Tambah Usia? 8 Tips Ini Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Tambah Usia? 8 Tips Ini Membantu Tidur Lebih Nyenyak
KECANTIKAN 21 May 2018

Halodoc, Jakarta — Pertambahan usia dapat memengaruhi kualitas tidur. Saat usia bertambah, kamu mungkin lebih sering terbangun dan memiliki pola tidur kurang konsisten dibanding waktu masih muda. Ditambah lagi keinginan buang air kecil dan nyeri sendi muncul yang tentunya bisa mengurangi waktu tidur yang sehat. Saat tambah usia, 8 cara ini membantu tidur lebih nyenyak.

(Baca juga: 6 Makanan untuk Bantu Atasi Insomnia)

  • Periksa kembali obat-obatan dan suplemen yang kamu gunakan ke dokter serta pertimbangkan perubahan penggunaannya yang dapat memengaruhi kualitas tidur. Kamu bisa bertanya kepada dokter ahli di aplikasi Halodoc melalui layanan video/voice call atau chat. Pembelian obat dan suplemen juga bisa dilakukan di aplikasi Halodoc yang langsung di antar ke rumah kurang dari satu jam.
  • Berhenti minum dua jam sebelum tidur untuk meminimalkan aktivitas ke kamar mandi.
  • Jika rasa sakit membuat terjaga di malam hari, bicaralah dengan dokter untuk menguranginya.
  • Ciptakan atmosfer ruangan yang menyenangkan dan nyaman. Termasuk mengurangi cahaya dari layar televisi, layar komputer, dan perangkat seluler. Cahaya mengganggu ritme tidur alami tubuh.
  • Batasi asupan kafein, terutama delapan jam sebelum tidur untuk mendapatkan waktu tidur yang sehat.
  • Hindari alkohol sebelum tidur. Alkohol memang dapat membuat mengantuk dan jatuh tertidur, tetapi sangat mungkin membuat terbangun di tengah malam.  
  • Untuk mempertahankan siklus tidur yang berkualitas, batasi tidur siang hanya 10 hingga 20 menit. Jika kamu merasa tidur siang membuat kurang mengantuk di malam hari, hindari tidur siang sama sekali.
  • Jika sulit tidur, cobalah minum 1 hingga 2 miligram melatonin sekitar dua jam sebelum tidur. Penggunaan ini sebaiknya kamu bicarakan dahulu dengan dokter ya.

(Baca juga: Suka Sulit Tidur? Hati-Hati Gangguan Tekanan Darah)

Jika kamu masih punya pertanyaan bagaimana agar bisa tidur nyenyak, kamu bisa mengandalkan aplikasi Halodoc. Selain bisa bertanya kepada dokter, kamu juga bisa melakukan cek lab tanpa harus keluar rumah. Mudah dan praktis. Ayo… download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang.


Rekomendasi Artikel

DIET & NUTRISI

16 August 2018

Bosan mengonsumsi daging kambing, ayam atau sapi? Coba deh cicipi daging rusa yang tak kalah bergizinya dari k...

Selengkapnya

KECANTIKAN

16 August 2018

Xerostomia merupakan kondisi yang bisa dialami sesekali oleh siapapun. Khususnya dalam kondisi gugup atau cema...

Selengkapnya

OLAHRAGA

16 August 2018

Skuas termasuk satu di antara banyak cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Asian Games 2018. Cari tahu ma...

Selengkapnya