7 Manfaat Menggunakan Kondom Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   24 Juli 2023
7 Manfaat Menggunakan Kondom Bagi Kesehatan7 Manfaat Menggunakan Kondom Bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta - Penggunaan kondom saat berhubungan intim sangat disarankan. Terlepas dari selera dan preferensi, nyatanya manfaat kondom bagi kesehatan sangatlah banyak. Meski begitu, sebagian laki-laki masih enggan menggunakan kondom karena diyakini bisa mengurangi kenikmatan.

Selain itu, sebagian orang juga merasa repot memakainya. Di sisi lain, masih banyak juga wanita yang masih malu-malu meminta pasangannya memakai kondom. Simak pembahasan berikut ini agar kamu memahami manfaat kondom bagi kesehatan.

Baca juga: Mitos Penggunaan Kondom yang Keliru


Memahami Manfaat Kondom bagi Kesehatan

Sebagai alat kontrasepsi, manfaat kondom cukup banyak bagi kesehatan. Berikut ini di antaranya: 

1.Mencegah Kehamilan yang Tidak Diinginkan

Jika dipasang dengan benar, penggunaan kondom setidaknya dapat mengurangi risiko kehamilan hingga 98 persen. Artinya, hanya 2 dari 100 orang yang mungkin hamil setelah berhubungan intim menggunakan kondom. Namun, jika pemasangan kondom kurang baik, efektivitas dan manfaat kondom dalam mencegah kehamilan dapat turun menjadi 85 persen.

Kondom dapat membantu metode KB lainnya untuk bekerja lebih efektif. Sebab, tidak ada metode yang 100 persen efektif untuk mencegah kehamilan. Jadi, menggunakan kondom sebagai kontrasepsi tambahan merupakan ide yang baik. 

Baca juga: Kondom Pria atau Wanita, Pilih Mana?

2.Mencegah Penularan HIV

Virus HIV mudah menyebar melalui hubungan intim tanpa kondom, karena penularannya melalui kelamin. Menggunakan kondom dapat mencegah kamu menyebarkan atau terinfeksi virus ini.

3.Memperpanjang Durasi Berhubungan Intim

Perlindungan itu penting, tapi kepuasan juga perlu dipertimbangkan. Kondom ternyata dapat membantu meningkatkan kualitas kehidupan seks kamu dan pasangan dengan memperpanjang durasi hubungan intim, lho.

Hal ini karena kondom memiliki banyak model, bentuk, dan tekstur yang bervariasi yang dapat meningkatkan sensasi seks bagi kedua pasangan. Meminta pasangan memasang kondom pada Mr.P-nya juga bisa menjadi bagian yang seksi dari foreplay. Kondom, bahkan dapat menunda ejakulasi, sehingga hubungan intim bisa berlangsung lebih lama.

Kamu dapat menggunakan kondom untuk seks oral, anal, dan vaginal. Manfaat kondom dapat membuat kamu fokus pada kesenangan dan kepuasan berhubungan intim dengan pasangan, tanpa khawatir tentang kehamilan atau penyakit menular seksual (PMS).

4.Menjaga Ereksi

Ini adalah manfaat kondom lainnya yang juga perlu diketahui pria. Terutama bagi yang mengalami kesulitan mempertahankan ereksi, penggunaan kondom bisa membantu ereksi bertahan lebih lama.

5.Mencegah Cedera

Kondom dibuat dengan lapisan pelumas, agar penetrasi bisa berlangsung dengan lancar. Nah, banyaknya pelumas pada kondom membuat risiko cedera saat berhubungan intim menjadi sangat rendah.

Baca juga: Menggunakan Pelumas untuk Kelancaran Bercinta, Amankah?

6.Higienis

Salah satu alasan mengapa hubungan intim perlu menggunakan kondom adalah lebih sehat dan higienis. Manfaat kondom ini membuat hubungan intim menjadi lebih bersih dan lebih aman. Selain itu, menggunakan kondom berarti mencegah penularan penyakit menular seksual, seperti gonore, trikomoniasis, herpes, sifilis, dan lainnya.

7.Harganya Terjangkau dan Mudah Didapatkan

Kamu bisa mendapatkan kondom dengan sangat mudah di berbagai toko, online marketplace, dan di apotik. Selain itu, harganya tidak mahal dan bisa didapatkan tanpa menggunakan resep atau identitas diri. Jadi, bisa dibilang kondom adalah alat perlindungan yang praktis dan terjangkau, tetapi dapat memberikan perlindungan besar.


Tips Efektif Menggunakan Kondom

Berbagai manfaat kondom yang dijabarkan tadi baru bisa didapatkan secara optimal bila kamu menggunakan kondom dengan tepat. Oleh karena itu, perhatikan tips penggunaan kondom berikut ini untuk perlindungan yang efektif:

  • Pastikan kamu atau pasangan menggunakan kondom dengan benar, sesuai dengan petunjuk pemakaian pada kemasan.
  • Jangan pernah menggunakan kembali kondom yang sudah pernah digunakan.
  • Jangan menggunakan kondom pria dan wanita secara bersamaan. Hal ini dapat merusak kondom dan mengurangi efektivitasnya.
  • Jangan menggunakan pelumas berbasis minyak dan obat-obatan dengan kondom lateks.

Itulah sedikit penjelasan mengenai manfaat kondom bagi kesehatan, yang penting untuk diketahui. Senantiasa terapkan aktivitas seksual yang aman dengan menggunakan kondom. Agar lebih mudah lagi, kamu bisa membeli kondom melalui aplikasi Halodoc, lho. Bila mengalami masalah kesehatan, gunakan juga aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter dengan mudah.

Baca juga: 9 Cara Mencegah Kehamilan dengan Menggunakan Kondom



Referensi:
Planned Parenthood. Diakses pada 2021. What Are The Benefits of Condoms.
Healthline. Diakses pada 2021. Male Condoms.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan