• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Tips Mudah dan Sederhana untuk Pencegahan Angina
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Tips Mudah dan Sederhana untuk Pencegahan Angina

7 Tips Mudah dan Sederhana untuk Pencegahan Angina

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 19 Desember 2022

“Angina bisa kamu cegah dengan perubahan gaya hidup yang lebih sehat. Seperti olahraga rutin, dan menjaga pola makan sehat.”

7 Tips Mudah dan Sederhana untuk Pencegahan Angina7 Tips Mudah dan Sederhana untuk Pencegahan Angina

Halodoc, Jakarta – Jika kamu pernah mengalami sesak di dada yang terasa seperti diremas, terbakar, atau sesak, bisa jadi itu adalah angina. Angina terjadi ketika satu atau lebih arteri koroner gagal mengirimkan cukup darah ke bagian jantung yang membutuhkan oksigen.

Ketika penumpukan plak menegang dan mempersempit arteri koroner, aliran darah kaya oksigen berkurang. Akibatnya, bisa muncul rasa sakit dan ketidaknyamanan di dada. Seperti apa cara mencegah angina? Yuk simak ulasannya berikut ini!

Tips Pencegahan Angina

Perubahan gaya hidup sangat penting dalam mencegah angina dan penyakit jantung. Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu lakukan:

1. Kontrol Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi dapat menjadi silent killer, karena umumnya tidak memiliki gejala. Oleh karena itu, kamu perlu rutin mengontrol tekanan darah, terutama jika memiliki risiko tinggi. 

2. Menjaga Kadar Kolesterol yang Sehat

Untuk mencegah angina dan berbagai penyakit jantung, penting juga untuk memeriksakan profil lipoprotein (kolesterol) puasa setidaknya setiap enam bulan. Kolesterol total harus kurang dari 200 miligram per desiliter (mg/dL), dan kolesterol low-density lipoprotein (LDL) harus kurang dari 100 mg/dL/ 

3. Berhenti Merokok

Merokok adalah kebiasaan yang buruk bagi tubuh, dan meningkatkan risiko angina serta penyakit jantung lainnya. Berhenti merokok juga merupakan salah satu perubahan terbaik yang dapat kamu lakukan untuk membantu mencegah serangan jantung.

4. Olahraga Rutin

Tetap aktif secara fisik sangat penting untuk kesehatan jantung. Cobalah berolahraga rutin selama 30 menit per hari, setidaknya lima kali seminggu. Ini dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan kolesterol HDL (baik), dan meningkatkan kontrol gula dalam darah.

5. Miliki Pola Makan Sehat

Setiap orang (terutama yang memiliki atau berisiko kena penyakit jantung) harus makan makanan seimbang yang kaya akan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, ikan, dan daging tanpa lemak. Jauhi minuman manis, biji-bijian olahan, dan olahan atau daging merah.

6. Kelola Stres dengan Baik

Tingkat stres yang rendah hingga sedang dapat menyehatkan dengan meningkatkan motivasi dan produktivitas. Sebab, stres kronis atau jangka panjang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan angina. 

Intinya, kehidupan yang seimbang penting untuk kesehatan jantung. Jika kamu mengalami stres yang menyebabkan atau memperburuk gejala angina, bicarakan gejala ini dengan dokter.

7. Lakukan Pemeriksaan Jantung secara Teratur

Pemantauan kesehatan jantung meliputi pemeriksaan tekanan darah, kolesterol, berat badan, glukosa darah, merokok, aktivitas fisik, dan pola makan. Kamu perlu menjalani pemeriksaan jantung secara teratur, terutama jika berisiko tinggi akan penyakit jantung

Bahaya Angina yang Perlu Kamu Waspadai

Angina dapat membuat beberapa aktivitas sehari-hari, seperti berjalan, menjadi sulit atau tidak nyaman. Komplikasi angina yang paling berbahaya adalah serangan jantung.

Tanda-tanda peringatan umum dari serangan jantung meliputi:

  • Nyeri di bagian tengah dada yang terasa seperti tertekan, penuh, atau diremas yang berlangsung lebih dari beberapa menit.
  • Nyeri berpindah dari dada ke bahu, lengan, punggung, atau rahang.
  • Sesak napas.
  • Mual dan muntah.
  • Berkeringat.
  • Merasa lemah.

Selain itu, angina yang tidak stabil juga dapat menyebabkan:

  • Aritmia. Ini termasuk detak jantung yang terlalu cepat, terlalu lambat, atau tidak teratur.
  • Kardiomiopati. Dalam kondisi langka ini, otot jantung menjadi membesar, menebal, atau kaku. Hal ini dapat menyebabkan melemahnya otot jantung, sehingga lebih sulit untuk memompa darah ke seluruh tubuh.
  • Serangan Jantung Mendadak. Ini adalah kondisi yang sangat serius di mana jantung tiba-tiba berhenti berdetak, menyebabkan darah berhenti mengalir ke otak dan organ lainnya.

Itulah pembahasan mengenai pencegahan angina dan bahaya dari kondisi ini. Jika kamu atau orang terdekat mengalaminya, pastikan untuk menjalani pengobatan dari dokter. Bila dokter memberi resep obat, download Halodoc saja untuk cek kebutuhan medis kamu dengan mudah.

Referensi:
Cardio Smart. Diakses pada 2022. Angina (Chest Pain) Prevention. 
Everyday Health. Diakses pada 2022. What Is Angina? Symptoms, Causes, Diagnosis, Treatment, and Prevention.