7 Perubahan pada Ibu Hamil Saat Trimester Kedua

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   18 Januari 2022
7 Perubahan pada Ibu Hamil Saat Trimester Kedua7 Perubahan pada Ibu Hamil Saat Trimester Kedua

"Saat memasuki trimester kedua, ibu hamil akan merasakan beberapa perubahan fisik. Beberapa perubahan ini memang kadang bikin ibu khawatir, akan tetapi ibu harus tahu bahwa beberapa di antaranya adalah hal yang normal. Namun jika perubahan ini ada yang membuat ibu jadi tidak nyaman dalam menjalani kehamilan, ibu bisa segera bertanya pada dokter kandungan."

Halodoc, Jakarta – Ada banyak perubahan yang akan dialami ibu hamil, antara lain perubahan fisik dan mental. Pada masa ini, kehamilan ibu sudah memasuki usia 18 hingga 24 minggu. Kondisi janin sudah semakin berkembang, dengan plasenta yang sudah siap mentransfer oksigen dan nutrisi ke tubuh janin.

Lantas, perubahan fisik apa yang akan terjadi saat memasuki trimester kedua? Cari tahu jawabannya melalui ulasan berikut ini!

Perubahan pada Ibu Hamil pada Trimester Kedua

Berikut ini beberapa perubahan yang akan ibu hamil alami:

1. Perut Membesar

Perubahan yang pasti terjadi adalah ukuran perut yang semakin membesar. Ini karena perut harus lebih banyak menyediakan ruang untuk janin tumbuh dan berkembang di dalamnya. Seiring perut yang membesar, semakin bertambah pula berat badan ibu. Umumnya, penambahan berat badan di trimester kedua sebesar 1,5-2 kilogram per bulan sampai melahirkan.

2. Perubahan Payudara

Ini termasuk ukuran payudara yang membesar dan perubahan warna pada puting payudara. Payudara yang membesar terjadi karena penumpukan lemak pada payudara semakin banyak dan kelenjar susu yang membesar untuk memproduksi ASI. Kulit payudara juga akan menggelap disertai dengan benjolan kecil di sekitar puting payudara. Benjolan ini adalah kelenjar yang menghasilkan minyak untuk menjaga puting payudara agar tidak kering.

3. Perubahan Kulit

Beberapa ibu hamil akan mengalami perubahan kulit di trimester kedua. Di antaranya berupa munculnya bercak hitam di wajah, garis gelap dari pusar hingga kemaluan, serta munculnya stretch mark di area perut, payudara, pantat, dan paha. Stretch mark ini muncul akibat kulit yang meregang saat hamil.

4. Pertumbuhan dan Penebalan Rambut

Perubahan hormon saat hamil juga bisa meningkatkan pertumbuhan rambut, termasuk di area yang jarang ditumbuhi rambut. Antara lain wajah, lengan, dan punggung. Bahkan, beberapa ibu hamil juga akan mengalami penebalan pada rambut kepala.

5. Pergerakan Janin dalam Kandungan

Ini adalah hal yang banyak ditunggu ibu hamil. Di trimester kedua ini, akhirnya ibu hamil bisa merasakan pergerakan janin dalam kandungan. Meski pergerakan janin dalam kandungan terjadi pada waktu yang berbeda-beda, umumnya, pergerakan janin sudah bisa terasa di usia 20 minggu kehamilan.

6. Sakit Punggung

Sakit punggung bisa terjadi akibat penambahan berat badan selama kehamilan, menyebabkan tekanan berlebih pada punggung. Umumnya, sakit punggung bisa diatasi dengan:

  • Memperbaiki posisi tidur, yakni dengan tidur menghadap sisi kiri.
  • Jangan terlalu sering membawa barang berat, termasuk hindari menggunakan sepatu hak tinggi (high heels) selama kehamilan.
  • Memperbaiki posisi duduk, yakni dengan duduk tegak dengan memberi topangan pada punggung. Misalnya, menggunakan bantal yang diletakan di belakang punggung atau duduk di kursi yang memiliki sandaran empuk di bagian punggung.

7. Kaki Kram

Kaki kram biasanya terjadi saat tidur. Ini terjadi karena besarnya tekanan pada kaki akibat berat badan yang bertambah, sehingga menyebabkan kelelahan otot kaki. Selain itu, kram kaki juga bisa terjadi akibat aliran darah dari kaki yang tidak lancar. Ibu bisa mengatasi kram kaki dengan meregangkan otot betis sebelum tidur, istirahat yang cukup, perbanyak minum air putih, dan mandi air hangat untuk melemaskan otot-otot tubuh.

Itulah tujuh perubahan pada ibu hamil saat trimester kedua. Kalau ibu masih punya pertanyaan lain atau keluhan seputar kehamilan, jangan ragu untuk tanya pada dokter kandungan di Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa bertanya pada dokter tepercaya kapan saja dan dimana saja. Praktis bukan? Tunggu apa lagi, ambil smartphone-mu sekarang dan download aplikasi Halodoc sekarang juga! 

Referensi:
American Academy of Family Physicians. Diakses pada 2022. Changes in Your Body During Pregnancy: Second Trimester.
Johns Hopkins Medicine. Diakses pada 2022. The Second Trimester.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. 2nd Trimester Pregnancy: What to Expect.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan