7 Jenis Jajanan Sehat untuk Anak yang Padat Nutrisi

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   18 Januari 2023

“Makanan camilan nyatanya berperan penting untuk pertumbuhan anak, karena ini merupakan kesempatan untuk menambahkan nutrisi yang terlewat dari makanan. Beberapa jenis jajanan sehat yaitu yoghurt, kentang goreng, popcorn, dan martabak telur.”

7 Jenis Jajanan Sehat untuk Anak yang Padat Nutrisi7 Jenis Jajanan Sehat untuk Anak yang Padat Nutrisi

Halodoc, Jakarta – Bagi usia anak-anak, camilan atau jajan tidak hanya membantu mencegah rasa lapar di antara waktu makan, tapi juga berperan penting dalam asupan nutrisi secara keseluruhan. Camilan termasuk bagian penting untuk mengisi nutrisi yang terlewat pada waktu makan. 

Maka itu, penting bagi orang tua memberikan jajanan sehat sebagai camilan di masa pertumbuhannya. Perlu dipahami, anak-anak usia sekolah dan remaja kemungkinan memiliki jadwal yang padat. Mengingat adanya kegiatan sepulang sekolah, waktu makan siang yang bervariasi, dan pekerjaan rumah yang banyak. Hal tersebut dapat memungkinkan anak melewati jadwal makan, sehingga jajanan sehat menjadi lebih penting. 

Pilihan Jajanan Sehat untuk Anak

Menurut sebuah studi di Maternal & Child Nutrition, makanan ringan menyumbang 28 persen dari total asupan energi harian anak. Artinya, camilan berupa jajanan sehat dapat mendukung perkembangan dan pertumbuhan anak. Itulah pentingnya untuk membawa berbagai jenis jajanan sehat yang enak dan bergizi. 

Berikut ini beberapa pilihan jajanan sehat padat nutrisi untuk anak:

1. Yoghurt

Jajanan sehat yang pertama untuk anak yaitu yoghurt. Ini adalah camilan sehat yang bagus untuk anak-anak. Sebab yoghurt mengandung protein, kalsium, dan sedikit lemak. Idealnya, pilihlah yoghurt yang mengandung lemak sebanyak 2 persen tanpa pemanis buatan. Jika ingin terasa manis, Si Kecil bisa menambahkan buah segar, jeli, atau beberapa keping coklat. 

2. Kentang goreng

Sebagian besar anak pasti suka dengan jajanan yang satu ini. Selain bisa membuat perut kenyang, kentang goreng mengandung antioksidan seperti beta karoten, vitamin, dan serat, yang bermanfaat untuk tubuh anak.

3. Popcorn

Jagung merupakan biji-bijian yang bergizi, meskipun diolah menjadi popcorn. Selama tidak ditambah dengan topping atau tambahan rasa yang tidak sehat, popcorn bisa menjadi jajanan sehat untuk anak. 

4. Kebab

Kebab juga merupakan salah satu jajanan sehat yang aman dikonsumsi anak. Bisa dibilang jajanan ini memiliki nutrisi yang lengkap, karena adanya kombinasi karbohidrat (dari kulit kebab), protein (dari daging sapi atau ayam), serat dari sayuran (selada dan tomat), dan lemak (keju). 

5. Roti panggang

Jajanan sehat berikutnya untuk anak adalah roti panggang. Roti sendiri merupakan makanan sehat, terlebih lagi jika Si Kecil memilih roti gandum. Kemudian anak bisa berkreasi dengan topping atau selainya, seperti selai kacang, blueberry, cokelat, atau stroberi. 

6. Martabak telur

Martabak telur sangat bisa dikreasikan dengan ide yang lebih banyak jika membuatnya sendiri di rumah. Misalnya, supaya nutrisinya lebih lengkap, ibu bisa menambahkan brokoli atau sayuran kesukaan anak. Pastinya camilan yang satu ini sangat mudah dibuat dan padat nutrisi.

7. Buah

Tentunya buah adalah jenis jajanan yang sangat baik untuk kesehatan anak-anak. Ibu bisa memberikan buah secara utuh dalam bentuk potongan, maupun diolah sesuai berbagai kreasi resep camilan.

Itulah beberapa pilihan jenis jajanan sehat untuk anak. Jika anak harus membeli camilan di luar, pastikan toko atau warung benar-benar higienis dan menggunakan bahan-bahan yang sehat dan berkualitas baik. Namun alangkah baiknya jika anak membawa bekal camilan yang dibuat di rumah, karena kualitasnya dapat dijamin. 

Jika Si Kecil memiliki masalah terkait gizi dan nutrisi, sebaiknya segera kunjungi rumah sakit terdekat. Ibu dan ayah juga bisa mencari rumah sakit pilihan di aplikasi Halodoc sebelum membuat janji medis. Yuk, download aplikasi Halodoc untuk kesehatan keluarga. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. 28 Healthy Snacks Your Kids Will Love
Very Well Family. Diakses pada 2023. 10 Nutritious Snack Ideas for Kids
Good Housekeeping. Diakses pada 2023. 30 Easy Healthy Snacks for Kids, According to a Nutritionist

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan