7 Manfaat Air Beras untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   22 Juli 2022

“Tak hanya enak, manfaat air beras untuk kesehatan juga cukup banyak. Termasuk menyehatkan pencernaan dan menghidrasi tubuh.”

7 Manfaat Air Beras untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui7 Manfaat Air Beras untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Halodoc, Jakarta – Selain mengenyangkan, beras juga punya banyak manfaat bagi kesehatan, ketika air rebusannya diambil. Di Indonesia, air beras juga sering disebut air tajin, dan biasanya diberikan untuk bayi atau anak-anak. Siapa sangka, manfaat air beras untuk kesehatan ternyata cukup banyak. 

Manfaatnya ini mulai dari menyehatkan pencernaan, meningkatkan energi dan suasana hati, hingga membantu hidrasi tubuh. Lebih lanjutnya, kamu bisa simak dalam pembahasan berikut ini.

Berbagai Manfaat Air Beras untuk Kesehatan

Air beras mengandung sejumlah asam amino yang sehat, vitamin, mineral dan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Sisa pati yang didapat dari merebus beras kaya akan nutrisi. 

Cara membuatnya pun mudah. Kamu hanya perlu memasak secangkir beras dengan tiga hingga empat cangkir air. Setelah butiran nasi setengah matang, ambil airnya, dan minum selagi hangat.

Ini mengandung vitamin B, vitamin C dan banyak mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Lebih jelasnya, berikut ini beberapa manfaat air beras untuk kesehatan yang mungkin jarang diketahui:

  1. Mencegah Sembelit

Pati dalam air beras kaya akan serat dan mampu memperlancar buang air besar. Ini juga dapat merangsang pertumbuhan bakteri baik di perut yang mendorong pergerakan usus yang sehat.

  1. Bantu Atasi Diare

Air beras telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk masalah pencernaan, seperti diare pada bayi hingga orang dewasa. Air ini dapat membantu mengendalikan diare dengan mengurangi volume dan frekuensi keluaran tinja.

  1. Obat Demam Rumahan

Air beras juga banyak digunakan sebagai obat demam, karena mencegah kehilangan air akibat demam dan muntah selama infeksi. Ini juga membantu mengisi kembali nutrisi yang hilang dan mempercepat proses pemulihan.

  1. Membantu Tetap Terhidrasi

Manfaat lainnya dari air beras untuk kesehatan adalah membantu tubuh tetap terhidrasi. Ini bisa jadi cara yang efektif untuk anak-anak yang tidak suka minum air putih. Sebab air rebusan beras memiliki rasa yang sedikit manis, sehingga banyak disukai oleh anak-anak. 

Namun tentunya, manfaat ini juga bisa didapatkan oleh orang dewasa. Karena ini adalah cairan rehidrasi yang baik, kamu bisa mengonsumsinya ketika mengalami infeksi seperti muntah atau demam, untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

  1. Meningkatkan Energi dan Mood

Beras mengandung karbohidrat, dan nutrisi ini bisa terlarut ke dalam air jika direbus. Itulah sebabnya minum air rebusan berat dapat membantu mengisi kembali tingkat energi tubuh dan membuat suasana hati lebih baik. Jadi, kamu bisa mengonsumsi air ini di pagi hari, misalnya, untuk mengisi tubuh dengan energi.

  1. Membantu Mencegah Degenerasi Otot

Kekurangan asam amino dalam tubuh dapat menyebabkan degradasi protein tubuh dan degenerasi otot lebih lanjut. Namun, air beras mengandung sekitar 8 jenis asam amino, yang membantu dalam pencegahan degenerasi otot.

  1. Membantu Meningkatkan Kekebalan dan Metabolisme

Air beras sangat bagus untuk meningkatkan kekebalan, sehingga tubuh jadi tidak mudah terserang berbagai jenis infeksi dan penyakit. Selain itu, asupan vitamin dan mineral yang cukup juga dapat membantu meningkatkan metabolisme. 

Mau tahu manfaat basmati rice untuk kesehatan? Baca selengkapnya di artikel ini: “Kandungan Nutrisi dan Manfaat Basmati Rice untuk Kesehatan

Nah, itulah beberapa manfaat air beras untuk kesehatan, yang penting untuk diketahui. Dapat dipahami bahwa air beras sangat bagus untuk kesehatan secara keseluruhan.

Meski begitu, penting untuk tetap memenuhi kebutuhan nutrisi dari banyak variasi makanan sehat lainnya, ya. Kalau sakit, segera download Halodoc saja untuk membuat janji rumah sakit dan memeriksakan kondisi.

Referensi:
The Health Site. Diakses pada 2022. 4 Reasons You Must Drink Rice Water or Kanji Every Day.
NDTV Food. Diakses pada 2022. Rice It Up! 4 Incredible Health Benefits of Kanji or Rice Water.
Firstcry Parenting. Diakses pada 2022. How Rice Water Is Beneficial for Your Skin, Hair and Health.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan