Muncul Jerawat saat Hamil, Ini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   11 Mei 2021
Muncul Jerawat saat Hamil, Ini Cara Mengatasinya Muncul Jerawat saat Hamil, Ini Cara Mengatasinya

Halodoc, Jakarta -  Jerawat merupakan masalah kulit yang bisa datang saja, termasuk ketika dirimu tengah mengandung. Di samping itu, perubahan hormon tubuh selama kehamilan juga dapat memicu timbulnya jerawat. Beberapa wanita hamil bahkan mendapatkan jerawat yang lebih banyak daripada biasanya. 

Kondisi ini dapat membuat beberapa ibu menjadi bingung sekaligus khawatir. Selama kehamilan ibu tidak boleh menggunakan obat jerawat secara sembarangan. Oleh sebab itu, mengatasi jerawat saat hamil bisa jadi sulit.

Jika ibu tidak pintar untuk memilih obat, bisa-bisa kandungan dalam obat jerawat bisa menimbulkan risiko cacat lahir. Lantas, bagaimana sih cara mengatasi jerawat saat hamil?

Baca Juga: 6 Perubahan Fisik saat Hamil yang Bikin Wanita jadi Tidak Pede

 Cara Mengatasi Jerawat saat Hamil

Cara mengatasi jerawat saat hamil tak harus selalu menggunakan obat-obatan atau krim kecantikan. Nah, berikut ini cara mengatasi jerawat saat hamil yang bisa dilakukan di rumah.

1.Rutin Mencuci Wajah

Cucilah area bermasalah dengan pembersih yang lembut setidaknya dua kali sehari. Gunakan tanganmu untuk mencuci muka dengan sabun lembut dan air hangat.

Hindari produk tertentu, seperti scrub wajah, astringent, dan masker, karena cenderung mengiritasi kulit, yang dapat memperburuk jerawat. Hati-hati, mencuci dan menggosok wajah secara berlebihan juga bisa mengiritasi kulit.

2.Keramas secara Teratur

Cara mengatasi jerawat saat hamil juga bisa dengan berkeramas secara teratur. Andaikan kamu cenderung berjerawat di sekitar garis rambut, cobalah keramas setiap hari. 

3.Jangan Memencet Jerawat

Jerawat memang sangat ‘menggemaskan’, apalagi bila jerawat sudah terbilang ‘matang’. Namun, bila kamu tak mau jerawat semakin menimbulkan masalah kulit, sebaiknya jangan sekali-kali memencetnya. Apalagi memecahkan jerawat dengan sengaja. Tindakan tersebut dapat menyebabkan infeksi atau menimbulkan jaringan parut. 

4.Hindari Penyebab Iritasi

Selain tiga hal di atas, cara mengatasi jerawat saat hamil juga bisa dengan menghindari bahan-bahan yang dapat mengiritasi kulit wajah. Contohnya, hindari menggunakan kosmetik berminyak, tabir surya, produk penata rambut, atau penyamar jerawat. Gunakan produk berlabel berbahan dasar air atau noncomedogenic. Produk tersebut kecil kemungkinannya dapat menyebabkan jerawat.

5.Jangan Asal saat Menyentuh Kulit

Perhatikan apa saja yang menyentuh kulitmu, termasuk rambut. Jaga kebersihan rambut dan sebaiknya tetap jaga rambut agar tak menyentuh wajah. Hindari pula meletakkan tangan atau benda di wajah. Selain itu, perhatikan pula kebersihan pakaian atau topi, terutama saat keringat dan minyak dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Baca Juga: 8 Tips Bagi Ibu Hamil untuk Merawat Kecantikan

Hati-Hati Menggunakan Obat Jerawat

Sebenarnya, tersedia sejumlah obat yang digunakan untuk mengobati jerawat saat kehamilan. Namun, perlu diketahui bahwa obat apa pun yang diterapkan pada kulit atau ditelan selama kehamilan dapat masuk ke aliran darah dan memengaruhi janin. 

Sementara sebagian besar bahan dalam perawatan jerawat topikal yang dijual bebas belum diteliti keamanannya untuk ibu hamil. Oleh sebab itu, sebagian besar obat jerawat tidak aman digunakan karena menimbulkan risiko bagi bayi yang sedang berkembang.

Umumnya, perawatan kulit yang mengandung erythromycin dan clindamycin masih dianggap aman. Keamanan menggunakan benzoil peroksida untuk mengobati jerawat kehamilan belum ditetapkan.

Perawatan ini hanya boleh digunakan jika jelas dibutuhkan. Obat jerawat yang diketahui menyebabkan cacat lahir dan wajib dihindari, contohnya isotretinoin oral dan retinoid topikal harus dihindari selama kehamilan.

Baca Juga: Perawatan Kecantikan yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Jika ibu khawatir tentang jerawat pada kehamilan, berkonsultasilah dengan dokter kulit. Kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Selain itu, kamu juga bisa membeli vitamin atau suplemen untuk meningkatkan kesehatan sistem imun selama kehamilan. Sangat praktis, bukan? 

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. What's the best way to treat pregnancy acne?
WebMD. Diakses pada 2021. Acne During Pregnancy.
Healthline. Diakses pada 2021. 6 All-Natural Pregnancy Acne Remedies

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan