6 Tanda Kamu Menilai Seseorang dari Fisiknya Saja

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   14 Juli 2022

“Konsep good looking saat ini seolah menjadi trend. Jika kamu sudah berkomentar tentang penampilan orang lain, ini jadi tanda jika kamu menilai seseorang dari fisiknya saja.”

6 Tanda Kamu Menilai Seseorang dari Fisiknya Saja6 Tanda Kamu Menilai Seseorang dari Fisiknya Saja

Halodoc, Jakarta – Ada yang mengatakan don’t judge a book by its cover. Tapi, sepertinya kebiasaan orang menilai orang lain dari tampilan fisik terjadi secara insting dan mengalir begitu saja. 

Nyatanya, kamu tidak akan pernah bisa mengetahui kepribadian seseorang hanya dari tampilan luarnya saja. Kamu perlu mengenal mereka lebih jauh baru bisa menyimpulkan karakter atau kepribadiannya.

Jangan bilang ‘tidak pernah’, ya, karena setiap orang pasti pernah melakukan ini sesekali dalam hidupnya. Jika pernah melakukan beberapa poin di bawah ini, itu berarti kamu sudah menilai seseorang dari fisiknya.

Tanda Jika Kamu Menilai Seseorang dari Fisik

Penilaian fisik yang dilontarkan terhadap seseorang tertuang dalam jurnal Facial attractiveness: evolutionary based research. Jurnal tersebut menyebutkan, karakteristik wajah memengaruhi penilaian daya tarik seseorang.

Kamu harus mengubah pandanganmu terhadap orang yang baru pertama kali ditemui jika memiliki ciri-ciri ini:

1. Berkomentar Tentang Gaya Nyentrik Orang Lain

Setiap orang memiliki gayanya sendiri dalam berpenampilan. Tapi, sebagian besar orang merujuk pada satu gaya busana yang sedang happening

Ketika ada satu orang yang tidak berbusana sesuai dengan zamannya, kamu merasa ada yang aneh dan menganggap itu tidak umum. Di sini kamu akan berkomentar dalam hati atau ke teman mengenai dandanan orang tersebut.

2. Berkomentar Tentang Bau Badan Seseorang

Tidak ada yang suka dengan bau badan. Jika bisa memilih, semua orang pasti ingin menghindari orang yang berbau badan. 

Ini memang wajar, tapi tanpa sadar kamu telah memperlakukan orang yang berbau badan dengan cara tidak santun. Misalnya, kamu menutup hidung ketika dia lewat dihadapanmu.

3. Senang Berteman dengan Si Populer

Berteman dengan Si Populer memang bisa meningkatkan image di lingkungan sosial. Karena ini juga kamu cenderung menjaga jarak dengan teman yang terlihat biasa saja dan kurang menonjol.

Jika sampai tidak mau bergaul atau jalan bareng dengan mereka, ini menunjukkan caramu menilai seseorang dari fisiknya saja. 

4. Menjaga Jarak Ketika Bertemu Orang dengan Keterbatasan Fisik

Ini adalah poin paling kasar dan terlihat tidak manusiawi. Ingatlah bahwa mereka tidak ingin dilahirkan dengan kondisi keterbatasan fisik.

Mereka memang tampil tidak biasa, tapi bukan alasan untuk menghindari karena fisik yang tidak sama denganmu. Ini harusnya menjadi cara agar kamu lebih banyak bersyukur. 

5. Gampang Suka dengan Lawan Jenis 

Gambaran fisik seseorang yang enak dilihat belum tentu mencerminkan isi hatinya. Kalau gampang diajak kencan hanya karena mereka menarik secara fisik, ini jadi tanda kamu menilai seseorang dari fisiknya.

Setelah tahu karakter dan kepribadian yang tidak sama dengan tampilan fisiknya, kamu bisa saja, lho, menyesal menjalin hubungan dengannya. Sebaiknya, pahami dulu sebelum melangkah lebih jauh.

6. Meminta Orang untuk Mengikuti Penampilanmu

Tanpa disadari ini membuat orang lain merasa tersinggung, lho. Ini bisa terjadi karena penampilan orang lain menurutmu tidak semenarik dirimu. 

Komentar seperti, “Kamu lebih cocok memakai warna terang” atau “Rambutmu lebih bagus sepertinya kalau diluruskan” ini sangat mengganggu lawan bicara. Sebaiknya hindari komentar tidak penting, karena ini sepenuhnya bukan urusanmu.

Itulah beberapa ciri jika kamu menilai seseorang dari fisiknya saja. Daripada mengurusi penampilan orang lain, sebaiknya urusi saja hal yang lebih penting seperti memperhatikan kesehatan diri sendiri.

Kamu bisa cek kebutuhan vitamin di Toko Kesehatan pada aplikasi Halodoc untuk menunjang kesehatan tubuh. Jika kamu membutuhkan informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup, dan pola hidup sehat lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Huffpost. Diakses pada 2022. Judging People By Their Appearance Is Not OK.
Psychology Today. Diakses pada 2022. What We Decide About People Based on Their Appearance.
Philos Trans R Soc Lond B Biol Sci. 2011. Diakses pada 2022. Facial attractiveness: evolutionary based research.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan