• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Tips Ampuh Bersihkan Paru-Paru Setelah Berhenti Merokok

6 Tips Ampuh Bersihkan Paru-Paru Setelah Berhenti Merokok

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Baru berhenti merokok dan mempertanyakan bagaimana fungsi paru-parumu saat ini? Untungnya, paru-paru bisa membersihkan diri sendiri dan dimulai setelah kamu mengisap rokok terakhir. 

Setelah berhenti merokok, paru-paru mulai pulih dan beregenerasi secara perlahan. Kecepatan penyembuhannya tergantung pada berapa lama kamu merokok dan seberapa banyak kerusakan yang ditimbulkan. Selain mengandalkan sistem kerja mandiri dari paru-paru, kamu bisa melakukan beberapa langkah untuk menjaga kesehatan paru-parumu. Apa sajakah itu?

Olahraga dapat Membantu Bersihkan Paru-Paru

Aktivitas fisik dapat menjaga dan meningkatkan fungsi paru-paru. Hanya berjalan-jalan di luar dapat membantu kantung udara di paru-paru tetap terbuka. Jika kantung itu tetap terbuka, paru-paru dapat menukar oksigen dan membawanya ke tempat yang dibutuhkan tubuh. Selain olahraga, berikut adalah hal-hal lain yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan paru-paru setelah berhenti merokok:

Baca juga: Setelah Berhenti Merokok, Tubuh Tidak Langsung Bersih

1. Batuk

Seorang perokok kemungkinan besar memiliki banyak lendir di paru-parunya. Penumpukan ini mungkin tetap ada walaupun stop merokok. Batuk bekerja membantu tubuh membuang lendir berlebih serta membuka saluran udara yang lebih kecil sehingga mendapatkan oksigen.

2. Hindari Polutan

Menghindari asap rokok orang lain, debu, jamur, dan bahan kimia akan mendorong fungsi paru-paru yang sehat. Udara yang bersih dapat menurunkan produksi lendir di paru-paru. Lendir dapat menghalangi saluran udara yang lebih kecil dan membuat lebih sulit untuk mendapatkan oksigen.

Sebelum menghabiskan waktu di luar, ada baiknya kamu memeriksa tingkat polutan di area yang mau kamu datangi. Jika dilaporkan tingkat polusi sedang tinggi-tingginya, cobalah untuk tidak terlalu sering menghabiskan banyak waktu di luar.

3. Minum Cairan Hangat

Menurut American Lung Association, tetap terhidrasi penting untuk kesehatan paru-paru. Dengan meminum delapan gelas air putih dapat membantu mengencerkan lendir di paru-paru yang membuatnya lebih mudah untuk dibuang saat batuk. Meminum minuman hangat, seperti teh, kaldu, atau bahkan hanya air hangat biasa, dapat menyebabkan penipisan lendir, sehingga lendir lebih mudah dibersihkan dari saluran udara.

Baca juga: Berhenti Merokok Bisa Mencegah Penyakit Jantung Koroner

4. Minum Teh Hijau

Teh hijau memiliki sifat antiinflamasi yang dapat mencegah beberapa jenis penyakit paru-paru. Mengonsumsi teh hijau dua kali atau lebih per hari cenderung lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan penyakit paru obstruktif kronik. 

5. Coba Metode Uap

Terapi uap melibatkan menghirup uap air untuk mengencerkan lendir dan mengurangi peradangan di saluran udara. Orang dengan kondisi paru obstruktif kronik yang mendapatkan terapi uap dapat mengalami peningkatan pernapasan. 

Baca juga: Alasan Orang Sulit Berhenti Merokok

6. Makan Makanan Antiinflamasi

Paru-paru perokok cenderung meradang, yang dapat membuat kamu sulit bernapas. Meskipun tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan tinggi makanan antiinflamasi akan mencegah peradangan paru-paru, makanan anti-inflamasi baik untuk kesehatan pernapasan dan tubuh secara total. Adapun makanan anti-inflamasi meliputi bluber, ceri, bayam, kubis, buah zaitun, dan kacang almond.

Merokok Picu Kerusakan Permanen di Paru-Paru

Perlu diketahui kalau merokok menyebabkan dua jenis kerusakan permanen pada paru-paru yaitu:

1. Emfisema

Pada emfisema, kantung udara kecil di paru-paru, yang disebut alveoli, dihancurkan, yang menurunkan luas permukaan paru-paru. Paru-paru kemudian tidak dapat menukar oksigen yang dibutuhkan tubuh.

2. Bronkitis Kronis

Dengan bronkitis kronis, saluran udara kecil yang mengarah ke alveoli menjadi meradang, yang mencegah oksigen mencapai alveoli

Itulah sekilas mengenai tips ampuh bersihkan paru-paru setelah berhenti merokok. Kalau kamu punya pertanyaan mengenai masalah kesehatan lainnya, kamu bisa menghubungi dokter di Halodoc. Dokter-dokter terbaik akan memberikan jawaban untuk semua pertanyaanmu. Jangan lupa download Halodoc ya!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. How to Clean Your Lungs After Quitting Smoking.
Precision Medical. Diakses pada 2021. How to Get Back Healthy Lungs After Smoking.