• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Kebiasaan Sebelum Tidur yang Membuat Gemuk

7 Kebiasaan Sebelum Tidur yang Membuat Gemuk

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Kebanyakan orang mendambakan tubuh yang langsing ideal. Selain menambah kepercayaan diri, tubuh yang langsing juga cenderung lebih sehat. Sayangnya tanpa disadari, ada beberapa kebiasaan sebelum tidur yang bisa menyebabkan kegemukan. Lantas, apa saja sih kebiasaan sebelum tidur yang membuat gemuk?

Baca: Penyebab Kaki Kram saat Tidur

 

  • Ngemil di Malam Hari

 

Jika kamu hobi ngemil di malam hari, bersiaplah untuk menjadi gemuk. Ini karena ngemil di malam hari bisa meningkatkan kadar kolesterol dan insulin, serta memengaruhi perubahan hormon tubuh.

 

  • Minum Kopi

 

Tidak hanya membuat sulit tidur, minum kopi kurang dari 6 jam dari waktu tidur bisa menyebabkan kegemukan. Sebuah penelitian menemukan bahwa di dalam kopi ada zat yang bisa menyebabkan kegemukan, yaitu asam chlorogenic. Kalau kamu ingin minum kopi sebelum tidur, sebaiknya kamu menggantinya dengan teh terbal atau air hangat.

Baca juga: 5 Rutinitas Kecantikan Sebelum Tidur

 

  • Kurang Tidur

 

Jumlah jam tidur yang ideal adalah sekitar 7-8 jam per hari. Jika kurang dari itu, kamu rentan mengalami masalah kesehatan, termasuk gangguan metabolisme tubuh yang bisa memicu kegemukan.

 

  • Kurang Berolahraga

 

Olahraga bisa meningkatkan metabolisme dan pembakaran kalori dalam tubuh, sehingga bisa membantu menjaga berat badan. Usahakan untuk berolahraga secara rutin, setidaknya 15-30 menit sebanyak lima kali dalam seminggu. Jika belum terbiasa, kamu bisa memulai olahraga ringan (seperti jalan santai).

Baca juga: Tambah Usia? 8 Tips Ini Membantu Tidur Lebih Nyenyak

 

  • Bermain Gadget Sebelum Tidur

 

Sebuah penelitian melaporkan bahwa bermain gadget sebelum tidur bisa membuat kamu sulit tidur. Ini karena gadget menghasilkan blue light, yaitu sinar yang bisa menghambat produk melatonin, yaitu hormon yang mengatur siklus tidur. Sebaiknya, kamu mengganti kebiasaan ini dengan membaca buku atau mendengarkan musik yang menenangkan sebelum tidur.

 

  • Bangun Siang

 

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang bangun lebih pagi cenderung memiliki massa tubuh yang lebih rendah dibanding orang yang sering bangun siang. Jadi, usahakan untuk bangun lebih pagi dan berolahraga sambil menikmati sinar matahari 20-30 menit setiap hari.

 

  • Warna Dinding Kamar Tidur

 

Tanpa disadari, warna dinding kamar tidur bisa memengaruhi nafsu makan yang berdampak pada berat badan. Misalnya, dinding kamar berwarna biru bisa membuat kamu rileks, tidur lebih nyenyak, hingga menurunkan nafsu makan. Sedangkan warna cerah seperti merah atau oranye bisa membuat kamu lebih bersemangat dan mudah lapar.

Itulah tujuh kebiasaan sebelum tidur yang membuat gemuk. Kalau kamu masih punya pertanyaan lain seputar kegemukan, gunakan saja aplikasi Halodoc. Sebab melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa bertanya pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.