• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Perawatan Kecantikan yang Efektif Mengatasi Selulit
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Perawatan Kecantikan yang Efektif Mengatasi Selulit

7 Perawatan Kecantikan yang Efektif Mengatasi Selulit

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 12 Oktober 2022

“Ada beberapa perawatan kecantikan yang efektif untuk mengatasi selulit. Di antaranya Cryolipolysis, ultrasound, laser dan radiofrequency.”

7 Perawatan Kecantikan yang Efektif Mengatasi Selulit7 Perawatan Kecantikan yang Efektif Mengatasi Selulit

Halodoc, Jakarta – Selulit disebabkan oleh penumpukan lemak di bawah kulit. Serat kolagen antara kulit dan otot memisahkan lemak di bawahnya sehingga menyebabkan selulit. Jumlah selulit yang kamu miliki dan seberapa terlihat selulit tergantung pada gen, persentase lemak tubuh, dan usia seseorang. Selain itu, ketebalan kulit juga mempengaruhi munculnya selulit. 

Umumnya penyebaran lemak pada wanita lebih terlihat dibandingkan pada pria. Ditambah lagi selulit bisa semakin terlihat seiring bertambahnya usia, dan kulit menjadi lebih tipi,  dan kehilangan elastisitas. 

Lantas, perawatan medis apa yang dibutuhkan untuk mengatasi selulit?

Perawatan yang Efektif Mengatasi Selulit

Perawatan yang paling efektif mengatasi selulit yaitu dengan tindakan dokter spesialis kulit. Dokter spesialis kulit dapat membantu menentukan perawatan mana yang terbaik untukmu. Berikut ini beberapa pilihan perawatan kecantikan untuk atasi selulit yang sering direkomendasikan:

  1. Cryolipolysis

Cryolipolysis adalah prosedur non-invasif yang dapat menghilangkan selulit. Cara kerjanya yaitu dengan membekukan sel-sel lemak di bawah kulit. Hal itu menyebabkan sel-sel lemak pecah dan isinya diserap oleh tubuh. Namun, diperlukan beberapa kali perawatan untuk melarutkan satu inci lemak. Misalnya, tiga hingga empat bulan agar perubahan pengurangan selulit tampak nyata. 

  1. Ultrasound 

Ultrasound adalah prosedur non-invasif yang menggunakan gelombang suara untuk menargetkan dan menghilangkan lemak di perut dan paha. Untuk mendapatkan hasil perbaikan diperlukan waktu dua hingga tiga bulan. Namun, direkomendasikan untuk menggabungkan ultrasound dengan perawatan selulit lainnya. 

  1. Cellfina

Perawatan ini adalah prosedur non-bedah. Cellfina dilakukan dengan menggunakan jarum untuk memecah sel seperti pita keras di bawah kulit untuk menghilangkan selulit di paha dan bokong. Kamu akan mendapatkan hasil perbaikan hanya dalam tiga hari dan dapat bertahan hingga tiga tahun. 

  1. Terapi gelombang akustik

Perawatan ini dikembangkan untuk mengurangi selulit. Terapi gelombang akustik bekerja dengan menggetarkan jaringan ikat di area tubuh yang rentan terhadap selulit. Cara ini dapat membantu merangsang dan meningkatkan produksi kolagen, memperbaiki penampilan, tekstur, dan elastisitas kulit. 

  1. Laser dan Radiofrequency

Terapi medis ini menggunakan pijat jaringan dengan kombinasi teknologi frekuensi radio, sinar inframerah, dan energi laser dioda untuk mengobati selulit.

Selulase juga merupakan salah satu jenis perawatan laser yang dapat memecah pita keras di bawah kulit yang membuat selulit terlihat. Terapi ini juga dapat mempertebal kulit, sehingga tampilan selulit memudar. Perbaikan dapat terlihat setelah serangkaian perawatan, dan bisa bertahan selama enam bulan atau lebih. 

  1. Vacuum-assisted untuk pelepasan jaringan presisi

Prosedur ini memecah pita keras di bawah kulit dengan alat yang berisi pisau kecil. Kemudian pita dipotong, yang memungkinkan jaringan bergerak ke atas untuk mengisi kulit yang kosong. Hasil dari perawatan ini dapat bertahan hingga tiga tahun.

  1. Carboxytherapy

Selama prosedur ini, dokter akan memasukkan karbon dioksida tepat di bawah kulit. Cara ini dianggap dapat meningkatkan aliran darah ke area tersebut, yang dapat membantu mengurangi munculnya selulit. 

Itulah yang perlu diketahui tentang perawatan yang efektif untuk mengatasi selulit. Jika kamu memiliki masalah selulit, segera tanyakan pada dokter di Halodoc tentang pilihan perawatan yang tepat untukmu. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. What Is Cellulite and How Can You Treat It?
WebMD. Diakses pada 2022. Top Cellulite Fixes and Treatments
American Academy Dermatology. Diakses pada 2022. CELLULITE TREATMENTS: WHAT REALLY WORKS?
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Cellulite