• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Cara Mengatasi Jerawat saat Masa Kehamilan

8 Cara Mengatasi Jerawat saat Masa Kehamilan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Banyak perubahan yang akan ibu alami selama menjalani kehamilan, mulai dari perubahan fisik, perubahan pola makan, hingga perubahan hormon. Ya, kondisi ini sangat normal dialami oleh ibu hamil. Pada saat menjalani kehamilan dalam tubuh terjadi peningkatan hormon androgen. Hormon jenis ini nyatanya dapat memicu ibu hamil memiliki jerawat selama kehamilan.

Baca juga: 7 Kandungan Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

Peningkatan hormon androgen dalam tubuh memicu produksi sebum secara berlebihan pada kulit. Ketika sebum bertemu dengan sel kulit mati, kondisi ini dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori kulit. Tidak hanya itu, hal ini meningkatkan risiko paparan bakteri, peradangan, hingga iritasi yang berisiko menyebabkan jerawat pada kulit. Jangan khawatir, meskipun kondisi ini dapat pulih ketika kadar hormon kembali normal, tetapi tidak ada salahnya ketahui beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi jerawat selama menjalani masa kehamilan.

Inilah Cara Mengatasi Jerawat saat Hamil

Kondisi ini biasa dikenal dengan jerawat kehamilan. Biasanya, seseorang yang rentan mengalami jerawat saat menstruasi, lebih berisiko alami jerawat kehamilan. Jangan khawatir, kondisi ini dapat membaik ketika perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh kembali normal. Namun, untuk mencegah kondisi jerawat menjadi lebih parah, sebaiknya lakukan perawatan yang bisa kamu lakukan untuk atasi jerawat saat hamil.

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk atasi jerawat saat menjalani kehamilan.

1.Menggunakan Bahan Alami

Melansir Web MD, cara mengatasi jerawat hamil yang paling aman adalah menggunakan bahan-bahan alami yang tidak mengandung bahan kimia atau bahan berbahaya bagi bayi dalam kandungan. Cobalah menggunakan madu sebagai masker wajah sebelum tidur pada malam hari. Selain memiliki kandungan antibakteri, madu juga dapat membantu kulit menjadi lebih lembut. Gunakan masker madu pada wajah selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin, khususnya pada bagian wajah yang memiliki jerawat.

Selain madu, ada beberapa bahan alami lainnya yang dinilai aman untuk mengatasi jerawat saat menjalani kehamilan, seperti minyak kelapa, oatmeal, ketimun, dan buah lemon yang bisa kamu jadikan masker wajah. Beberapa bahan alami tersebut juga dinilai memiliki kandungan antibakteri yang dapat membantu mengatasi jerawat membandel pada wajah.

Baca juga: Usai Melahirkan, Ini Cara Tepat Menghilangkan Bekas Jerawat

2.Jangan Menggosok Wajah

Sebaiknya hindari menggosok wajah terlalu keras. Kondisi ini dapat menyebabkan jerawat yang muncul menjadi lebih meradang. Sebaliknya, usap wajah dengan lembut setiap membersihkan wajah. Jangan lupa untuk mengeringkan wajah dengan baik.

3.Hindari Memencet Jerawat

Munculnya jerawat pada wajah terkadang membuat ibu tidak tahan untuk memencet jerawat agar segera hilang. Bukannya menghilang, kebiasaan ini bisa mengakibatkan jerawat meradang atau meninggalkan noda pada kulit.

4.Hindari Menyentuh Wajah Terlalu Sering

Terlalu sering menyentuh wajah menggunakan tangan dapat memperparah kondisi jerawat. Hal ini disebabkan tangan menjadi lokasi perpindahan bakteri menuju kulit wajah. 

5.Jaga Kebersihan Tubuh

Menjaga kebersihan tubuh bisa kamu lakukan untuk menghindari munculnya kondisi jerawat yang semakin parah. Jika kamu memiliki jerawat di sekitar dahi atau pipi, sebaiknya jangan lupa untuk sering mencuci rambut dengan sampo yang tepat.

6.Penuhi Kebutuhan Cairan

Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan selama kehamilan. Selain menjaga kesehatan bayi, kebiasaan ini juga dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit ibu agar tetap dalam keadaan optimal dan terhindar dari jerawat.

Baca juga: Muncul Jerawat saat Hamil, Ini Cara Mengatasinya

7.Konsumsi Makanan Sehat

Penuhi kebutuhan nutrisi dan gizi setiap harinya. Jangan lupa untuk membatasi asupan pemanis tambahan dan makanan cepat saji.

8.Kelola Stres

Semakin meningkat kondisi stres yang kamu alami dapat menyebabkan jerawat semakin memburuk. Tidak ada salahnya kelola stres dan penuhi kebutuhan istirahat selama ibu menjalani kehamilan. Agar kondisi kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan tetap dalam kondisi yang optimal.

Jika beberapa cara tersebut dinilai tidak efektif dalam mengatasi jerawat, ibu bisa gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter kulit untuk penanganan jerawat yang tepat selama menjalani kehamilan.

Referensi:
Healthline Parenthood. Diakses pada 2020. 6 All Natural Pregnancy Acne Remedies.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. What's The Best Way to Treat Pregnancy Acne?
Web MD. Diakses pada 2020. Pregnancy Acne.