8 Ciri-Ciri Penyakit Jantung yang Sering Diabaikan

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   15 Maret 2021
8 Ciri-Ciri Penyakit Jantung yang Sering Diabaikan8 Ciri-Ciri Penyakit Jantung yang Sering Diabaikan

Halodoc, Jakarta - Tidak semua penyakit jantung datang dengan tanda peringatan yang jelas. Beberapa gejala penyakit jantung bisa saja sering dialami, tetapi kamu tidak menyadarinya, atau bahkan mengabaikannya.

Berbeda dengan di film-film, nyeri dada tidak selalu terjadi pada semua pengidap penyakit jantung. Ada banyak gejala lain yang seringkali jadi “sinyal” adanya masalah pada jantung. Apa saja? Simak lebih lanjut, yuk!

Baca juga: Jantung Berdetak Lebih Cepat, Waspada Tanda Aritmia

Jangan Abaikan Gejala Penyakit Jantung Ini

Penyakit jantung lebih berisiko pada orang berusia di atas 60 tahun, kelebihan berat badan, atau mengidap penyakit seperti diabetes, kolesterol tinggi, atau hipertensi.

Menurut juru bicara American Heart Association melalui laman WebMD, Vincent Bufalino, MD., semakin banyak faktor risiko yang dimiliki, semakin harus waspada tentang apa pun yang berhubungan dengan jantung.

Berikut ini gejala atau ciri-ciri penyakit jantung yang sering diabaikan:

1.Rasa Tidak Nyaman di Dada

Pada kasus arteri yang tersumbat atau serangan jantung, gejala yang mungkin dirasakan adalah nyeri, sesak, atau rasa tertekan di dada. Namun, gejala yang dialami setiap orang bisa berbeda. Waspada jika mengalami rasa tidak nyaman di dada yang berlangsung lebih lama dari beberapa menit.

2.Nyeri yang Menjalar ke Lengan

Gejala serangan jantung klasik lainnya adalah nyeri pada dada yang menjalar lengan kiri. Waspada dan segera periksakan diri jika mengalami gejala nyeri dada yang terasa menjalar ke sisi kiri tubuh.

3.Pusing dan Lemas Tiba-Tiba

Ada banyak hal yang bisa membuat kamu kehilangan keseimbangan atau merasa lemas sejenak. Mungkin kamu tidak cukup makan atau minum, atau berdiri terlalu cepat. Namun, jika kamu tiba-tiba merasa tidak stabil dan juga mengalami ketidaknyamanan di dada atau sesak napas, segera hubungi dokter.

Baca juga: Lengan Kiri Sakit Tanda Penyakit Jantung, Benarkah?

4.Sakit Tenggorokan atau Rahang

Kamu mungkin tidak menyangka bahwa sakit tenggorokan menjadi salah satu ciri-ciri penyakit jantung. Kondisi ini memang bisa jadi gejala penyakit lain. Namun, jika kamu mengalami nyeri dada yang menjalar hingga tenggorokan atau rahang, itu bisa jadi gejala serangan jantung.

5.Mudah Lelah

Jika kamu tiba-tiba merasa lelah atau kehabisan napas setelah melakukan sesuatu yang sebelumnya tidak bermasalah, seperti menaiki tangga atau membawa bahan makanan dari mobil, segera buat janji dengan dokter.

Kelelahan yang ekstrem atau kelemahan yang tidak dapat dijelaskan, terkadang selama berhari-hari, dapat menjadi gejala penyakit jantung, terutama bagi wanita.

6.Berkeringat Dingin

Berkeringat dingin tanpa alasan yang jelas dapat menandakan serangan jantung. Jika ini terjadi bersamaan dengan gejala lainnya, segera cari bantuan medis.

Baca juga: Ketahui Ciri Lemah Jantung dan Cara Mencegahnya

7.Pembengkakan Kaki dan Pergelangan Kaki

Kondisi ini bisa jadi pertanda bahwa jantung tidak bisa memompa darah seefektif yang seharusnya. Ketika jantung tidak dapat memompa cukup cepat, darah kembali ke pembuluh darah dan menyebabkan pembengkakan pada area tubuh yang jauh dari jantung, seperti kaki dan pergelangan kaki. 

Gagal jantung juga dapat mempersulit ginjal untuk mengeluarkan kelebihan air dan natrium dari tubuh, yang dapat menyebabkan pembengkakan pada beberapa bagian tubuh, seperti kaki.

8.Detak Jantung Tidak Teratur

Normal jika jantung berdetak kencang saat gugup atau bersemangat. Namun, jika kamu merasa jantung berdegup kencang lebih dari beberapa detik, atau jika itu sering terjadi tanpa alasan yang jelas, segera hubungi dokter.

Itulah beberapa ciri penyakit jantung yang sering diabaikan. Jika kamu mengalaminya, segera gunakan aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter di rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan. 

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. Never Ignore These 11 Heart Symptoms.
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2021. 5 Overlooked Symptoms That May Signal Heart Trouble.


Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan