7 Manfaat Muay Thai untuk Kesehatan sebagai Olahraga Bela Diri

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   21 September 2023

“Latihan muay thai dapat membakar kalori sekaligus meningkatkan kebugaran dan memperkuat tubuh. Itulah sebabnya mengapa seni bela diri ini dapat meningkatkan kualitas hidup dan membangun mental yang kuat.”

7 Manfaat Muay Thai untuk Kesehatan sebagai Olahraga Bela Diri7 Manfaat Muay Thai untuk Kesehatan sebagai Olahraga Bela Diri

Halodoc, Jakarta – Muay Thai atau Thai boxing adalah seni bela diri asal Thailand yang paling populer di dunia. Dalam Muay Thai, para praktisi atau atletnya menggunakan berbagai teknik serangan seperti pukulan, tendangan, lutut, dan siku untuk melawan lawan mereka. 

Nah, selayaknya olahraga bela diri, muay thai dapat memberikan manfaat kesehatan fisik dan juga mental. Lantas, seperti apa manfaat olahraga bela diri untuk kesehatan? Baca selengkapnya di sini! 

Manfaat Olahraga Muay Thai untuk Kesehatan

Sebelum melakukan olahraga inti muay thai, biasanya kamu akan mengawalinya dengan latihan kardio yang mirip dengan HIIT (high intensity interval training). Setelah itu, kamu akan diajarkan latihan teknik dan padding

Rutinitas ini yang membuat manfaat muay thai jadi cukup signifikan untuk kesehatan. Belum lagi interaksi dengan pelatih dan komunitas yang pastinya akan memotivasi kamu untuk terus berlatih.

Nah, buat kamu yang tertarik mencoba olahraga ini, berikut adalah manfaat muay thai untuk kesehatan:

1. Meredakan stres

Selama berolahraga, hormon stres seperti adrenalin dan kortisol mengalami penurunan, sementara tubuh mulai menghasilkan endorfin, yang familiar dengan sebutan hormon perasaan baik. Melakukan latihan muay thai secara teratur dapat sangat bermanfaat bagi individu yang mengalami stres dan depresi.

Muay thai adalah kombinasi sempurna dari latihan aerobik dan anaerobik. Pada akhirnya, ini akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membuat kamu merasa lebih baik.

2. Manfaat muay thai dalam membangun pertahanan diri

Serangan siku muay thai adalah salah serangan paling berbahaya untuk pertahanan diri. Salah satu teknik efektif muay thai lainnya adalah tendangan dorong, yang dapat mengganggu ataupun menghentikan serangan.

Menguasai teknik muay thai dapat membangun pertahanan diri, terutama buat wanita. Yuk, baca manfaat muay thai untuk wanita lebih lanjut dalam artikel: Manfaat Berlatih Muay Thai untuk Wanita.

3. Memperkuat tubuh dan membakar kalori

Bagi siapa pun yang ingin mengurangi lemak, kunci utamanya adalah membakar kalori, dan salah satu cara untuk melakukannya adalah melalui latihan muay thai. Dalam satu sesi latihan selama satu jam, kamu dapat membakar sekitar 690 kalori. 

Latihan ini tidak hanya membantu dalam pembakaran kalori. Tetapi juga meningkatkan tingkat kebugaran dan memperkuat tubuh secara keseluruhan.

4. Manfaat muay thai untuk membangun mental yang kuat

Muay thai dapat meningkatkan kualitas hidup dan membangun mental yang kuat. Bagaimana bisa mental yang kuat terbangun dalam latihan ini? Coba saja kamu bayangkan, sebelum memulai latihan teknik, kamu harus melakukan latihan kardio yang signifikan. 

Secara tidak langsung, muay thai mengajarkan untuk disiplin dan melakukan latihan secara rutin. Pada akhirnya, ini mendorong kamu melewati batas-batas yang terbayangkan sebelumnya. 

5. Membentuk komunitas sehat

Lewat latihan rutin, kamu bisa bertemu dengan orang-orang yang juga memiliki minat olahraga yang sama. Dari pertemuan dan interaksi inilah terbentuk komunitas sehat yang membangun dan saling menginspirasi. 

Teman-teman yang juga latihan muay thai ini akan bertindak sebagai sistem pendukung yang akan memotivasi kamu untuk terus maju dan mengikuti sesi latihan. 

Semangat berolahraga akan menjadi dasar untuk membangun pertemanan sehat. Butuh rekomendasi jenis olahraga sehat lainnya? Simak infonya pada artikel: 17 Macam Olahraga Atletik yang Bermanfaat bagi Tubuh.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Olahraga Muay Thai

Sebelum melakukan olahraga Muay Thai, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk memastikan latihan aman dan efektif. Berikut adalah beberapa hal tersebut:

1. Periksakan kesehatan fisik

Pastikan tubuh dalam kondisi kesehatan yang baik sebelum memulai latihan Muay Thai. Jika kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu atau cedera sebelumnya, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau profesional medis sebelum berpartisipasi dalam olahraga ini.

2. Jangan lupa pemanasan

Lakukan pemanasan yang cukup sebelum memulai latihan. Pemanasan membantu meningkatkan sirkulasi darah, menghangatkan otot, dan mengurangi risiko cedera.

3. Gunakan perlengkapan yang tepat

Pastikan kamu menggunakan perlengkapan yang sesuai saat berlatih Muay Thai. Termasuk sarung tangan tinju, pelindung tangan, pelindung kepala, pelindung gigi, dan peralatan pelindung lainnya. Perlengkapan yang tepat membantu melindungi tubuh dari cedera selama latihan.

4. Pilih instruktur yang berkualitas

Instruktur yang baik akan mengajarkan teknik dengan benar, memberikan petunjuk tentang postur dan gerakan yang tepat, serta memastikan kamu berlatih dengan aman.

5. Penuhi asupan nutrisi

Pastikan untuk memenuhi segala asupan nutrisi penting secara cukup sebelum dan setelah latihan. Hal ini bertujuan untuk menjaga energi dan mempercepat pemulihan tubuh.

Itulah beberapa manfaat Muay Thai beserta hal yang perlu kamu perhatikan. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Jangan lupa juga untuk selalu jaga kesehatan kamu dan keluargamu dengan mengonsumsi makanan sehat, ya. Klik gambar berikut untuk mendapatkan produk kesehatan secara mudah dan praktis:

toko kesehatan
Referensi:
Kstmuaythai.com. Diakses pada 2023. 7 Amazing Benefits You Will End Up Getting When You Train Muay Thai.
Yokkao Store Bangkok. Diakses pada 2023. Muaythai Benefits.
Legendsmma.net. Diakses pada 2023. 6 Reasons Why Muay Thai Training Is Beneficial for You.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan