6 Tips Ampuh Menghilangkan Bau Mulut setelah Makan Pete

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   14 Maret 2024

“Pete adalah makanan yang lezat untuk sebagian orang. Namun, makanan ini bisa menghasilkan efek aroma yang tidak sedap pada mulut yang membuat diri sendiri dan orang lain menjadi kurang nyaman.”

6 Tips Ampuh Menghilangkan Bau Mulut setelah Makan Pete6 Tips Ampuh Menghilangkan Bau Mulut setelah Makan Pete

DAFTAR ISI:


Halodoc, Jakarta – Siapa tidak tahu pete? Makanan satu ini bisa meningkatkan aroma dan menggugah selera. Meski begitu, tak semua orang senang dengan aroma yang tersisa dan tertinggal dalam mulut setelah mengonsumsinya. Tidak hanya pada mulut, aroma yang tidak sedap ini juga memengaruhi urine.  

Menghilangkan Bau Mulut karena Pete

Meski begitu, sebenarnya bau mulut dan aroma tidak sedap pada urine karena makan pete bisa hilang, kok. Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba lakukan:

1. Menyikat gigi setelah mengonsumsi pete

Cara pertama tentu saja dengan menyikat gigi segera setelah kamu mengonsumsi pete. Kamu bisa gunakan pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride.

Umumnya, kalau kamu ingin terbebas dari bau mulut, segera sikat gigi setelah makan.

Lebih baik lagi jika kamu menggunakan pasta gigi dengan kandungan antibakteri yang efektif untuk mengusir aroma tak sedap pada mulut. 

2. Bersihkan gigi dengan menggunakan benang gigi

Selain menyikat gigi, menghilangkan aroma tak sedap pada pete juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan benang gigi atau flossing. Setidaknya, lakukan hal ini sekali dalam sehari.

Flossing yang benar akan membantu membersihkan sisa makanan dari sela gigi, termasuk pete. Dengan demikian, bau mulut pun menjadi lebih terkendali.

3. Bersihkan lidah dengan sikat lidah

Selanjutnya, bersihkan pula bagian lidah dengan menggunakan sikat lidah. Bagian mulut ini dapat mengandung sisa pete yang kamu konsumsi juga bakteri.

Inilah sebabnya, menyikat lidah dapat membantu mengurangi aroma yang tidak sedap pada mulut. 

Sebaiknya, bersihkan lidah setelah kamu menyikat gigi dan menggunakan benang gigi untuk membersihkan sela gigi.

Gunakan pembersih lidah atau sikat gigi yang sudah memiliki pembersih lidah setelah mengonsumsi pete untuk membantu mengusir bau. 

4. Pastikan cukup minum setelah makan pete

Jangan lupa, pastikan kamu cukup minum setelah makan pete. Sebab, kondisi mulut yang kering akan membuat aroma tidak sedap akibat makan pete menjadi lebih buruk lagi. Selain itu, sebaiknya kamu tidak merokok, terutama rokok tembakau.

Meski begitu, perhatikan pula bahwa minuman yang kamu konsumsi bukan minuman yang mengandung alkohol, atau minuman ringan yang bisa membuat mulut menjadi semakin kering.

Solusi lain adalah mengisap permen yang tidak mengandung gula atau permen karet, untuk membantu menstimulasi terbentuknya air liur sehingga bau pete cepat menghilang.

5. Berkumur dengan obat kumur

Masih ada lagi cara lain yang efektif untuk menghilangkan bau mulut karena pete, yaitu berkumur dengan menggunakan obat kumur.

Gunakan obat kumur yang memiliki kandungan antiseptik selama sekitar dua menit untuk membantu mengangkat sisa makanan dalam mulut. Setelah itu, sebaiknya kamu tidak berkumur lagi dengan air biasa.

6. Mengonsumsi kopi

Biasanya, kamu perlu waktu antara 10 sampai 15 menit setelah makan pete sampai baunya berkurang dan hilang dari mulut. Supaya lebih cepat hilang, kamu bisa mengonsumsi kopi. 

Namun, kopi yang kamu seduh haruslah kopi hitam, bukan kopi susu atau kopi lainnya, seduhlah dengan setengah cangkir air hangat.

Minumlah dan sisakan untuk berkumur untuk menghilangkan bau pete yang mengganggu. 

Rekomendasi Dokter Gigi di Halodoc

Tidak hanya dari makan pete, bau mulut bisa terjadi karena banyak sebab lain, seperti radang gusi maupun gigi berlubang.

Jika kamu mengalami masalah bau mulut yang semakin mengganggu, kamu dapat memanfaatkan layanan konsultasi medis Halodoc untuk konsultasi dengan dokter gigi mengenai masalah tersebut. 

Dokter gigi akan memberikan penjelasan mengenai penyebab bau mulut dan memberikan solusi mengenai cara mengatasinya. 

Berikut ini adalah daftar dokter gigi di Halodoc yang siap membantu kamu:

1. drg. Ari Murdiansyah M.M

Rekomendasi pertama datang dari drg. Ari Murdiansyah M.M, seorang alumni dari Universitas Sriwijaya yang menyelesaikan pendidikan pada tahun 2014. 

Saat ini, dokter Ari Murdiansyah menjalankan praktiknya di Lubuklinggau, Sumatera Selatan, dan aktif sebagai anggota Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI). 

drg. Ari Murdiansyah M.M memiliki keahlian dalam menangani masalah berkaitan dengan mulut dan gigi, seperti penyakit gusi, perawatan gigi rutin, perawatan gigi anak, dan prosedur bedah mulut.

Dengan pengalaman selama 10 tahun dalam bidangnya, drg. Ari Murdiansyah M.M tersedia untuk memberikan konsultasi melalui Halodoc tentang perawatan gigi dan mulut.

Chat drg. Ari Murdiansyah M.M mulai dari Rp 22.5000,- di Halodoc. 

2. drg. Agnes Triani

Salah satu dokter lain yang dapat kamu hubungi adalah drg. Agnes Triani, seorang alumni dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sriwijaya yang menyelesaikan pendidikannya pada tahun 2018. 

Saat ini, drg. Agnes Triani menjalankan praktiknya di Gorontalo dan masih aktif sebagai anggota Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI). Dengan pengalaman selama 6 tahun dalam praktiknya. 

drg. Agnes Triani siap memberikan konsultasi melalui Halodoc mengenai berbagai masalah mulut dan gigi, termasuk masalah karang gigi serta berbagai permasalahan kesehatan gigi dan mulut lainnya.

Chat drg. Agnes Triani mulai dari Rp 22.5000,- di Halodoc.

Itu tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau pete. 

Hindari mengonsumsi pete berlebihan karena bisa berdampak negatif untuk kesehatan. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. 

Buat janji konsultasi dokter untuk memudahkan kamu mendapatkan pemeriksaan. Segera download Halodoc untuk bisa mendapatkan berbagai manfaat dan kemudahan akses kesehatan.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Bad breath.
WebMD. Diakses pada 2024. Dental Health and Bad Breath.
Healthline. Diakses pada 2024. Bad Breath (Halitosis).

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan