7 Jenis Olahraga yang Mudah Dilakukan Saat Puasa

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   18 April 2022

“Memang tidak mudah untuk tetap berolahraga saat berpuasa, tetapi kamu tetap harus menjaga tubuh tetap sehat. Ada beberapa jenis olahraga yang direkomendasikan untuk dilakukan saat puasa, yaitu joging dan yoga.”

7 Jenis Olahraga yang Mudah Dilakukan Saat Puasa7 Jenis Olahraga yang Mudah Dilakukan Saat Puasa

Halodoc, Jakarta – Agar lebih efektif dalam menurunkan berat badan, ada baiknya tetap melakukan aktivitas fisik meski berpuasa. Namun, kamu mungkin saja lebih lemas saat berpuasa sehingga mengganggu aktivitas. Maka dari itu, penting untuk memilih olahraga yang tepat dilakukan saat puasa. Berikut beberapa olahraga yang direkomendasikan!

Beberapa Olahraga saat Puasa yang Cocok Dilakukan

Memang tidak mudah menyiasati diri agar tetap aktif saat sedang puasa. Sebab, tubuh seharian tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman, sehingga tenaga menurun drastis. Jika dipaksakan untuk berolahraga, salah satu risiko yang dapat terjadi akibatnya adalah dehidrasi. Hal ini bisa menimbulkan dampak yang berbahaya jika dibiarkan.

Pada faktanya, berpuasa dapat membuat glikogen atau karbohidrat yang disimpan di dalam tubuh menjadi habis. Dengan begitu, tubuh akan membakar lebih banyak lemak dibandingkan biasanya. Hal ini sangat baik untuk seseorang yang ingin menurunkan berat badan agar lebih sehat.

Hal yang menjadi masalah, olahraga apa yang cocok untuk dilakukan saat puasa? Sebab, olahraga yang membutuhkan energi tinggi akan sulit diimbangi oleh tubuh saat berpuasa. Nah, berikut beberapa olahraga yang bisa kamu lakukan:

1. Jalan Santai

Salah satu olahraga saat puasa yang bisa direkomendasikan untuk dilakukan adalah jalan santai. Aktivitas fisik ini dapat membuat kamu menjaga kesehatan tubuh, terutama jantung, otot, dan tulang. Selain itu, olahraga ini ringan untuk dilakukan sehingga tidak rentan menyebabkan dehidrasi akibat keringat yang mengucur. Meski begitu, ada baiknya untuk melakukannya di sore hari saat menjelang berbuka puasa.

2.  Bersepeda

Bersepeda santai dengan jarak yang dekat hingga sedang dapat menjadi salah satu olahraga saat puasa yang tepat. Selain membakar kalori dan lemak, kegiatan ini juga dapat mengencangkan otot serta menyehatkan jantung. Selain itu, bersepeda dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang, sehingga perasaan stres dapat hilang.

3. Bowling

Olahraga lainnya yang cocok untuk dilakukan saat puasa karena tidak membutuhkan banyak energi adalah bowling. Olahraga ini juga terbilang mengasyikkan dan dapat menghabiskan waktu bersama teman-teman saat melakukannya. Manfaat dari bowling adalah menguatkan otot tangan dan melatih keseimbangan tubuh.

4. Latihan Beban

Latihan beban juga termasuk salah satu aktivitas fisik yang bisa dilakukan saat berpuasa. Agar tidak terlalu menguras energi, pilih beban yang tidak terlalu berat. Selain itu, lakukan gerakan angkat beban secara perlahan untuk menghindari masalah otot yang kram. 

5.  Joging

Jika jalan santai dianggap terlalu mudah dilakukan, kamu bisa lo melakukan joging. Lakukan joging dengan intensitas yang santai. Kamu bisa melakukannya di pagi hari saat masih banyak energi tersimpan. Atau bisa juga di sore hari untuk menghabiskan tenaga yang tersisa karena akan berbuka puasa. Disarankan untuk melakukan joging 30 menit per hari dan berhenti saat merasa lelah.

6. Yoga

Yoga juga termasuk olahraga ringan yang tidak terlalu menguras energi. Kamu bisa menjaga tubuh tetap segar dan bugar selama berpuasa tanpa mengganggu aktivitas harian. Yoga adalah gerakan yang fokus pada teknik pernapasan berguna untuk meregangkan otot dan membuat otak menjadi rileks. Selain itu, yoga juga dapat menenangkan pikiran, meningkatkan kualitas tidur, dan meningkatkan kualitas tidur.

7. Pilates

Pilates juga dapat menjadi salah satu alternatif olahraga saat berpuasa. Olahraga ini dapat dimodifikasi sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan tubuh setiap orang. Gerakan dari aktivitas fisik ini dapat berguna untuk memperbaiki postur tubuh, meningkatkan kekuatan otot, serta menurunkan stres.

Saat berpuasa, hal yang perlu diperhatikan adalah waktu yang tepat untuk berolahraga agar tidak mengganggu puasa dan aktivitas harian. Atur jam olahraga pada saat pagi hari setelah sahur atau menjelang berbuka puasa. Dengan begitu, risiko untuk alami dehidrasi lebih kecil. Pastikan tidak berolahraga di siang hari saat udara sedang panas karena dapat membuat tubuh lemas dan dehidrasi.

Kamu juga bisa lo menggunakan fitur tanya dokter dari aplikasi Halodoc untuk berinteraksi dengan ahli medis. Pertanyaan tentang puasa atau olahraga bisa langsung dijawab dengan menggunakan fitur chat, voice atau video call. Maka dari itu, segera download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Baca juga: Ketahui 6 Tips Olahraga Saat Puasa

Referensi :
Healthline. Diakses pada 2022. How to Exercise Safely During Intermittent Fasting.
Live Strong. Diakses pada 2022. Should I Exercise While Fasting?.
Gulf News. Diakses pada 2022. 4 best sports and exercises for Ramadan.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan