• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Trik yang Mudah Diajarkan pada Anjing

6 Trik yang Mudah Diajarkan pada Anjing

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Mengajarkan trik baru pada anjing adalah hal yang baik bagi mereka. Hal ini bisa memberikan mereka tantangan mental dan fisik yang menstimulasi, serta memberi kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama pemiliknya.

Namun, banyak pemilik anjing baru yang tidak percaya diri dalam mengajarkan trik pada anjing. Padahal, sebenarnya ada beberapa trik yang mudah diajarkan, lho. Simak ulasan lengkapnya, ya!

Baca juga: Tips Melakukan Grooming Anjing di Rumah

Berbagai Trik Mudah yang Bisa Diajarkan pada Anjing

Di antara banyaknya trik yang bisa diajarkan pada anjing, berikut ini beberapa yang tergolong mudah dan bisa dicoba:

1.Nose Bump

Selipkan makanan berbau di bawah ibu jari dan pegang telapak tangan yang terbuka sekitar satu inci dari hidung anjing. Tahan dan tunggu anjing membenturkan tangan kamu dengan hidungnya. Bilang “Iya!" saat hidungnya menyentuh telapak tangan, lalu berikan camilan dengan tangan yang lain.

Setelah beberapa kali berhasil, keluarkan camilan dari bawah ibu jari dan coba lagi dengan tangan kosong. Perlahan-lahan, angkat tangan lebih jauh sehingga anjing harus mengambil beberapa langkah untuk mengambilnya. Tambahkan isyarat "sentuhan" sebelum menampilkan tangan. 

2.Membunyikan Bel untuk Buang Air

Trik ini berguna karena terkadang kamu lengah dan tidak menangkap isyarat toilet dari anjing kamu. Colleen Demling Riley, pelatih anjing bersertifikat dan ahli perilaku anjing di Dogtopia, menginstruksikan klien induk peliharaannya untuk meletakkan camilan di antara pintu dan bel. 

Anjing akan membunyikan bel dengan hidungnya saat mencoba memakan camilan. Ketika dia membunyikan bel, pujilah dia, buka pintu, berjalan keluar, beri dia camilan, lalu ulangi. Langkah ini harus dilakukan dalam sesi tiga menit, tiga kali sehari, selama tiga hari. 

Setelah hari ketiga, tunggu sampai waktu buang air kecil dan kemudian bawa anjing ke pintu dan letakkan tangan kamu di dekat bel. Saat dia membunyikannya, bawa ia ke luar ke toilet. Jika ia pergi, pujilah dan beri hadiah. Jika tidak, bawa ia kembali ke dalam. Ini akan membantunya mengetahui bahwa bel hanya digunakan untuk buang air dan bukan untuk alasan lain.

Baca juga: Kenali Tanda Awal Anjing Peliharaan yang Sedang Hamil

3.Mengatakan “Hai!”

Mengajari anjing melambai adalah trik yang cukup mengesankan untuk dipamerkan. Beberapa anjing mungkin kesulitan dengan trik seperti ini, tetapi dengan konsistensi, kesabaran, dan banyak pujian, tentu akan berhasil. Mintalah anjing untuk berjabat dan saat ia menggerakkan kakinya ke arah tangan kamu, segera tarik tangan. 

Setelah anjing mulai meletakkan kakinya kembali, segera gerakkan tangan kamu di depannya lagi seolah-olah ingin ia berjabat dengan tujuan anjing melakukan dua gerakan telapak kakinya. Jika ia berhasil, segera beri ia hadiah. 

4.Berputar

Ambil camilan favorit yang dijepit di antara ibu jari dan jari telunjuk kamu, lalu pastikan anjing menciumnya dan tahu itu ada di sana. Tempatkan anjing di depan dan turunkan camilan di dekat hidungnya dan perlahan pancing mereka bergerak membuat lingkaran besar. 

Setelah anjing menyelesaikan putarannya, beri penghargaan dengan banyak pujian dan camilan. Setelah ia berhasil berputar dalam lingkaran dua atau tiga kali dan tidak lagi tampak bingung, tambahkan perintah. Ucapkan "Putar!" dengan nada suara riang satu kali tepat saat kamu mulai memancingnya untuk berputar-putar. 

5.Melompati Lingkaran

Dengan simpai kokoh di tanah dan memegangnya tegak, pegang camilan di tangan, lalu gunakan untuk memikat anjing. Minta mereka berjalan melalui ring yang sudah disiapkan. Setelah melakukan ini beberapa kali, mulailah mengangkat lingkaran sedikit dari tanah dan ulangi. 

Terus naikkan ring sampai anjing perlu sedikit melompati ring untuk menyeberang. Ini juga saat yang tepat untuk melepaskan camilan dari tangan, sehingga anjing tidak terlalu fokus pada hal itu, tetapi berikan camilan setelah setiap pengulangan saat mereka belajar. Lalu, anjing akan mengikuti gerakan tangan Anda sebagai sinyal untuk melompat. 

Baca juga: Panduan untuk Membuat Makanan Anjing di Rumah

6.Menutup Pintu

Mulailah dengan menempelkan kertas kecil di tangan kamu dan minta anjing menyentuhnya. Perkuat perilaku anjing dengan mengatakan "Ya!" diikuti dengan pemberian camilan setelah mereka melakukannya. Lalu, tempelkan kertas catatan kecil di pintu yang terbuka dan minta anjing untuk menyentuhnya. 

Jika anjing menyentuhnya, tandai dan perkuat. Jika tidak, coba lagi tetapi pegang tangan tepat di sebelah kertas untuk membantu mereka. Dorong mereka untuk terus menyentuh pintu sampai mereka mendorongnya hingga tertutup. Trik ini juga bisa digunakan untuk menutup laci lemari dan pintu di dapur. 

Itulah beberapa trik mudah yang bisa diajarkan pada anjing. Jika kamu butuh saran seputar kesehatan dan perawatan anjing, kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter hewan, kapan dan di mana saja. 

Referensi:
Reader’s Digest. Diakses pada 2020. 12 Easiest Dog Tricks You Could Start Teaching Today.