7 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Menggunakan Lensa Kontak

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   30 Mei 2022

“Banyak hal penting yang harus diperhatikan saat menggunakan lensa kontak. Salah satunya adalah soal kebersihan lensa dan wadahnya.”

7 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Menggunakan Lensa Kontak7 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Menggunakan Lensa Kontak

Halodoc, Jakarta – Selain kacamata, lensa kontak juga merupakan alat bantu penglihatan yang cukup digemari. Meski menawarkan kepraktisan dan kenyamanan, penggunaan lensa yang salah dapat menyebabkan iritasi dan masalah lain pada mata. 

Agar masalah pada mata bisa dihindari, kamu perlu memerhatikan beberapa hal selama menggunakan lensa kontak. Ingin tahu lebih lanjut? Yuk simak pembahasannya!

Tips Aman Menggunakan Lensa Kontak

Karena menempel langsung pada mata, lensa kontak memang sensitif dan rentan menyebabkan masalah. Namun, selama digunakan dengan benar, tentunya hal-hal buruk bisa dihindari.

Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan lensa kontak:

1. Selalu Cuci Tangan sebelum Menyentuh Lensa Kontak

Tangan dapat ditumbuhi kuman, meski kelihatannya bersih. Jadi, cucilah dengan baik sebelum menyentuh lensa. Baik saat akan memakai atau melepasnya.

Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun. Jangan lupa juga untuk mengeringkannya dengan baik.

2. Bersihkan Lensa secara Rutin

Membersihkan lensa secara rutin adalah keharusan. Pastikan untuk membersihkannya hanya dengan cairan khusus, bukan air keran, air minum, atau cairan lainnya.

Biarkan lensa terendam dalam larutan selama waktu yang ditentukan sebelum memasangnya ke mata. Setelah melepasnya, bilas lensa beberapa kali dengan cairan pembersihnya. Kamu juga bisa menggosok lensa dengan lembut dengan cairan di telapak tangan.

3. Perhatikan Waktu Penggunaan Lensa Kontak

Setiap lensa kontak memiliki batas waktu penggunaannya masing-masing. Ada yang harus dibuang setelah sekali pemakaian, seminggu, dan ada juga yang berbulan-bulan.

Pastikan untuk menggunakan lensa sesuai dengan yang dianjurkan. Mengenakan lensa di luar waktu yang disarankan dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan masalah pada mata.

4. Jaga Kebersihan Wadah Lensa Kontak

Banyak orang mementingkan cuci tangan dan kebersihan lensa kontak, tapi melupakan wadahnya. Padahal, wadah lensa rentan ditumbuhi kuman, jika tidak dibersihkan dengan baik.

Untuk membersihkan wadah, gunakan cairan lensa, lalu gosok dengan jari yang bersih, dan bilas dengan cairan baru. Setelah itu, keringan dengan tisu dan tiriskan dalam posisi terbalik. Ganti wadah setiap satu hingga tiga bulan.

5. Ikuti Urutan yang Benar saat Pakai Make Up

Banyak wanita memakai lensa kontak untuk tujuan kecantikan. Tentu boleh saja, asalkan mengikuti urutan yang benar jika ingin memakai make up juga. Usahakan sebaik mungkin agar lensa tidak terkontaminasi dengan produk kecantikan.

Urutan yang benar adalah pasang dahulu lensa pada mata, baru setelahnya menggunakan make up agar lensa tidak terkena make up. Namun, sebaliknya, saat ingin membersihkan make up, lepas dulu. Hati-hati jika ingin menggunakan hairspray agar jangan sampai mengenai mata.

6. Jangan Mandi atau Berenang dengan Lensa Kontak

Hindari mandi dengan lensa, dan lepaskan sebelum menggunakan bak mandi air panas atau berenang. Air mengandung organisme kecil yang dapat menyebabkan infeksi mata.

Lensa idealnya hanya boleh bersentuhan dengan cairan khusus yang memang diperuntukkan untuknya. Jadi, pastikan lensa tidak berkontak dengan air lain, termasuk air keran dan air kolam renang.

7. Jangan Tidur dengan Lensa Kontak

Tidur dengan lensa yang masih terpasang dapat meningkatkan risiko infeksi mata. Jadi, sebaiknya lepas dulu lensa sebelum tidur. Kecuali kamu sudah berkonsultasi dengan dokter, dan dokter mengizinkannya. Beberapa lensa mungkin diizinkan untuk dipakai di malam hari.

Itulah hal-hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan lensa kontak. Selain mengikuti aturan penting tadi, penting juga untuk memeriksakan kondisi mata secara rutin ke dokter spesialis mata.

Kadang-kadang, masalah terkait lensa kontak dapat ditemukan selama pemeriksaan rutin, sebelum mata menjadi tidak nyaman. Jika mata menjadi gatal, merah, atau berair, segera lepaskan lensa dan temui dokter mata bila tak kunjung membaik.

Kamu bisa download Halodoc untuk membuat janji rumah sakit dengan dokter spesialis mata, untuk menjalani pemeriksaan.

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2022. 8 Dos and Don’ts for Contact Lens Wearers.
Silicon Valley Eye Physicians. Diakses pada 2022. 5 Contact Lens Health Tips.
WebMD. Diakses pada 2022. Tips for Contact Lens Wearers at Every Age.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan