buah lain yang sarat dengan vitamin C. Kamu bahkan bisa mendapatkan dua kali lipat asupan vitamin C harian dalam satu buah berukuran sedang.

Pepaya juga memiliki enzim pencernaan yang disebut papain yang memiliki efek anti inflamasi. Bukan itu saja, buah ini juga mengandung potasium, magnesium, dan folat yang bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan.

3. Kiwi

Seperti pepaya, kiwi secara alami penuh dengan banyak nutrisi penting, termasuk folat, potasium, vitamin K, dan vitamin C. Vitamin C meningkatkan sel darah putih untuk melawan infeksi, sementara nutrisi lainnya menjaga organ tubuh agar berfungsi dengan baik.

4. Bluberi

Jenis beri-berian ini lezat dan rendah kalori. Dibalik kelezatannya, bluberi bersifat sebagai antihistamin alami. Zat tersebut dapat membantu mengurangi peradangan dan meminimalkan gejala flu, seperti pilek atau hidung tersumbat.

Bluberi juga sarat dengan antioksidan berjenis flavonoid yang berfungsi menangkal radikal bebas sekaligus mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh.

5. Apel

Apel adalah sumber serat dan gula alami. Selain dagingnya, kulit apel ternyata mengandung quercetin, sejenis flavonoid (pigmen tumbuhan) yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan.

Mengonsumsi satu buah apel sehari saja sudah cukup untuk membantu sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Tetapi, pastikan kamu memakan bersama kulitnya untuk memaksimalkan manfaatnya.

6. Pir

Selain banyak serat dan potasium, pir juga mengandung vitamin C dan flavonoid pada kulitnya. Sama seperti apel, pir membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas.

Jadi, pastikan kamu memakan kulitnya untuk mendapatkan manfaat kesehatannya secara maksimal.

7. Melon

Melon juga mengandung nutrisi yang amat baik untuk membantu proses pemulihan COVID-19. Selain itu, buah ini juga mengandung air yang cukup tinggi.

Perlu diketahui bahwa, hidrasi sangat penting untuk membantu tubuh berfungsi dengan baik, baik saat kamu sakit maupun sehat. Kurangnya asupan air bisa membuat kamu terkena dehidrasi dan justru memperparah kondisi yang ada. 

Jika kamu punya pertanyaan lain seputar makanan sehat selama pemulihan COVID-19, hubungi ahli gizi melalui aplikasi Halodoc saja. Ahli di bidangnya akan menjawab pertanyaan kamu sekaligus memberikan solusi terbaik. Jangan tunda sebelum kondisinya memburuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. COVID-19: What to eat when you have the virus.
Good Housekeeping. Diakses pada 2022. What to Eat If You Have COVID-19 (And the Foods You Should Avoid)
Healthline. Diakses pada 2022. 15 Foods That Boost the Immune System.