7 Buah yang Baik Dikonsumsi untuk Berbuka Puasa

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   20 April 2022

“Berbuka puasa dengan buah tentu dapat membuat tubuh lebih sehat dan memberikan banyak manfaat. Beberapa contoh buah yang cocok untuk berbuka puasa adalah apel dan semangka.”

7 Buah yang Baik Dikonsumsi untuk Berbuka Puasa7 Buah yang Baik Dikonsumsi untuk Berbuka Puasa

Halodoc, Jakarta – Berbuka puasa adalah saat yang paling ditunggu-tunggu oleh kebanyakan orang di bulan Ramadan. Suguhan makanan yang nikmat ditambah minuman manis tentu sangat menggoda. Meski begitu, jangan lupa juga untuk mengonsumsi buah agar tubuh tetap sehat. Berikut beberapa buah nikmat untuk berbuka puasa!

Berbagai Buah untuk Berbuka Puasa yang Menyehatkan

Di bulan Ramadan ini, sangat penting untuk semua orang berbuka puasa dengan sesuatu yang menyehatkan. Banyak ahli gizi yang menyarankan untuk membatalkan puasa dengan mengonsumsi buah. Sebab, buah mengandung gula alami yang dapat diolah tubuh menjadi energi. Selain itu, konsumsi buah untuk berbuka puasa juga dapat meningkatkan tubuh secara keseluruhan.

Seseorang yang mengonsumsi gula buatan, terutama saat konsumsinya berlebih, bisa saja menjadi timbunan lemak dan membuat berat badan naik. Maka dari itu, alangkah baiknya untuk mengonsumsi lebih banyak buah. Apa saja sih buat yang cocok untuk dikonsumsi saat berbuka puasa? Berikut daftarnya:

1. Apel

Salah satu buah untuk berbuka puasa yang menyehatkan adalah apel. Buah ini berguna untuk membantu sistem pencernaan dengan cara menyiapkan sistem pencernaan siap untuk menerima makanan yang lebih kompleks. Hal ini disebabkan kandungan serat yang tinggi pada apel, sehingga sistem pencernaan lebih sehat.

Buah ini juga dapat mencegah seseorang dari makan berlebihan saat berbuka puasa. Apel juga sangat baik untuk mengurangi risiko terjadinya diabetes, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, serta menjaga kesehatan jantung. Maka dari itu, ada baiknya rutin mengonsumsi apel saat berbuka puasa.

2. Semangka

Semangka juga termasuk salah satu buah untuk berbuka puasa yang direkomendasikan. Buah ini kaya kandungan air, sehingga dapat mencegah dehidrasi yang bisa terjadi setelah seharian berpuasa. Buah ini mudah dicerna, sehingga sangat mudah untuk memenuhi energi dan cairan tubuh. Bukan hanya itu, buah ini juga mengandung banyak zat antioksidan, vitamin, dan mineral.

3. Alpukat

Bukan hanya karena rasanya yang nikmat, buah ini juga memiliki banyak manfaat, terlebih jika dikonsumsi saat berbuka puasa. Konsumsi buah ini dapat mengembalikan energi dengan cepat. Selain itu, buah ini juga mengenyangkan yang membuat kamu tidak berlebihan saat berbuka puasa.

4. Pepaya

Dengan mengonsumsi pepaya saat berbuka puasa, kamu bisa mendapatkan manfaat ganda dalam menghilangkan racun di dalam tubuh. Konsumsi buah pepaya dapat membersihkan pencernaan agar lebih lancar. Agar lebih nikmat, sajikan bersama dengan buah lainnya menjadi es buah.

5. Anggur

Anggur juga memiliki rasa yang segar dan manis, sehingga kerap dijadikan buah untuk berbuka puasa. Buah ini kaya akan serat dan kandungan air. Dengan begitu, konsumsinya dapat mencegah sembelit dan menghidrasi tubuh setelah seharian berpuasa.

6. Blewah

Banyak orang yang sudah mempersiapkan blewah untuk berbuka puasa. Buah ini terkenal karena rasa manis dan mengandung banyak cairan. Manfaatnya sama dengan semangka saat dikonsumsi. Selain itu, buah ini ternyata kaya akan kandungan vitamin A yang tentu saja menyehatkan.

7. Kurma

Buah ini termasuk salah satu yang wajib ada setiap berbuka puasa. Kurma merupakan sumber gula sederhana yang baik untuk dikonsumsi. Selain itu, buah ini merupakan sumber serat makanan dan antioksidan yang baik. Kurma juga kaya akan zat besi yang mampu membantu tubuh menjaga kadar hemoglobin.

Nah, itulah beberapa buah untuk berpuasa yang menyehatkan. Pastikan untuk menyajikan salah satu dari buah yang sudah disebutkan. Dengan begitu, manfaat puasa benar-benar dirasakan ditambah mendapatkan nutrisi sehat dari konsumsi buah-buahan.

Kamu juga bisa lho menggunakan fitur tanya dokter dari Halodoc untuk bertanya tentang berbagai makanan yang cocok untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Dengan download aplikasi Halodoc, interaksi dengan ahli medis bisa dilakukan menggunakan fitur chat, voice atau video call. Maka dari itu, segera gunakan aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
The Health Site. Diakses pada 2022. 5 fruits you MUST eat when you break your fast.
Intermittent Dieter. Diakses pada 2022. 11 Best Foods to Break a Fast.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan