• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Cara Menjaga Kesehatan Ibu Hamil saat Trimester 3

8 Cara Menjaga Kesehatan Ibu Hamil saat Trimester 3

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Selamat! Ibu sudah memasuki trimester terakhir kehamilan dan sebentar lagi akan bertemu dengan Sang Buah Hati. Pada trimester 3 ini, ibu boleh bersantai sambil menunggu hari persalinan.

Namun ingat, tetap menjaga kebiasaan sehat dapat membantu membuat tubuh ibu terasa lebih sehat, kuat, dan nyaman. Selain itu, aktif bergerak dan mengonsumsi makanan sehat juga mengurangi pembengkakan, meningkatkan energi, dan mempersiapkan ibu lebih baik lagi untuk kelahiran bayi.

Baca juga: Ini Penjelasan Kenapa Ibu Hamil Butuh Tidur Siang

Berikut cara-cara yang bisa ibu lakukan untuk menjaga kesehatan di trimester 3 ini:

1.Lakukan Aktivitas yang Disukai

Luangkan lah waktu bagi diri sendiri setiap hari untuk melakukan hal-hal yang ibu sukai. Ibu hamil bisa melakukan berbagai aktivitas yang ringan, seperti berjalan kaki, berkebun, membaca buku, dan lain-lain. Jangan lupa untuk beristirahat sejenak di sela-sela aktivitas dengan duduk dengan kaki sedikit diangkat atau tidur siang.

2.Jaga Berat Badan yang Sehat

Ibu akan terus mengalami peningkatan berat badan selama trimester 3. Pantau kenaikan berat badan ibu dan bicarakan dengan dokter kandungan tentang target penambahan berat badan yang harus dicapai. 

Selama trimester 3, ibu hanya membutuhkan sekitar 450 kalori ekstra sehari untuk kenaikan berat badan yang sehat. Jagalah asupan kalori yang ibu konsumsi setiap hari agar tidak berlebihan dengan memperbanyak konsumsi makanan sehat, seperti buah-buahan, sayuran, protein rendah lemak, dan serat. Batasi konsumsi makanan manis dan berlemak tinggi. Selain itu, tetap minum vitamin prenatal ibu setiap hari.

3.Rutin Berolahraga

Melakukan aktivitas fisik dapat menjaga tubuh ibu tetap sehat dan dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan fisik yang mungkin ibu alami. Wanita hamil yang aktif secara fisik juga berisiko lebih rendah mengalami gejala seperti sakit punggung, bengkak, kram kaki, dan sesak napas. Selain itu, olahraga juga dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan yang terkadang dialami ibu hamil di minggu-minggu terakhir kehamilan. 

Tidak perlu melakukan olahraga yang melelahkan, ibu hamil cukup berjalan-jalan setiap hari untuk menjaga kesehatan saat trimester 3. Berenang juga adalah pilihan olahraga yang baik di akhir kehamilan. Olahraga ini dapat membuat ibu merasa lebih ringan dan membantu meredakan sakit dan nyeri. 

Baca juga: Lebih Rileks dan Sehat dengan Berenang Saat Hamil

Namun, ibu dianjurkan untuk selalu membicarakannya terlebih dahulu dengan dokter kandungan sebelum memutuskan untuk melakukan olahraga tertentu. ibu hamil bisa aktif berolahraga selama dokter kandungan menyetujuinya. Bila ibu merasa tidak nyaman, ganti jenis olahraga yang ibu lakukan atau kurangi durasi atau intensitas olahraga. 

4.Pijat Perineum

Salah satu cara untuk mempersiapkan tubuh ibu untuk persalinan adalah dengan memijat area antara vagina dan anus (perineum) mulai usia kehamilan 35 minggu. Memijat dan meregangkan perineum sebanyak 5 kali seminggu bermanfaat untuk:

  • Melembutkan dan meregangkan bukaan vagina.
  • Kurangi kebutuhan untuk episiotomi (prosedur memperlebar vagina dengan membuat sayatan melalui perineum) bila ini adalah persalinan normal pertama ibu.
  • Mencegah jaringan robek, sehingga ibu tidak perlu dijahit.
  • Membuat ibu dapat merasakan jenis tekanan atau peregangan yang sama dengan yang akan ibu rasakan saat melahirkan.

Bila ibu memutuskan untuk melakukan pijat perineum, bicarakan lah terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

5.Perawatan Gigi

Cara lain untuk menjaga kesehatan saat trimester 3 adalah menjalani perawatan gigi. Dokter gigi akan memberitahu ibu tentang risiko dan manfaatnya. Bila ibu menjalani perawatan gigi, ibu mungkin perlu menyesuaikan cara ibu duduk di kursi dokter gigi. Bila memungkinkan, berbaring miring di kursi atau gunakan bantal untuk membantu ibu berbaring miring ke kiri, sehingga bayi tidak menekan punggung ibu. 

Selain itu, jagalah kebersihan mulut dan gigi, karena kondisi mulut dan gigi yang tidak bersih dikaitkan dengan persalinan prematur.

Baca juga: Kebersihan Gigi Ibu Bisa Pengaruhi Kesehatan Janin, Kok Bisa?

6.Istirahat yang Cukup

Beristirahatlah setiap ada kesempatan. Ibu akan memiliki sedikit waktu untuk beristirahat begitu bayi lahir. Ibu bisa tidur siang saat ibu membutuhkannya, dan tidur lebih awal jika memungkinkan.

7.Latih Teknik Bernapas

Berlatih teknik pernapasan yang tepat saat melahirkan yang ibu pelajari di kelas prenatal. Berkonsentrasi pada pernapasan membantu ibu lebih rileks selama persalinan.

8.Waspada Depresi Postpartum

Pelajari tentang depresi pascapersalinan, sehingga ibu bisa mendapatkan bantuan segera bila ibu mengalaminya. Gejala depresi postpartum meliputi perubahan nafsu makan, kesedihan, masalah tidur, dan kelelahan.

Nah, itulah cara-cara yang bisa ibu lakukan untuk menjaga kesehatan selama trimester 3. Bila ibu mengalami masalah kesehatan selama kehamilan, ibu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk minta saran kesehatan pada dokter kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga.

Referensi:
Healthy Parents Healthy Children. Diakses pada 2020. Staying Healthy in the Third Trimester.
WebMD. Diakses pada 2020. Third Trimester Tips.